CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Manusia Zaman Dahulu Besar? Empat Alasan Meruntuhkannya;
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5350ac2c0f8b4669658b477c/manusia-zaman-dahulu-besar-empat-alasan-meruntuhkannya

Manusia Zaman Dahulu Besar? Empat Alasan Meruntuhkannya;

Tampilkan isi Thread
Halaman 39 dari 50
sore. emoticon-Blue Guy Peace

gak tau kenapa kuk pertanyaan ini cukup menggelitik, setelah coba mencari, ijin menambahkan opini ye, tolong koreksinya kalau salah.

Quote:


keknya sih iya bro.

Manusia Zaman Dahulu Besar? Empat Alasan Meruntuhkannya;

kabarnya zaman dulu pernah ada supercroc yang bisa mencapai ukuran 12 meter.

Quote:


kemungkinan sih selalu ada, tapi..

sampai dengan hari ini bukti ilmiah yang benar benar ada tentang ukuran manusia jaman dulu (dalam bentuk fosil) yang terbesar adalah antara 2,5 - 3 meter.

lokasi ditemukannya juga gak jauh jauh amat, di Indonesia saja dan fosil tersebut adalah fosil Meganthropus palaeojavanicus.

tapi untuk sekedar catatan, Meganthropus palaeojavanicus yang 3 meter ini ini bukan homo sapiens kek manusia modern yang sekarang lho .. kalau yang bro tanyakan tentang manusia jaman dulu tersebut mengacu ke manusia Adam yang konon sudah ganteng dan cantik, agaknya masih butuh bukti bukti yang lebih mendukung.


Quote:


alasannya, coba bro lihat gambar diatas .. buaya yang bisa mencapai ukuran 12 meter tersebut adalah dari jenis Sarcosuchus imperator, sedangkan buaya buaya purba jenis lain yang gak sebesar supercroc juga ada.

nah, jadi supercroc itu bukan leluhur tunggal dari semua buaya, tapi hanya salah satu jenis dari "para" leluhur buaya, supercroc akhirnya punah sedangkan beberapa jenis leluhur buaya lain masih ada hingga saat ini dan bisa dilihat pada buaya modern (kabarnya bila keadaannya aman, sehat sentosa dan makanan melimpah, ada spesies buaya yang bisa nyampe ukuran 6 -7 meter).

begitu pula dengan "manusia" jaman dulu, ada Meganthropus yang berukuran besar , ada pula Lucy yang tingginya setelah dewasamentok 1,2 meter, mereka 1 kerabat dengan leluhur homo sapiens (cmiiw, biasanya kalau ini Pione/ anak sini tentunya lebih paham).

sedangkan fosil homo sapiens sendiri dalam berbagai penemuan arkeologi keknya juga gak beda beda mencolok dengan manusia jaman modern.

keknya sih gitu ..

kecuali kalau kemudian di masa depan ada penemuan fosil homo sapiens/ manusia "Adam" yang berukuran "extraordinary", nah itu maka saatnya meninjau ulang teori dan hipotesa ilmiah yang ada saat ini.

cmiiw.




------- emoticon-Ngacir
Quote:

Ya. Fosil Sarcosuchus imperator mengindikasikan mereka bisa mencapai panjang tersebut.


Quote:

Koreksi.
Tidak ada konsensus ilmiah kalau meganthropus mencapai tinggi 2,5 meter atau bahkan 3 meter.
Sampai hari ini pun tidak ada konsensus tentang tinggi meganthropus, nilai tinggi yang ada itu dilebih-lebihkan pihak lain.

Quote:

Karena manusia modern (homo sapiens sapiens) adalah sub-spesies dari Homo sapiens
Quote:


kabarnya sih memang dilebih-lebihkan atau mungkin tepatnya agak dilebih lebihkan, tapi paling gak beberapa peneliti lumayan meyakini kalau dari ukuran tulang fosil yang telah ditemukan, secara postur Meganthropus punya kelebihan dalam ukuran dibanding kerabat kerabat hominid bipedalnya yang lain.

bahkan di masyarakat lokalpun ada istilah Balung Buto/ tulang kaum raksasa untuk sebutan fosil Meganthropus.




------- emoticon-Ngacir
Quote:

Meganthropus memang lebih besar dari erectus, itu bisa disimpulkan.
Tapi kalau sampai ukurannya 2,5 meter atau bahkan 3 meter, gak ada dasarnya.

Well, yang parah memang seperti yang di aussie, dimana dipamerkan tulang paha meganthropus dan gada yang konon mereka pakai (yang mana amat konyol, karena fosil meganthropus yang ditemukan umumnya berupa rahang dan tempurung tengkorak, gak ada fosil bagian tubuh di bawah rahang).
Quote:


Wew.. Ini dia list film keren. Menurut ane Insterstellar yg paling mantep. Nice share gan
Nyimak aja dl
Diubah oleh ijak
Quote:

Manusia tertinggi yg pernah tercatat adalah
Robert Wadlow,
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Robert_Wadlow

Dengan tinggi sekitar 2.72 m dan berat 199kg

Sementara manusia terpendek d dunia
Chandra Bahadur Dangi
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Chandra_Bahadur_Dangi
Tercatat hanya setinggi 54,6 cm dan berat 15kg

Perbandingan tinggi Chandra dengan robert waldow adalah 1 : 4,9816
Atau bisa d bilang robert 5x lbh tinggi dr chandra..

Berat chandra adlh 15kg, jika robert lbh tggi 5x lipat dr chandra kan seharusnya berat robert di kisaran 5x lipat dr chandra,, yaitu 15x5 = 75kg
Iya kan gan?
Ini kok malah berat robert 199kg?
Apakah ada hoax disini?ato gmn?

Eh anyway..robert waldow mati muda loh gan d umur 22 thn dan punya masalah kesehatan seperti kesulitan berjalan sehingga harus menggunakan penopang dr besi utk berjalan.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Robert_Wadlow

Tinggi hampir 3 m aja udah pake penopang besi untuk berjalan,,..
Quote:

Proporsi tubuh.
Baik Chandra maupun Robert, proporsi tubuh mereka berbeda dengan manusia umumnya.
Chandra terlalu pendek, sedang Robert terlalu panjang.

Jika kita memakai perbandingan tubuh manusia biasa ke Robert untuk perkiraan tubuh manusia raksasa yang sekitar 10 kali lipat Robert, maka proporsi tubuh si raksasa jadi makin mirip stick man.
Saya percaya klw manusia jaman dulu tingginya 60 hasta,, karena tubuh pasti menyesuaikan dengan keadaan yg ada, misal masa tulang lebih besar dan keras karna terbiasa dengan grapitasi yg besar , diameter otot2 jauh lebih besar, kulit pelindung daging lebih tebal dan kasar munkin 10cm, daging lebih keras,,dst
Bagi Tuhan tidak ada yg tidak mungkin "Kun payakun, terjadi maka terjadilah
Quote:



setiap ada postingan baru selalu isinya udah dibantah di halaman2 sebelonnya, alias tdk ada hal baru yg diposting tsb, ..... lagi..... & lagi, ..... lagi..... & lagi.

ente tdk perlu posting yg di atas, cukup baca2 mundur udah berulang kali dibahas.
Quote:

Kala post dimulai dengan 'aku percaya', maka sudah gak ada lagi yang bisa dibahas. emoticon-Smilie

Kalau ingin diskusi atau debat, ajukan apa yang agan pahami, bukan apa yang agan percaya. Jika agan gak paham tapi cuma percaya, maka gak perlu post, apalagi cuma ngulang kaset soak yang sama.
Quote:

Yaudah karna ane gak paham dan pengetahuan ane yg tipis tetang manusia raksasa maka ane cabut aja pos ane,

mungkin 60 hasta pengukurnya gan, mungkin aja orang yang ngukur pendek jadi seukuran 60 kaki si pengukur itu sendiri, berarti....
Quote:

Emang siapa yang ngukur, coba? emoticon-Bingung (S)
Quote:


ane juga ngak tau siapa yg ngukur gan.
Quote:


Sebenarnya uda ada diatas, page sebelumnya dan page sebelumnya dst. Jawabannya distribusi beban pada hominid bipedal. Buay apa cara jalannya sama kayak manusia? Dan uda dikatakan berulang. Manusia dengan tinggi 2.5 dan 2.44 aja tidak bisa berjalan dengan baik dan butuh alat penyangga. Bahkan yang 1 nya meninggal muda karena distribusi darah di kaki kurang. Wew -_-

Ane yang baca aja geleng-geleng apalagi kayak si pi sama satunya lagi yang daritadi jelasin berulang ulang.
gravitasi jaman dahulu mungkin lebih ringan atau masa bumi masih kecil, bila adam ada asumsinya adam turun di bumi jauh sebelum adanya dinosaurus, kalau adam ada sejak jaman dinosaurus atau sesudah dinosaurus, gravitasi gak memungkinkan adam untuk berdiri, dinosaurus raksasa saja butuh struktur kerangka yang membungkuk untuk menyesuaikan bobot dengan gaya gravitasi supaya bisa berjalan.
Diubah oleh arhul_k
Quote:

Asumsi ajaib ini lagi...
Emang gimana logikanya gravitasi bumi kecil atau massanya kecil?

Quote:

Oh yeah.
Dan mamalia aja baru ada di akhir-akhir zaman dinosaurus.
Manusia raksasa ada di zaman jauh sebelum dinosaurus?
Zaman saat hewan darat yang ada mungkin baru amfibi dan reptil kecil?
Atau lebih jauh lagi, saat vertabrata yang ada baru ikan-ikan purba?
Atau lebih jauh lagi, saat belum ada vertabrata dan yang ada baru hewan bercangkang?
Atau lebih jauh lagi?


*Bahkan gak perlu tanya gimana keturunannya bisa survive.
Diubah oleh shinhikarugenji
Quote:

asumsinya dulu bentuk bumi masih kecil dengan gravitasi yang masih ringan dan sekarang bentuk bumi berangsur berkembang menjadi besar dan gaya gravitasinya pun ikut bertambah.

Quote:


inikan membicarakan sebuah kitab untuk di cari kebenarannya sedangkan isi kitab kata2nya mengandung banyak makna,
yang mungkin adam di ciptakan di surga setinggi itu dan saat di turunkan di bumi bentuk adam di sesuaikan dengan gaya gravitasi dan kondisi bumi,
*penafsiran adalah mengarahkan ke mana saja sebuah kata,


kalau dari kutipan agan kan membahas evolusionis,
sedangkan adam dari kreasionis yang identik dengan dongeng dan keajaiban.
Diubah oleh arhul_k
Quote:

Asumsi tanpa dasar?
Macam apa pula bumi dulu kecil dan makin lama makin besar dan massanya bertambah drastis?
Okelah kalau waktu bumi masih berupa proto planet, yakni kumpulan debu dan gas sisa pembentukan matahari. Makin lama makin banyak materi yang terkumpul, hingga massa bertamabah. tapi jelas banget kalau saat itu gak bakal ada sebiji raksasa yang bisa hidup di sana. Virus atau bakteri pun gak bakal survive.

Quote:

Antara Adam secara ajaib menyusut ukurannya saat didrop ke bumi itu satu kasus.
Antara bumi gravitasi dan massanya bertambah drastis itu kasus lain lagi.

Quote:

Terus?
Mau ajukan kisah ajaib macam itu di Sf sains? emoticon-Bingung (S)
Halaman 39 dari 50


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di