Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

excelcior23Avatar border
TS
excelcior23
9 Fakta Menarik tentang Cakar Kucing

Cakar/Kuku membantu kucing agar bisa berkomunikasi, memanjat, berlari, stay cool, dan meningkatkan kemampuan mereka untuk bisa bertahan hidup. Kuku kucing memang luar biasa. Cobalah Agan meluangkan waktu dengan memeriksa bantalan kaki kuku kucingmu, terutama yang bagian depan. Selain bentuknya yang lucu dan berwarna-warni, mereka juga fleksibel .fungsinya disamping sebagai alat berburu, pengatur suhu tubuh, juga bisa sebagai sensor lingkungan dan sistem komunikasi dengan satu sama lainnya sehingga memungkinkan bagi mereka untuk bertahan hidup.Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang bantalan kaki:



1. Kucing hanya memiliki satu cakaran yang dianggap paling dominan
Spoiler for :

Tahukah kamu bahwa kucing memiliki kaki depan yang lebih dominan ? Meskipun ada perbedaan dari hasil studi tentang jumlah frekuensi penggunaan kaki kucing yang kanan, kiri atau ambidextrous, tapi para ahli sepakat bahwa kucing memiliki preferensi kaki utama, khususnya ketika kucing sedang melakukan tugas-tugas yang menantang. Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Queens University di Irlandia, para ahli menemukan adanya berkorelasi antara jenis kelamin kucing dengan dominasi penggunaan kaki. Data menunjukkan bahwa kucing jantan lebih memilih untuk menggunakan kaki kanannya, sedangkan kucing betina cenderung menggunakan kaki kiri untuk mengeksekusi tugas-tugas penting.

Kita juga bisa membuktikannya sendiri dengan memberikan tantangan atau tugas yang sulit baginya, misalnya seperti meletakan makanan kesukaannya pada tempat yang sulit dijangkau. Jika ingin mendapat data yang akurat, setidaknya test tersebut perlu dilakukan sebanyak 75 kali. Kucingmu pasti akan bersemangat untuk membantu jika tugasnya menarik.

2. Kucing berjalan dengan berjinjit
Spoiler for :


Kucing adalah binatang yang efisien dan penuh perhitungan. Mereka melakukan menavigasi melalui kaki yang dijinjit. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan makanan yang baik serta mempertahankan kelangsungan hidupnya.Maksudnya adalah ketika kucing berjalan dengan berjinjit, maka mereka akan berpeluang sukses lebih besar untuk mendapatkan buruannya karena kecepatannya lebih tinggi dan langkahnya akan menjadi lebih panjang disamping langka mereka akan lebih senyap sehingga mangsa akan sulit untuk mendeteksi kehadirannya.


3. Cakarnya Lebih Sensitif
Spoiler for :


Ada alasan mengapa kucing keberatan apabila kita bermain-main dengan menggosok cakarnya. Itu karena bantalan kakinya tersusun dari sebagian besar syaraf reseptor yang sangat sensitif. Organ sensorik tersebut membantu kucing dalam berburu dan menjaga keseimbangan. Karena reseptor ini jugalah memungkinkan kucing bisa merasakan tekstur, tekanan dan juga getaran yang disalurkan melalui bantalan kaki, sehingga bisa mengukur keaktifan serta jarak yang tepat dengan mangsa.

Kemampuan yang luar biasa ini tentu ada konsekuensinya.Bantalan kaki yang lembut tersebut tidak didesain cukup kuat untuk melindungi kucing dari bahaya kerusakan karena sangat sensitif terhadap suhu, tekanan, dan nyeri akibat lingkungan yang tidak mendukung, misalnya saja seperti trotoar yang panas, trotoar yang membeku dan permukaan tanah yang kasar

4. Cakarnya Fleksibel
Spoiler for :


Kemampuan cakar kucing untuk membungkuk dan menarik kembali ke dalam membantu kucing sangat membantu kucing dalam memanjat dan berburu. Ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa kucing begitu mahir memanjat pohon karena kaki depan mereka dirancang agar bisa mencengkeram dan tenggelam didalam kulit kayu sehingga bisa menjadi tumpuan kekuatan untuk bisa naik lebih tinggi lagi tapi disaat yang sama juga bisa ditarik kedalam (melepas cengkeraman ) untuk bisa mengatur keseimbangan badannya apabila sudah hinggap pada posisi yang tepat di cabang pohon.

Namun sebaliknya, apabila sudah diatas pohon dan kucing ingin kembali turun cakar ini tidak terlalu membantu karena bentuk cakarnya berbeda arah dengan medan ( turunan) yang akan dihadapi. Disamping itu cakar dan otot kaki depan kucing itu lebih lemah dibanding kaki belakangnya. Selain itu, kaki depan dan kaki yang lebih lemah dari lebih kaki kembali otot mereka. Inilah yang menjadi alasan kenapa kucing terjebak diatas pohon / atap rumah.

5. Cakarnya berfungsi sebagai Shockbreaker
Spoiler for :


Keunggulan lain dari desain cakar kucing ini adalah kemampuannya untuk mereduksi tekanan gaya sehabis meloncat kemudian mendarat dengan bantalan kakinya yang empuk dan disaat bersamaan juga bisa meredam suara yang ditimbulkan apabila sedang berjalan diatas tanah yang kasar.Hal ini sangat membantu kucing dalam berburu mangsa secara diam-diam

6. Cakarnya berfungsi untuk membantu merawat tubuh
Spoiler for :


Masih ingat dengan film-film era 80-an dimana ada tokoh lelaki yang sedang berkaca didepan cermin kemudian menyisir/ merapikan rambutnya menggunakan jari tangan yang sudah dibasahi dengan air ludahnya sendiri terlebih dulu ? Nah kucing juga mirip seperti itu.cakar dan kaki depan kucing merupakan alat grooming yang sempurna untuk membantu membersihkan area disekitar yang sulit dijangkau lidah seperti di belakang telinga, di bawah dagu,leher dan wajah.
Caranya dengan membasahi ( menjilati ) terlebih dahulu kaki depan beserta cakarnya beberapa kali kemudian menyeka-nya kembali pada area yang tidak bisa dijilat secara langsung tersebut. Biasanya mereka akan berhenti sejenak setelah beberapa kali usapan untuk mengulangi proses membasahi dan melembabkan kakinya lagi sampai benar-benar dirasa sudah rapi.Usia Kitten belum bisa menjilati anggota tubuhnya sendiri karena itulah induknya yang akan mengajarinya sampai mereka mulai bisa mengenal apa itu berdandan setelah berusia 4 minggu.

7. Kucing berkeringat lewat kaki
Spoiler for :


Kucing berkeringat dari bawah bantalan kaki mereka. Sistem pendingin ini membantu menjaga kucing dari overheating pada cuaca panas. Selain itu ketika kita membawanya ke vet,cobalah sesekali melihat bekas cetakan kakinya diatas meja pemeriksaan, kucing akan berkeringat ketika dia mengalami stres dan ketakutan. Hal itu disebabkan karena kemungkinan besar dia tidak memiliki waktu yang baik.

No 8 & 9langsung ke Sumbernya Gan !




0
3.2K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan