Judul diganti karena ane nambah kecewa barang yang datang bermasalah
Udah lama enggak login ke kaskus, cuma baca lounge doank tapi gak pake login.
Hari nie saya cuma mau share karena pagi-pagi saya sudah komplain ke 2 toko online yang cukup terkenal karena sudah 1 minggu pesanan saya nyangkut di proses pengiriman tanpa kejelasan no resi atau informasi bahwa pesanan saya berada di kurir.
saya memesan barang tanggal 3 agustus 2015, bayar dengan mandiriclickpay. status saya tidak lama terverifikasi .
hari pertama dan kedua status nyakut di proses pengiriman, udah biasa namanya juga nunggu proses dari seller nya.
hari ketiga masih sama tanpa ada informasi ataupun perubahan .
hari keempat sama aja , ada apa nie kesalahan sistem atau user .
hari kelima, yaitu hari ini sebel, kesel, emosi semua campur aduk. cari informasi seller dari om google , napet no kontak ( WA, BBM, Email, FB, dll deh).
enggak lupa chat sama pihak toko online ( disini La*ada).
komplain pertama
Spoiler for Komplain pertama:
8/8/2015
Saya: no pesanan : ***32,
pesanan saya tidak datang dalam jangka estimasi waktu 5 hari.
Just a moment...
RK_Ne***_***: Hai selamat datang di La*ada.co.id dengan Bapak/Ibu siapa kami melakukan live chat? Bisa diinformasikan nomor pesanannya?
Kami akan melakukan pengecekan, mohon ditunggu
Terima kasih telah menunggu
untuk pesanan Bapak *** saat ini sudah dalam proses antrian ke jasa pengiriman. Kami mohon kesediannya untuk menunggu pesanannya datang.
Ada lagi yang dapat kami bantu?
Saya: maksudnya?
RK_Ne***_***: untuk pesanan Bapak saat ini sudah dalam proses antrian ke pihak jasa pengiriman.
Saya: bagaimana bisa sampai 5 hari?
RK_Ne***_***: mohon maaf Bapak, untuk pesanan Bapak saat ini sudah dalam proses antrian. Dan untuk itu mohon ditunggu hingga pesanan Bapak sampai ke alamat yang dituju
Ada lagi yang dapat kami bantu?
Saya: saya ingin pengembalian dana saja?
karena anda tidak memberikan alasan yg jelas atas keterlambatannya.
RK_Ne***_***: kami mohon maaf Bapak, untuk pembatalan tidak dapat kami lakukan karena pesanan sudah dalam proses antrian ke jasa pengiriman
Saya: dari awal saya beli proses ny macet disitu terus.
status pengiriman, saya pikir terkendala di kurir.
RK_Ne***_***: mohon maaf Bapak, untuk proses tersebut sudah diproses sejak tanggal 5 Agustus 2015. Dan untuk proses tersebut estimasinya 3 sampai 5 hari kerja diluar sabtu dan minggu.
Ada lagi yang dapat kami bantu?
Saya: berikan saya alasan atas keterlambatannya?
saya merasa dirugikan waktu oleh pihak La*ada.
baru kali ini bisa sampai 5 hari kerja belum sampai.
RK_Ne***_***: mohon maaf Bapak, untuk proses tersebut tidak ada keterlambatan. Karena pesanan sedang diproses sesuai kebijakan dari perusahaan
Saya: malah belum masuk ke pihak kurir
saya pesan barang dari tanggal 3 agustus 2015
kenapa tanggal proses 5 agustus
dan saya sudah mendapatkan email dari pihak La*ada
karena barang sudah melewati 5 hari kerja
RK_Ne***_***: mohon maaf Bapak, untuk pesanan Bapak memang dipesan sejak tanggal 3 agustus 2015 dan sudah diproses hingga ke antrian ke pihak jasa pengiriman pada tanggal 5 agustus 2015
dan untuk proses antrian tersebut batas waktunya untuk pihak supplier adalah 3 sampai 5 hari kerja diluar sabtu dan minggu
jika sudah melewati batas waktu tersebut, maka kami yang akan tindak lanjuti pihak suppliernya
Ada lagi yang dapat kami bantu?
Saya: jadi estimasi sampai nya kapan?
karena hal ini saya merasa dirugikan.
terus bagaimana jika saya ingin ada pengembalian dana?
RK_Ne***_***: estimasi waktu prosesnya adalah 3 sampai 5 hari kerja diluar sabtu dan minggu terhitung sejak tanggal 5 Agustus 2015 Bapak ***
mohon ditunggu sampai estimasi tersebut habis
Saya: jangan beri saya hitungan, berikan tgl kepastian dari La*ada.
karena hal ini untuk dijadikan record saya.
RK_Ne***_***: karena jika sudah melewati estimasi tersebut, maka kami akan tindak lanjuti pihak terkait
Saya: tanggal dan waktu nya bu?
disini saya tidak berurusan dengan pihak supplier melainkan pihak La*ada.
saya mempercayakan pesanan saya melalui La*ada.
RK_Ne***_***: Baik jika Bapak ingin hal tersebut, mohon ditunggu estimasinya maksimal sampai tanggal 12 Agustus 2015.
Saya: jika, barang tidak sampai? bagaimana dengan dana saya?
RK_Ne***_***: kami akan tindak lanjuti pihak suppliernya dan mencoba meminta sesuai dengan permintaan Bapak ***.
Ada lagi yang dapat kami bantu?
Saya: maksudnya "mencoba meminta sesuai dengan permintaan" ?
RK_Ne***_***: seperti yang Bapak minta maksud kami seperti itu
jika nanti Bapak ingin dibatalkan dan meminta pengembalian dana, maka akan kami informasikan ke pihak suppliernya.
Saya: kenapa harus ke pihak suppliernya?
bukankah itu nambah waktu proses lagi.
RK_Ne***_***: karena untuk pesanan Bapak dikirimkannya langsung dari pihak supplier Bapak ***
jika memang produknya dari pihak kami, maka kami akan bantu menindak lanjutinya ke pihak terkait kami
Ada lagi yang dapat kami bantu?
Saya: sebentar, saya malah bingung "dikirim pihak supplier" tadi anda bilang "pesanan sudah dalam proses antrian ke jasa pengiriman".
sebenarnya pesanan saya berada di pihak mana?
supplier atau gudang La*ada.
RK_Ne***_***: Baik Bapak ***, untuk pesanan Bapak saat ini adalah produk suppliernya. Dan data yang kami terima sudah dalam prosesn antrian ke jasa pengiriman. Namun untuk proses pengiriman tersebut sudah menjadi tanggung jawab pihak supplier karena pesanan Bapak berada di pihak supplier
seperti yang kami informasikan sebelumnya, jika sudah melewati estimasi yang kami sebutkan tadi. Kami akan bantu Bapak menindak lanjuti ke pihak suppliernya
Saya: saya, saat ini sudah mendapatkan kontak dengan supplier
dia bilang "Setelah di cek pesanan telah di persiapkan untuk di pick up oleh pihak La*ada,"
saya tidak tau pihak mana yang sedang mencari alasan disini.
RK_Ne***_***: Kami mohon maaf Bapak ***, kami memberikan informasi sesuai dengan data yang kami terima. Dan untuk pesanan Bapak, data yang kami terima saat ini seperti itu. Bahwa pesanan Bapak saat ini sudah dalam proses antrian ke jasa pengiriman yang tentunya pihak supplier mengirimkan pesanan ke jasa pengiriman seperti JNE atau yang lainnya
jika produk tersebut dari pihak kami, maka pihak kami akan menggunakan jasa pengiriman La*ada Express atau LEX
Ada lagi yang dapat kami bantu?
Apakah informasi yang kami sampaikan sebelumnya diterima dengan baik?
Saya: saya paham, tapi tidak bisa saya terima dengan baik.
baiklah, saya rasa cukup untuk record kekecewaan saya kedua kali ny belanja di La*ada.
semoga bsa jadi pembelajaran saya dan pihak lainnya.
terima kasih.
RK_Ne***_***: kami mohon maaf atas kejadian ini Bapak ***. Kami berharap agar pihak supplier dapat mengirimkan pesanan Bapak sesuai dengan waktu yang diberikan
Jika tidak ada lagi yang dapat kami bantu, kami akan mengakhiri sesi chat ini. Selamat Beraktivitas [smile]
Thank you for contacting us.
Chat session disconnected.
komplain kedua
Spoiler for Komplain kedua:
Isi dari komplain kedua tidak terlalu membahas dengan pesanan saya, hanya sekedar bertanya tentang email notifikasi.
tapi, pada saat diminta untuk memberikan no pesanan dia membalas dengan no resi. di komplain kedua ini harap menjadi pengetahuan atas email notifikasi dari pihak la*ada.
Quote:
***, 8 Agt 10.18:
Chat transcript:
Visitor: nomor order ***32,
email La*ada?
RK_M***: Hai, selamat datang di La*ada.co.id
RK_M***: Kami akan melakukan pengecekan, mohon ditunggu
RK_M***: Terima kasih telah menunggu Ibu ***
RK_M***: pesanan Ibu *** dalam proses persiapan pengiriman ke jasa pengiriman JNE dengan nomor resi 01***
Visitor: maaf saya bukan wanita.
Visitor: dan saya tidak bertana dengan proses pesanan saya.
RK_M***: mohon maaf Bapak atas kesalahan penyebutan pada nama
Visitor: saya mendapatkan email dari La*ada semalam
RK_M***: mohon maaf atas informasi yang kami berikan
Visitor: Kami sedang melakukan usaha terbaik untuk mengantarkan pesanan sesegera mungkin dan akan menginformasikan Anda apabila terdapat informasi tambahan. Mohon abaikan email ini jika Anda telah mendapatkan produk.
Visitor: maksud dari "Mohon abaikan email ini jika Anda telah mendapatkan produk."
RK_M***: maksud dari informasi tersebut mohon di abaikan email tersebut jika pesanan sudah di terima
Visitor: klo pesanan belum diterima?
Visitor: saya balas tidak bisa?
RK_M***: untuk email tersebut berupa informasi saja Bapak
RK_M***: bisa di balas jika Bapak masih membutuhkan informasi
Visitor: maaf, mungkin bahasa indonesia saya tidak pernah mendapat nilai A ataupun B.
Visitor: "untuk email tersebut berupa informasi saja"
Visitor: "bisa di balas jika Bapak masih membutuhkan informas"
Visitor: nie yg saya dapat setelah membalas "ini hanya digunakan untuk notifikasi otomatis dari sistem kami."
RK_M***: Bapak bisa membalas email ke customer service kami di alamat support@La*ada.co.id
Visitor: ooh, ok saya sedikit paham sekarang.
Visitor: jadi klo dapat email itu, untuk menginformasikan bahwa pesanan saya belum sampai.
Visitor: saya balasnya ke seupport@La*ada.co.id
Visitor: bukan ke alamat email s pengirim.
Visitor: klo saya tidak balas, maka pesanan saya dianggap sudah sampai?
RK_M***: jika tidak di balas tidak akan berpengaruh dengan proses pengiriman Bapak
RK_M***: saat ini pesanan masih dalam proses persiapan pengiriman ke jasa pengiriman
Visitor: iya, saya cuma tanya masalah email. karena saya tidak mengerti dari isi nya.
Visitor: untuk pesanan saya sudah komplain sebelumnya.
Visitor: karena "Mohon abaikan email ini jika Anda telah mendapatkan produk." saya jadi bingung? tidak paham maksudnya.
Visitor: begitu ibu.
RK_M***: baik Bapak *** kami mengerti dengan hal ini, namun untuk informasi tersebut hanya berupa informasi saja
Visitor: oh begitu, jadi saya tidak perlu khawatir jika saya abaikan email tersebut.
RK_M***: benar Bapak ***
Visitor: ok, kalau begitu terima kasih.
RK_M***: terima kasih kembali
RK_M***: Jika tidak ada lagi yang dapat kami bantu, kami akan mengakhiri sesi chat ini. Selamat Beraktivitas
Memang harga barang tersebut murah buat orang berduit, saya harus nabung dulu dari sisa gaji saya.
Saya tidak tau harus mengeluh kepihak mana atas ketidakpuasan/ketidaknyaman kalo belanja online seperti ini. Ini kedua kali nya saya komplain ke pihak tersebut, dengan berbeda alasan tentunya.
* jadikan ini pengalaman/informasi untuk yang mau belanja online, klo memang tidak masuk akal lebih baik dikomplain agar segera diproses dan adanya perbaikan pada pelayanannya.
** cari tau dulu informasi tentang seller nya, saya di daerah jabodetabek dan seller di daerah jabodetabek juga. seharusnya maksimal 3 hari sudah sampai. klo seller berada di luar daerah atau pulau, kita harus memaklumi karena memang terpisah jarak dan adanya ketentuan proses dari pihak kurir. pengalaman dari luar daerah kalo beli maksimal 5 hari sampai.
===================================================================================================== Biar gak dianggep Hoax ane update lagi gan
Spoiler for No Hoax:
nie barang sampai tanggal 11 agustus 2015
Spoiler for I think for ending story:
barng baru sampai belom diapa2in
buka dulu bungkus jne nya
kok gulungannya gak rapi
nie gan barang nya, ane selidik punya sidik ada lecet di sudut headphone nya.
nie invoicenya gan.
akhirnya, ane coba tuh headphone pake samsung galaxy a3 ane, dengdeng suara yang kanan sih mantep tapi yang kiri nya membisu tiada kata. ane coba ganti lagu takutnya lagu yang ane puter itu mono gan. ternyata masih juga gak bunyi tuh headphone sebelah kirinya.
Oke lah nie kan empunya nya Sony yuk kita tes pake smartphone sepabrikan sony xperia go ane.
daaann engingeng masih sama juga, gak pikir panjang nyalain pc konekin internet halaman pertama yang di tuju LAZADA.CO.ID. langsung chat.
Spoiler for chat pertama:
Chat transcript:
Visitor: pengembalian barang rusak
RK_Fadly_Nur_Fitriyandy: Hai selamat datang di Lazada.co.id dengan Bapak/Ibu siapa kami melakukan live chat? Ada yang bisa kami bantu?
Visitor: saya ingin melakukan pengembalian barang
Visitor: headphone yang saya pesan bagian kiri tidak beruara
RK_Fadly_Nur_Fitriyandy: bisa diinformasikan untuk no pesanan
Visitor: ***32
RK_Fadly_Nur_Fitriyandy: Kami akan melakukan pengecekan, mohon ditunggu
RK_Fadly_Nur_Fitriyandy: untuk pengembalian kami akan coba membantu
RK_Fadly_Nur_Fitriyandy: kami akan merubah status pesanan terkirim menjadi di terima
RK_Fadly_Nur_Fitriyandy: apabila status pesanan sudah berubah menjadi diterima kami akan informasikan kepada bapak melalui email dan mengirimkan link untuk pengembalian barang
hmm, katanya ane harus nunggu dulu gan. dia mo bantu ganti statusnya dulu.
sambil nunggu ane packing balik dulu dah takut ada yang ketinggalan.
Spoiler for packing ulang:
ane gulung serapih mungkin
pake bubble dari pengirim ny juga. Invoicenya juga ane masukin kedalem.
kembali seperti semula
1 jam pun berlalu, udah jam berapa nie kan live chat cuma ampe jam 20.00. ane langsung chat lagi, takutnya pihak lazada nya lupa.
Spoiler for chat kedua:
Chat transcript:
Visitor: no pesanan : ***32
status pesanan saya belum berubah, tolong dipercepat. agar besok bisa saya kirim segera barangnya. jam 20.00 pasti saya sudah tidak bisa chat dengan pihak lazada dan itu membuang waktu.
RK_muhammad_ifky: Hai, selamat malam
Selamat datang di Lazada.co.id
Mohon maaf sebelumnya, dengan Bapak / Ibu siapa saat ini kami melakukan percakapan?
Visitor: ***
Visitor: tadi saya sudah chat, tapi belum ada email atau perubahan.
Visitor: terima kasih.
RK_muhammad_ifky: Baik Ibu ***. Untuk perubahan status tersebut mohon kesediaannya menunggu proses update dan mencoba pengisian form secara berkala dalam 1 x 24 jam
Visitor: kalau begitu saya tidak bisa melakukan pengembalian besok
Visitor: saya ingin segera kembali pesanan saya dan mendapatkan pengembalian dana saya kembali.
Visitor: dan saya yakin itu pasti masih butuh waktu jam kerja.
RK_muhammad_ifky: Baik Ibu ***. Kami sangat senang dapat melayani Ibu pada hari ini. Jika tidak ada hal lainnya yang dapat kami bantu, kami akan mengakhiri sesi chat ini. Selamat malam dan selamat beristirahat
tenyata harus nunggu update system dulu, waduh. eh ane langsung di cuekin lagi.
kebangun jam 02.00, pc masih nyala dan masih konek ke internet, cek status pesanan. hahaha tenyata udah berubah jam 01.00 an.
pilih pengembalian, isi form selesai langsung print langsung tempel buat besok pagi.
Spoiler for siap kirim:
lingkaran biru tuh "form" atau "from" yah.
End Of this Story
Spoiler for :
Ane cuma mo konfirmasi meskipun memang lazada belum bisa menjamin kepuasan penggan nya dengan baik dan mesti terus meperbaiki diri, disini ada sisi positif nya gan. emang makan waktu + makan Ati .
pihak terkaitkan punya rule atau poin lebih yaitu pengembalian dana yang di bayarkan dan kerugian kita hanya pada waktu dan ongkir.
karena ada beberapa pihak yang tidak mau mengembalikan dana, jadi hanya pengembalian barang yang serupa. ( plus nya gan silakan itung plus minusnya sendiri).
dalam kasus ane setelah minta pengembalian dana karna emosi ++ ( barang yang sampe rusak ). akhir nya uang ane kembali, seperti yang ane bilang rugi di waktu + ongkir. ya sudah lah, kita ambil hikmahnya. saja
Quote:
Ane harap dengan ini, para shopper lebih teliti dalam membeli produk sekaligus lebih mencari tau tentang seller yang di naungi oleh pada toko online