Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

de.coAvatar border
TS
de.co
Orchard Road Jakarta ala Jokowi
Terinspirasi Orchard Road, Jokowi Jalan ke Thamrin-Blok M



Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo jalan ke lapangan lagi. Kali ini sasarannya Mayestik, Blok M dan EX Plaza, kawasan MH Thamrin untuk menengok calon lokasi ruang kreatif publik. Orchard Road di Singapura menjadi acuannya.

Pantauan detikcom, Jokowi yang mengenakan kemeja putih, berdasi cokelat dan berjas hitam keluar kantor di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (29/10/2012) pukul 14.35 WIB.

Saat hendak naik mobil Toyota Innova, Jokowi ditanya wartawan hendak ke mana.

"Mau ke Blok M, Mayestik, Thamrin EX, kita mau bikin creative public space. Kita mau lihat lapangannya," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan ini menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu pekan lalu. Jokowi menyebut acuan akan ruang kreatif publiknya ini.

"Ya creative public space kalau di Singapura ya kayak Orchard Road. Nanti ada yang jualan handy craft, ada yang main gitar, saya mau lihat lapangannya," tutur Jokowi.

Ketika ditanya apakah ada kepala dinas dan orang Kemenparekraf yang menyertai, Jokowi mengaku kali ini dia sendirian.

"Ya ngapain. Saya kalau ke mana-mana ya sendirian. Ndak, saya mau lihat-lihat dulu, baru setelah itu panggil kepala dinas, kan model saya seperti itu. Ndak usah ikut ya," pinta dia pada para wartawan yang tetap merayu ingin ikut.

"Ya udah kalau mau ikut ya ayo," kata Jokowi dengan gayanya yang kalem.

Wartawan kemudian menumpang 2 mobil yang disediakan Balai Kota Pemprov DKI, dan ada beberapa mobil stasiun TV yang mengikutinya. Jokowi disertai 2 motor voorijder di belakang mobilnya disertai iring-iringan mobil wartawan.

[URL="http://news.detik..com/read/2012/10/29/152522/2075227/10/terinspirasi-orchard-road-jokowi-jalan-ke-thamrin-blok-m?9911012"]SUMBER[/URL]


Ini Konsep Orchard Road Jakarta Versi Jokowi



JAKARTA, KOMPAS.com— Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama untuk membuat creative public space yang rencananya akan terpusat di tiga titik, yaitu area Thamrin City-Plaza Entertainment X'nter (EX), Blok M-Mayestik, dan area Kota Tua.

"Bersama Menteri Pariwisata dan Kreatif (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), akan diadakan creative public space. Kalau di Singapura, ya seperti Orchard Road. Hari ini sudah ditinjau ke area Thamrin dan Blok M," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin (29/10/2012) malam.

Jokowi ingin menjadikan tiga area itu seperti Orchard Road di Singapura. Di Orchard Road, di samping kanan-kiri terdapat display-display dan gedung mal sebagai pusat perbelanjaan.

"Nah, dengan becermin pada Orchard Road di Singapura itu, jadi tebersit untuk menata kota yang ada tempat duduknya, warga bisa berjalan kaki dengan tenang, ada tamannya juga, PKL-nya ditata. Nanti juga ada yang berjualan handycraft dan main gitar di tengah-tengahnya," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, yang melatarbelakangi pengadaan creative public space adalah terciptanya ruang publik yang tidak hanya dapat digunakan sebagai interaksi antar-warga untuk saling menyapa, tetapi juga menampilkan sisi kreatif dan produk-produk kreatif dari masyarakat.

Program kreatifnya, kata Jokowi, akan masuk ke anggaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai pemerintah pusat. Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang membiayai infrastrukturnya.

"Tinggal pelaksanaannya saja. Makanya tadi lihat lapangan. Kalau enggak lihat lapangan, kendala teknis enggak akan terpantau. Plaza-plaza di daerah itu pasti mendukung untuk memperbaiki area itu," kata Jokowi.

Meski demikian, Jokowi mengatakan, ide pengadaan creative public space harus mendapatkan persetujuan dari anggota dewan.

"Nanti konsep segera diajukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta. Creative public space ini untuk membangkitkan kreativitas masyarakat dan bagaimana usaha produktif itu bisa berkembang," kata Jokowi.

Ia mengaku sudah dua kali bertemu Menparekraf Mari Elka Pangestu untuk membicarakan perihal rencana ini. Malam ini pun, Jokowi berencana mengadakan pertemuan tertutup dengan Mari Elka Pangestu untuk membahas rencana tersebut lebih lanjut.

"Ya, nanti akan saya sampaikan ke Bu Mari atas tinjauan saya tadi. Setidaknya saya sudah tahu dan menguasai wilayah itu, jadi gampang ngomongnya. Ha-ha-ha...," kata Jokowi sambil tertawa.

====================================================

Ke Orchard Road cuma modal Rp. 3.500 doank berarti nanti emoticon-Big Grin
0
3.1K
43
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan