Menurut Agan Lebih Efektif dan Efisien mana antara Buka ONLINE STORE atau OFFLINE STORE ?
Kedua pilihan ini udah ane jalanin gan dan hasilnya ada plus minusnya.
Ane mau nge-share berdasarkan statistik ane.
OFFLINE STORE
Quote:
Kelebihan :
- Membuat customer lebih percaya
- Menyediakan tempat untuk customer melihat langsung produk yang dijual
- Menyediakan tempat untuk nyoba-nyoba sesuka hati barang yang dijual selagi yang jaga masih sabar menunggu
- Penjaga toko Bisa jelasin detail produk secara langsung kepada customer
- Menyediakan jasa pembayaran debit atau kartu kredit untuk customer (nyicil lebih enak sihhh

)
- Menarik customer luar dengan mempekerjakan penjaga yang lucu dan cantik
- Penjaga bisa memantau keluar masuknya produk dengan leluasa
- Kita bisa merubah tatanan etalase biar ga bosen diliat
- Memungkinkan adanya potensial customer yang datang karena tidak sengaja lewat
- Memberikan kelonggaran kepada customer untuk bisa ngebandingin langsung antara produk A dan Produk B
Kekurangan :
- Jika perlu staf maka mesti bayar gajinya
- Mesti cari tempat yang strategis dan biasanya lumayan nguras kantong buat bayar sewa
- Menyulitkan customer yang lokasinya jauh dari toko
- Wanti-wanti keuangan di kasir karena rawan pencurian
- Ada jam operasionalnya, ga bisa 24 jam ngelayanin customer terus
- Produk yang dipajang bisa rusak karena sering dipegang dan dicoba
- Bisa kehilangan customer jika staf tidak ramah dan sabar
- Customer harus ngeluarin cost untuk transport dan parkir
ONLINE STORE
Quote:
Kelebihan :
1. Biaya Murah
2. Cuma perlu Laptop/Komputer dan Smartphone
3. Tidak Perlu ada toko fisik, hanya dari foto atau gambar saja
4. Penjual tidak perlu sampai berbusa menjelaskan produk ke customer
5. Jam operasional lebih fleksibel, bahkan bisa 24 jam (tergantung niat jualan seller)
6. Pengiriman tinggal menggunakan jasa ekspedisi
7. Seller tinggal mengecek rekening jika pembayaran sudah masuk (biasanya pembayaran via bank transfer)
8. Tidak perlu banyak staf, paling hanya admin aja yang dioptimalkan
9. Situsnya dapat dilihat
10. Memudahkan customer karena tidak perlu keluarin uang untuk transport ke toko ataupun bayar bensin
11. Yang paling penting nih, Ga dikejar-kejar sama Orang Pajak, hahahaha.
12. Tentu
CARA PEMASARAN DI ONLINEsangat banyak, diantaranya :
a. KASKUS
Kalo ini mah ga ada matinya jualan di kaskus, dari dulu ampe sekarang para seller malah tambah rame dan beragam jualannya, fitur yang ditampilkan juga lebih inovatif, dan para buyer juga bisa lebih percaya ke seller dengan menggunakan jasa REKENING BERSAMA di kaskus (Ane rasa Cuma ada di kaskus aja nih)
b. Facebook
Sebenernya media pemasaran di facebook udah lama dan sekarang cenderung berkurang karena para seller dan customer sudah beralih di media sosial lain
c. Instagram
Semua online shop dari jual obat pelangsing yang selalu ganggu karena sering comment sembarangan sampe jualan properti juga ada gan, pada masa sekarang sih banyak dipilih oleh para seller untuk jualan disini.
Banyak seller yang pakai jasa promote ataupun endorse ke orang terkenal yang udah jutaan followersnya.
Buanyak banget seller yang menggunakan display name dagelan, pevpearce, raisa, kayak ga punya nama bener aja gan.
d.
Media Sosial ini cenderung baru dan ternyata bermanfaat bagi para seller karena menyediakan fasilitas admin hingga mencapai 100 admin dalam berbagai devices, kebanyakan Online Store besar yang penjualan produknya tinggi pasti pakai ini karena untuk mempermudah pelayanan terhadap customer.
Ane bahkan baru nemu beberapa fitur baru di media ini :
1) Greeting Message
Berfungsi untuk menyapa customer yang baru nge-add LINE@ seller, jadi seller bisa beramah tamah dengan customer
2) Auto Reply
Melakukan balasan otomatis di jam-jam tertentu , biasanya kalo sedang offline atau lagi libur
3) Keyword Reply
Sangat memudahkan seller dalam menjawab pertanyaan, misalnya customer minta price list barang A, maka customer tinggal ketik “Price A” , maka dengan sendirinya LINE@ seller akan menjawabnya
4) Jam Operasional
Bisa di set sesuai keinginan seller yang biasanya jam operasional
5) 1 on 1 chat
Chat langsung personal dengan customer
6) Broadcast massage
Blasting massage ke seluruh followers seller
7) Time line home history
Seller bisa share ulasan produk ataupun cerita-cerita yang nantinya kalo di share oleh follower kita jadi bisa dilihat juga oleh followers mereka
8) Statistik
Memperlihatkan statistik seller selama penggunaan LINE@
9) Coupon dan Voting
Sesekali seller bisa membagikan coupon kepada followersnya, yang beruntung dapet hadiah deh. Ataupun seller bisa nyediain quisioner untuk diisi oleh followersnya.
10) Page View
Dari sini keliatan deh udah berapa kali home dari seller tersebut di View oleh followersnya
11) URL Link
Nah Kalo di Klik langsung muncul ID seller nih gan, gausah masukin nomer HP atau pin deh, jadi efisien
Untuk lebih jelasnya bisa langsung cek di
http://r.line.me/1bRz
Kekurangan :
1. Rawan Penipuan
2. Kalo Foto tidak menarik mayoritas customer ga akan ngelirik
3. Tidak bisa memberikan kesempatan kepada customer untuk melihat produk langsung
4. Tidak bisa memberikan kesempatan kepada customer untuk mencoba produk
5. Mayoritas seller mengharuskan customer untuk membayar ongkos kirim
6. Kadang kala pengirimannya membutuhkan waktu lama
7. Kadang barang barang yang dibeli customer tidak sesuai harapan
So menurut agan-agan sekalian lebih baik mana ONLINE STORE ataukah OFFLINE STORE ?
Kasih masukan kelebihan dan kekurangan yang belum disebutin ya
Semoga bisa jadi referensi untuk agan-agan yang mempertimbangkan mau buka store fisik atau online store....