Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

provokator.7Avatar border
TS
provokator.7
Rupiah Melemah, Jokowi Bisa Bernasib Seperti Soeharto
Rupiah Melemah, Jokowi Bisa Bernasib Seperti Soeharto


Tim ekonomi pemerintahan Jokowi-JK dianggap gagal mengendalikan perekonomian. Indikatornya, pelemahan rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) semakin tak terkendali. Jika dibiarkan, maka hal itu akan memicu pemutusan hubungan kerja (PHK) massal.

"Tim ekonomi sekarang ini tidak memiliki terobosan sama sekali," ujar peneliti ekonomi dari Gaspol Indonesia, Virgandhi, saat dihubungi, Selasa (4/08/2015).

Gandhi mengingatkan, seharusnya pelemahan rupiah menjadi peringatan dini bagi pemerintah. Sebab, pelemahan rupiah bisa memicu tingginya angka pengangguran. Hal itu, lanjut Gandhi, berkaca dari pengalaman di era pemerintahan Soeharto.

"Soeharto lengser karena ekonomi karut marut. Dollar kala itu nembus di angka Rp20 ribu lebih. Dampaknya, ongkor produksi naik, daya beli masyarakat kurang, lalu perusahaan gulung tikar," tutur Gandhi.

Solusi yang harus dilakukan Presiden Jokowi sekarang ini, imbau Gandhi, adalah reshuffle kabinet, khususnya kementerian di bidang ekonomi. Namun, Gandhi enggan menyebut figur yang layak untuk mengisi poisisi Menteri di bidang ekonomi. Alasannya, reshuffle merupakan hak preogratif presiden.

"Reshuffle kabinet merupakan hak progratifnya Presiden. Tapi, intinya harus yang terbaik, dan bukan titipan Parpol atau pihak mana-pun," tegas Gandhi.

Jika Presiden Jokowi tetap nekat mengakomodir figur yang merupakan titipan Parpol atau pihak mana-pun, Gandhi memastikan, kondisi ekonomi Indonesia tidak akan mengalami perubahan.

"Kita bisa lihat lah sekarang ini. Pak Sofyan Djalil gak maksimal menjalankan perannya sebaga Menko Perekonomian. Dia ditempatkan tidak sesuai porsinya. Dia mengisi posisi itu kan karena kedekatannya dengan Pak JK. Jadi, Pak JK yang mengarahkan itu," pungkas Gandhi.

Sebagai informasi, berdasarkan data perdagangan mata uang pada hari ini, Selasa (4/08/2015), diketahui nilai tukar rupiah atas dollar AS mencapai Rp13.505.


Sumber


siap-siap... keadaan terburuk bisa saja terjadi kalo bener bernasib sama seperti Soeharto emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S)
0
5.3K
66
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan