Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cvhsdoAvatar border
TS
cvhsdo
Gerakan sadar diri tidak membuang sampah sembarangan di Jakarta
Gerakan sadar diri tidak membuang sampah sembarangan di Jakarta


Baiklah.. Sebelum ane mengimbau kepada kaskuser, ane mengaca kepada diri sendiri apakah ane juga membuang sampah sembarangan? Sejak ane masuk kuliah tahun 2010, ane tiba2 sadar akan lingkungan disekitar ane.

Berawal dari hal kecil, didalam rumah dan disekitar lingkungan rumah, ane udah tidak membuang sampah sembarangan lagi. Awalnya walaupun terkadang ane khilaf/lupa buang sempah sembarangan lalu dengan segera ane pungut kembali sampah itu kemudian ane buang ke tempat sampah terdekat. Lama kelaman jadi selalu teringat dan terbiasa tidak membuang sampah sembarangan.

Sekarang ane baru lulus kuliah, dan belum mendapat kerja. Sembari nunggu dapat kerja dan mumpung ane masih ada waktu luang dan ga sibuk2 amat, ane menyempatkan diri untuk menyampaikan pesan dan mengimbau kepada agan2 sekalian.

Marilah kita cintai kota Jakarta kita ini. Jakarta tidak hanya milik warga Jakarta, tetapi milik semua warga negara Indonesia. Ane udah pusing dengan kemacetan dan hingar bingar suasana di Jakarta ditambah lagi dengan sampah-sampah yang bertebaran di jalanan yang menyebabkan banjir, penyakit, polusi indera penciuman, polusi indera penglihatan, dll. Miris ane ngeliatnya.

Dimulai dari diri kita sendiri dulu, berjanjilah kepada diri kita sendiri agar tidak membuang sampah sembarangan dimanapun kita berada. Walaupun agan orang yang pasif dan malas untuk aktif mengikuti kegiatan kebersihan bersama, setidaknya agan tidak membuang sampah sembarangan dimanapun agan berada itu udah sangat membantu.

Apabila agan sedang menghadiri acara disuatu tempat usahakan agan tidak membuang sampah sembarangan walaupun disekitar agan banyak orang yang membuang sampah sembarangan. Kalo agan mau menasehati silahkan tapi kebanyakan mereka tidak akan terima (dari pengalaman ane) karena mental mereka sudah rusak.

Kalau diri agan sudah mantab dan tidak membuang sampah sembarangan lagi, barulah agan mulai mencoba untuk mengingatkan orang-orang terdekat dahulu seperti keluarga dan sahabat-sahabat agan. Kenapa orang-orang terdekat dahulu? Karena orang terdekatlah yang kemungkinan besar mau mendengarkan suara dan masukan dari kita, jadi lebih efektif. Carilah momen yang pas, misalnya ada keluarga atau sahabat yang membuang sampah sembarangan barulah kita ingatkan. Atau ketika sedang mengobrol, bahaslah topik obrolan mengenai sampah. Atau bisa juga dengan menunjukkan tingkah laku agan yang peduli terhadap lingkungan, sehingga keluarga atau sahabat-sahabat kita menjadi respek dan mau mengikuti kepedulian kita terhadap lingkungan.

Jangan sepelekan sampah sekecil apapun. Misalnya bungkus permen. Mungkin ada yang berpikir begini "ah cuma bungkus permen doang, sampah kecil ini". Tapi klo yang makan permen satu hari ada banyak orang dan bungkusnya dibuang sembarangan, dikumpulin beratnya bisa jadi berapa kilogram tuh? Dan dampak yang diakibatkan juga sangat besar.

Ingat gan, lingkungan yang bersih membuat kita menjadi sehat, baik jasmani maupun rohani. Dan disamping itu tidak menambah tingkat stress kita. Tentu kita akan nyaman tinggal dilingkungan yang bersih. Udah deh gan, yang masih punya mental sampah, buang sampah sembarangan sebaiknya dihilangkan. Ubahlah mental kalian menuju perubahan mental yang positif.

Beberapa contoh gambar sampah di Jakarta :
Spoiler for Jagalah Kebersihan:
Spoiler for Miris gan:
Spoiler for Menambah beban petugas kebersihan:


Kalo Jakarta bersih kan enak dilihat dan jadi nyaman, contoh gambar :
Spoiler for Jakarta bersih:
Spoiler for Enak dilihat:
Spoiler for I love Jakarta:
Spoiler for Ga malu apa sama orang asing yang cinta kebersihan:

Gerakan sadar diri tidak membuang sampah sembarangan di Jakarta

Klo ada kata-kata yang kurang berkenan tolong dimaafkan. Ane hanya seorang newbie yang ingin mengutarakan isi hati ane.

Ane mengharapkan rate atau cendol dari agan-agan sekalian emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

Sekian danTerima Kasih emoticon-I Love Kaskus


0
3.6K
24
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan