Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

faradi123Avatar border
TS
faradi123
4 bidang pekerjaan dalam dunia IT
Ass Wr wb.

Sebelumnya cek Repost dulu.

Spoiler for Repost:



Selamat sore gan. ketemu lagi dengan saya,faradi123 Seorang Penulis Blog dan seorang Copas Blog.hehehe(Sumber selalu di beritahu).

4 bidang pekerjaan dalam dunia IT

kali ini saya akan membahas pengalaman saya ketika saya mengikuti UKM MUGI (Microsoft User Group Indonesia)di kampus saya tercinta Universitas Suryakancana.

tahukah anda.ada berapa bidang pekerjaan dalam IT yang sebenernya? Pekerjaan dalam Bidang IT di bagi menjadi 4 bagian,kenapa 4? karena memang 4.pertama ada System Analyst,ke dua ada Desain Grafis,ke tiga ada Networking dan terakhir atau ke empat ada Programming. ok kita bahas satu persatu mulai dari yang pertama.

1. System Analyst.
4 bidang pekerjaan dalam dunia IT

Kenapa System Analyst berada di urutan pertama? karena memang pekerjaan di bidang ini ada lah yang paling tersulit menurut saya. karena apa? setiap IT Consultan harus mengerti apa yang setiap client atau costumer minta kepada seorang IT Consultan. sehingga terkadang para client meminta yang aneh-aneh dan terkadang tidak masuk akal. sehingga para IT Consultan biasanya akan menerjemahkan keinginan para client sebelum di eksekusi oleh Desain Grafis,Networking,dan Programmer.

ok klo yang belum tahu apa itu System Analyst

System Analyst (Analis sistem) adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Analis sistem memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang analis sistem harus memiliki setidaknya empat keahlian: analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang analis sistem untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang analis sistem untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Seorang analis sistem harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang analis sistem mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu analis sistem dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan analis, programer, dan profesi sistem lainnya.
Analis sistem bisa pula menjadi perantara atau penghubung antara perusahaan penjual perangkat lunak dengan organisasi tempat ia bekerja, dan bertanggung jawab atas analisis biaya pengembangan, usulan desain dan pengembangan, serta menentukan rentang waktu yang diperlukan. Analis sistem bertanggung jawab pula atas studi kelayakan atas sistem komputer sebelum membuat satu usulan kepada pihak manajemen perusahaan.
Pada dasarnya seorang analis sistem melakukan hal-hal berikut:
Berinteraksi dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan sistem yang akan di gunakan
Berinteraksi dengan desainer untuk mengemukakan antarmuka yang diinginkan atas suatu perangkat lunak
Berinteraksi ataupun memandu programer dalam proses pengembangan sistem agar tetap berada pada jalurnya
Melakukan pengujian sistem baik dengan data sampel atau data sesungguhnya untuk membantu para penguji
Mengimplementasikan sistem baru/sistem usulan yang akan digunakan perusahaan
Menyiapkan dokumentasi berkualitas

2. Desain Grafis
4 bidang pekerjaan dalam dunia IT


Desain Grafis adalah bidang pekerjaan IT ke 2. dalam tingkatan IT. kenapa Desain grafis ada di peringkat 2? menurut saya selain bidang ini memerlukan ketenangan dalam membuat sebuah design juga tingkatan kreatifitas seorang designer harus tinggi sehingga design yang mereka buat tidak terkesan kaku. dan Design grafis dalam hal Gaji memang bisa mencapai puluhan juta rupiah,ratusan juga,bahkan milirian rupiah. klo tidak percaya cek disini , harga yang sangat fantastis bukan?

Pengertian Desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.

3. Networking
4 bidang pekerjaan dalam dunia IT


kenapa Networking harus ada di peringkat 3? jawabanya pasti kalian sudah tahu semua. karena memang Di bandingkan dengan Programming,Networking jauh levelnya berada di atas programming.Networking atau Jaringan ialah salah satu cabang ilmu dunia IT yang membahas tentang komunikasi antar komputer. materi networking yang di ajarkan di sekolah atau di perkuliahan saat ini dirasa belum cukup memadai dari yang diharapkan. bagi mereka yang sangat ingin mendalami ilmu networking bisa mempelajarinya dari artikel-artikel di internet, dan biasanya ketika anda menemukan artikel tentang materi networking yang ingin anda pelajari sering sekali ditemukan kata-kata atau istilah-istilah yang belum dimengerti, biasanya kita akan membuka halaman baru di browser dan mengetikkan kata yang belum dimengerti tersebut di kolom search Google. lalu memahami kata tersebut, setelah anda mengerti anda kembali mempelajari materi yang tadi. cara ini tentu tidak praktis. maka dari itu ada baiknya sebelum mempelajari mengenai networking kita mempelajari dulu dari yang paling dasar, yaitu istilah-istilah dalam networking.

4. Programmer.
4 bidang pekerjaan dalam dunia IT

nah terakhir saya menempatkan Programmer. kenapa Programer? karena memang Programmer itu di ibaratkannya kalau di dunia arsitek. Programmer Ibaratkan Kuli Bangunan. dan System Analyst adalah Arsiteknya. itulah kenapa saya menempatkan Programmer ada di peringkat terbawah di dalam Pekerjaan IT.

Programmer atau biasa disebut dengan Pemrogram adalah Seseorang yang mempunyai kemampuan dan keahlian di dalam membuat dan menyempurnakan suatu program. Sebelum saya bahas lebih lengkap mengenai artikel ini, di kesempatan lalu saya juga sudah membagikan artikel yang terkait dengan artikel saya kali ini yaitu Pengertian Algoritma , Pengertian Dari HTML , Pengertian Dari PHP DanPengertian Dari Python Serta di kesempatan lalu saya juga sudah membahas artikel mengenai Pengertian Java Dan Bahasa Pemrograman Ruby Selanjutnya di artikel saya kali ini saya akan membahas mengenai Programmer. Silahkan disimak pembahasan saya berikut ini.
Programmer ialah Seseorang yang mempunyai keahlian di bidang komputer, Programmer adalah seseorang yang mempunyai pekerjaan menulis dan merancang program-program menggunakan bahasa-bahasa pemrograman komputer. Programmer merupakan seseorang atau sekelompok orang yang sudah sangat ahli di Bidang Komputer. Programmer juga bisa diartikan sebagai Seorang yang dapat membuat suatu atau sebuah program dengan sangat bagus dan teratur. Programmer membuat program di komputer untuk memajukan perkembangan teknologi dan membuat dunia teknologi menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Pengertian Programmer
Pengertian Programmer secara lengkap ialah Seseorang yang melakukan penulisan dan pengubahan script atau kode dari sumber sehingga dapat membentuk suatu program. Penyuntingan kode sumber meliputi proses pengetesan, analisis, pembetulan kesalahan, pengoptimasian algoritma, dan normalisasi kode. Programmer membantu para pengguna internet untuk lebih membuat internet ini menjadi lebih baik. Programmer sering kali membuat berbagai macam software untuk dijual atau diberikan kepada suatu otoritas/perusahaan yang sedang membutuhkan software tersebut. Seorang Programmer merupakan seorang yang sangat teliti di dalam mengerjakan apapun, Karena jika seorang programmer tidak teliti maka jika dia membuat dan merancang suatu program akan menjadi program yang kurang bagus.
Programmer merancang suatu program dari script-script, kode-kode dan dengan Bahasa-bahasa pemrograman. Bahasa Pemrograman kini sudah ada berbagai macam. Yaitu Bahasa Pemrograman Java, Algoritma, C Plus, Visual Basic, Php, Perl, Python, Html, Cobol, Fortran Dan Bahasa Pemrograman Lainnya. Programmer menyusun perintah-perintah bahasa pemrograman yang bisa dibilang rumit dengan sangat teliti untuk dijalankan di komputer dan digunakan oleh banyak orang.


itulah pendapat saya mengenai Bidang-bidang yang ada pada dunia IT.saya yakin dari sebagian anda yang membaca postingan ini pasti ada yang berbeda pendapat dengan saya. emoticon-Smilie

di tunggu komentarnya emoticon-SmilieCendolnya emoticon-Cendol (S) batanya juga boleh haha emoticon-Bata (S) emoticon-Ngakak (S)

sumber : Pemikiran saya dan Wikipedia
0
10.2K
99
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan