- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Yuk, Kita Lebih Mengenal Perahu Sandeq


TS
soktempe
Yuk, Kita Lebih Mengenal Perahu Sandeq

Quote:
Spoiler for No Repost:

Quote:
Perahu Sandeq juga adalah sebuah ikon kehebatan maritim masyarakat Mandar, kehebatan para pelaut ulung Mandar dibuktikan melalui pelayaran yang menggunakan perahu bercadik ini. Dalam keseharian perahu Sandeq digunakan untuk mencari nafkah di laut yang terdalam sekalipun. Tercatat dalam sejarah perahu Sandeq telah terbukti sanggup berlayar hingga ke Singapura, Malaysia, Jepang dan Madagaskar, Australia, Amerika.
Sandeq, perahu tradisional Mandar merupakan warisan leluhur sebagai sarana para nelayan untuk mencari ikan di laut sebagai mata pencaharian, sebagai sarana transportasi para pedagang pada masa silam mengarungi lautan untuk menjual hasil bumi.
Perahu Sandeq, mempunyai ciri khas yang membedakan dengan kebanyakan perahu bercadik lainnya.
Sandeq yang menjadi kebanggaan masyarakat Mandar, selain ia memiliki bentuk yang elok nan cantik dengan panjang kurang lebih 9 – 16 meter dengan lebar 0,5 – 1 meter, dikiri-kanannya dipasang cadik dari bambu sebagai penyeimbang ,mengandalkan dorongan angin yang ditangkap layar berbentuk segitiga , mampu dipacu hingga kecepatan 15 – 20 Knot atau 30 – 40 Km perjam .. Sehingga sebagai perahu layar yang tercantik dan tercepat juga mampu menerjang ombak yang besar sekalipun.
Sandeq, perahu tradisional Mandar merupakan warisan leluhur sebagai sarana para nelayan untuk mencari ikan di laut sebagai mata pencaharian, sebagai sarana transportasi para pedagang pada masa silam mengarungi lautan untuk menjual hasil bumi.
Perahu Sandeq, mempunyai ciri khas yang membedakan dengan kebanyakan perahu bercadik lainnya.
Sandeq yang menjadi kebanggaan masyarakat Mandar, selain ia memiliki bentuk yang elok nan cantik dengan panjang kurang lebih 9 – 16 meter dengan lebar 0,5 – 1 meter, dikiri-kanannya dipasang cadik dari bambu sebagai penyeimbang ,mengandalkan dorongan angin yang ditangkap layar berbentuk segitiga , mampu dipacu hingga kecepatan 15 – 20 Knot atau 30 – 40 Km perjam .. Sehingga sebagai perahu layar yang tercantik dan tercepat juga mampu menerjang ombak yang besar sekalipun.
Quote:

Via Kompas
Asal Usul
Suku Mandar adalah satu-satunya suku bahari di Nusantara yang secara geografis berhadapan langsung dengan laut dalam. Lautan dalam merupakan halaman rumah-rumah mereka. Begitu mereka bangun dari tidur, mereka akan disapa oleh gemuruh air laut dan dibelai oleh angin laut. Kondisi alam mengajarkan kepada masyarakat Mandar bagaimana beradaptasi untuk mempertahankan hidup (meminjam bahasa Durkheim, struggle for survival), dan membangun kebudayaannya.
Melaut bagi suku Mandar merupakan penyatuan diri dengan laut. Laut menjadi tempat mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup dan membangun identitasnya. Mencari penghidupan di laut (sebagai nelayan) bukanlah pekerjaan sembarangan bagi orang Mandar. Mereka tahu betul bagaimana beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi di laut. Oleh karenanya, benar apa yang dikatakan Chistian Pelras dalam bukunya yang berjudul ”Manusia Bugis” (2006), bahwa orang-orang Mandar merupakan pelaut ulung. Mereka tidak akan bisa hilang dan tersesat di lautan.
Interaksi masyarakat Mandar dengan lautan menghasilkan pola pengetahuan yang berhubungan dengan laut, yaitu: berlayar (paissangang asumombalang), kelautan (paissangang aposasiang), keperahuan (paissangang paalopiang), dan kegaiban (paissangang). Pengejawantahan dari pengetahuan tersebut di antaranya adalah: rumpon atau roppong dan Perahu Sandeq. Rumpon merupakan teknologi penangkapan ikan ramah lingkungan yang diciptakan oleh para pelaut Mandar. Perangkap ini terbuat dari rangkaian daun kelapa dan rumput laut. Sedangkan Perahu Sandeq merupakan perahu layar bercadik yang khas Mandar, ramah lingkungan, dan tercepat di kawasan Austronesia.
Perahu khas Mandar ini terbuat dari kayu, sehingga sekilas terkesan rapuh. Namun jika membaca sejarahnya, akan diketahui bahwa perahu yang terkesan rapuh itu mampu dengan lincah mengarungi lautan luas. Panjang lambungnya 7-11 meter dengan lebar 60-80 sentimeter, dan di kiri-kanannya dipasang cadik dari bambu sebagai penyeimbang. Untuk berlayar, perahu tradisional ini mengandalkan dorongan angin yang ditangkap dengan layar berbentuk segitiga. Layar itu mampu mendorong Sandeq hingga berkecepatan 20 knot. Kecepatan maksimum melebihi laju perahu motor seperti katinting, kapal, dan bodi-bodi.
Sandeq juga sanggup bertahan menghadapi angin dan gelombang saat mengejar kawanan ikan tuna. Para pembuat Sandeq dengan cermat merancang perahu yang tangguh untuk memburu kawanan ikan, khususnya untuk mengejar kawanan ikan tuna yang sedang bermigrasi. Oleh karenanya, perahu yang dibuat harus bisa melaju cepat. Perahu ini juga digunakan para nelayan untuk memasang perangkap (rumpon) pada musim ikan terbang bertelur (motangnga).
Quote:
Ciri-ciri perahu sandeq
Lebih jauh Dahri mengungkap, ciri-ciri perahu sande’ adalah (1) bercadik: sejenis sayap yang terdapat di bagian badan perahu sebagai penyeimbang, jumlahnya ada dua, satu di bagian haluan dan satu di bagian tengah perahu. Penyeimbang atau cadik ini disebut sebagai baratang. Untuk bagian haluan disebut baratang uluang dan untuk bagian tengahnya disebut baratang palaming. Pada masing-masing ijung cadik ini dipasang bambu sebagai penyeimbang. Bambu inii disebut sebagai palatto. Untuk menghubungkan antara baratang dan palatto ini dibutuhkan sebuah kayu yang berbentuk siku lagi atau berbentuk huruf L terbalik, dan kayu ini disebut sebagai tari’, jumlahnya ada 4 untuk masing-masing ujung baratang atau katir.
Karena sandeq adalah perahu tradisional yang hanya mengandalkan angin sebagai tenaga pelayaran utamanya (sekarang ada beberapa sande’ yang dipasangi perahu motor) maka tentunya perahu ini membutuhkan layar. (2) layar perahu sandeq berbentuk segi tiga, tiangnya disebut pallayarang dan untuk bon atau andang-andangnya disebut sebagaii peloang, berasal dari kata pelo’ yang berarti gulungan, karena saat selesai berlayar, layar perahu sandeq digulung pada peloangnya.
Ciri ke (3) perahu sande’ dicat berwarna putih. Ada beberapa kalangan yang menilai bahwa pilosofi dari warna putih sande’ ini adalah menandakan kesucian, namun menurut salah seorang nelayan pengguna perahu sande’ yang pernah ditemui, alasan mereka menggunakan warna putih yang seragam bagi semua perahu sandeq adalah agar terlihat bersih dan rapi.
Tipe atau jenis perahu sande’ berdasarkan jenis nelayan di Mandar
1) Pangoli
Terdiri atas 1-2 awak perahu Sandeq yang berukuran antara 3-4 m. kegiatan melautnya dimulai pada waktu subuh (terjadinya angin laut) dan diakhiri saat siang sampai sore hari (saat terjadinya angin darat). Alat tangkapnya hanya berupa tasi (tali monofilamen) dan kail beserta umpan.
2) Parroppong
Terdiri atas 2-3, bahkan 4 awak perahu, ukuran perahunya lebih besar dari ukuran Pangoli, lama waktu melaut 3-7 hari. Tempat mereka menagkap ikan lebih jauh dari Pangoli dan berpusat di Roppong (semacam rakit yang ditanam di laut).
3) Pallarung
Lama mereka melaut bisa mencapai 30 hari, awak perahunya 4-6 orang, jenis ikan yang ditangkap lebih spesifik, hanya jenis ikan dasar laut yang biasa mereka sebut bau batu. Dulu, mereka hanya mengandalkan sistem fementasi garam dalam mengawetkan ikan hasil tangkapan, hingga yang mereka jual adalah ikan kering/asin (bau maraqe/masing). Namun sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini mereka sudah mengawatkan ikan hasil tangkapan dengan cara dibekukan dengan es dalam peti khusus/termos, hasilnyapun lebih menjanjikan; ikan segar (bau baru).
4) Potangga
Perbedaan antara Potangga dan Pallarung hanya terletak pada jenis dan cara penangkapan hasil lautnya. Tangkapan utama mereka adalah ikan terbang (CypsilurusAltipennis, Lat.) atau istilah setempat Tuing tuing, dan yang paling diutamakan adalah telurnya. Alat penangkapan ikan dan telurnya mereka sebut; buaro, epe epeq, gandrang, dsb. Biasanya terbuat dari bambu dan daun kelapa. Mereka hanya melakukan kegiatan motangga saat terjadinya musim angin timur yang terjadi antara bulan Mei sampai akhir bulan Agustus sepanjang tahun.
Lebih jauh Dahri mengungkap, ciri-ciri perahu sande’ adalah (1) bercadik: sejenis sayap yang terdapat di bagian badan perahu sebagai penyeimbang, jumlahnya ada dua, satu di bagian haluan dan satu di bagian tengah perahu. Penyeimbang atau cadik ini disebut sebagai baratang. Untuk bagian haluan disebut baratang uluang dan untuk bagian tengahnya disebut baratang palaming. Pada masing-masing ijung cadik ini dipasang bambu sebagai penyeimbang. Bambu inii disebut sebagai palatto. Untuk menghubungkan antara baratang dan palatto ini dibutuhkan sebuah kayu yang berbentuk siku lagi atau berbentuk huruf L terbalik, dan kayu ini disebut sebagai tari’, jumlahnya ada 4 untuk masing-masing ujung baratang atau katir.
Karena sandeq adalah perahu tradisional yang hanya mengandalkan angin sebagai tenaga pelayaran utamanya (sekarang ada beberapa sande’ yang dipasangi perahu motor) maka tentunya perahu ini membutuhkan layar. (2) layar perahu sandeq berbentuk segi tiga, tiangnya disebut pallayarang dan untuk bon atau andang-andangnya disebut sebagaii peloang, berasal dari kata pelo’ yang berarti gulungan, karena saat selesai berlayar, layar perahu sandeq digulung pada peloangnya.
Ciri ke (3) perahu sande’ dicat berwarna putih. Ada beberapa kalangan yang menilai bahwa pilosofi dari warna putih sande’ ini adalah menandakan kesucian, namun menurut salah seorang nelayan pengguna perahu sande’ yang pernah ditemui, alasan mereka menggunakan warna putih yang seragam bagi semua perahu sandeq adalah agar terlihat bersih dan rapi.
Tipe atau jenis perahu sande’ berdasarkan jenis nelayan di Mandar
1) Pangoli
Terdiri atas 1-2 awak perahu Sandeq yang berukuran antara 3-4 m. kegiatan melautnya dimulai pada waktu subuh (terjadinya angin laut) dan diakhiri saat siang sampai sore hari (saat terjadinya angin darat). Alat tangkapnya hanya berupa tasi (tali monofilamen) dan kail beserta umpan.
2) Parroppong
Terdiri atas 2-3, bahkan 4 awak perahu, ukuran perahunya lebih besar dari ukuran Pangoli, lama waktu melaut 3-7 hari. Tempat mereka menagkap ikan lebih jauh dari Pangoli dan berpusat di Roppong (semacam rakit yang ditanam di laut).
3) Pallarung
Lama mereka melaut bisa mencapai 30 hari, awak perahunya 4-6 orang, jenis ikan yang ditangkap lebih spesifik, hanya jenis ikan dasar laut yang biasa mereka sebut bau batu. Dulu, mereka hanya mengandalkan sistem fementasi garam dalam mengawetkan ikan hasil tangkapan, hingga yang mereka jual adalah ikan kering/asin (bau maraqe/masing). Namun sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini mereka sudah mengawatkan ikan hasil tangkapan dengan cara dibekukan dengan es dalam peti khusus/termos, hasilnyapun lebih menjanjikan; ikan segar (bau baru).
4) Potangga
Perbedaan antara Potangga dan Pallarung hanya terletak pada jenis dan cara penangkapan hasil lautnya. Tangkapan utama mereka adalah ikan terbang (CypsilurusAltipennis, Lat.) atau istilah setempat Tuing tuing, dan yang paling diutamakan adalah telurnya. Alat penangkapan ikan dan telurnya mereka sebut; buaro, epe epeq, gandrang, dsb. Biasanya terbuat dari bambu dan daun kelapa. Mereka hanya melakukan kegiatan motangga saat terjadinya musim angin timur yang terjadi antara bulan Mei sampai akhir bulan Agustus sepanjang tahun.
Quote:
Sejarah lomba perahu Sandeq
Dulu, lomba itu disebut lomba pasar, karena sandeq disewa oleh para pedagang untuk mengangkut barang dagangan ke setiap pasar di desa pesisir antara Majene dan Mamuju.
Waktu itu, jalur laut sangat vital karena lebih cepat daripada transportasi darat yang masih terbatas. Kecepatan sangat dituntut oleh pemilik barang agar tiba di pasar yang ada di setiap desa lebih awal, sehingga sandeq langsung bisa parkir di dekat pasar untuk meraup sebanyak-banyaknya pembeli. Passandeq (awak sandeq) yang lambat tiba pasti akan dimarahi pemilik barang karena pasar sudah sepi, sehingga barang tak laku. Akan tetapi, kecepatan dan ketangguhan sandeq juga bisa menjadi sasaran gerombolan perompak, karena itu para pemilik perahu yang tahu perahunya cepat mengakali dengan mengikat batu supaya tidak direbut para perompak untuk dijadikan sarana kejahatannya. Sepak terjang perompak ber-sandeq terbukti saat Horst berlayar menggunakan sandeq ke Bira, Sulawesi Selatan, pada pertengahan 1990-an. “Orang Bira masih ingat kehebatan sandeq karena semua kapal layar bisa dikejar oleh sandeq. Kata orang Kalau saat ini masih ada gerombolan, orang Bira mau menukar pinisinya dengan sandeq.
Pelestarian budaya Lomba sandeq profesional dirancang oleh Horst pada tahun 1995. Sandeq Race merupakan usaha untuk melestarikan dan meneruskan budaya bahari Mandar yang terancam punah.
Sandeq mengajarkan nelayan muda untuk membaca arus, membaca angin, serta ritual yang ada di dalamnya. Lomba ini gratis bagi nelayan Mandar, dan disediakan hadiah yang menarik untuk juara umum. Semua peserta yang mencapai titik akhir juga memperoleh hadiah.. Selama mengikuti lomba, passandeq ditanggung biaya makannya, dan diberi uang saku untuk keluarga yang ditinggal
Lomba sandeq mengandung unsur kebanggaan yang sangat tinggi. Pemenang lomba akan terangkat status sosialnya, dan menjadi buah bibir di masyarakat. Kebanggaan sebagai passandeq itulah yang mendorong beberapa masyarakat untuk membuat sandeq yang khusus digunakan untuk lomba. Di luar lomba, sandeqnya hanya disimpan di kolong rumah panggungnya. “Setiap bulan kita cat ulang supaya awet. Kalau sudah dekat perlombaan, sandeq dikeluarkan untuk latihan hingga hari perlombaan.
Dulu, lomba itu disebut lomba pasar, karena sandeq disewa oleh para pedagang untuk mengangkut barang dagangan ke setiap pasar di desa pesisir antara Majene dan Mamuju.
Waktu itu, jalur laut sangat vital karena lebih cepat daripada transportasi darat yang masih terbatas. Kecepatan sangat dituntut oleh pemilik barang agar tiba di pasar yang ada di setiap desa lebih awal, sehingga sandeq langsung bisa parkir di dekat pasar untuk meraup sebanyak-banyaknya pembeli. Passandeq (awak sandeq) yang lambat tiba pasti akan dimarahi pemilik barang karena pasar sudah sepi, sehingga barang tak laku. Akan tetapi, kecepatan dan ketangguhan sandeq juga bisa menjadi sasaran gerombolan perompak, karena itu para pemilik perahu yang tahu perahunya cepat mengakali dengan mengikat batu supaya tidak direbut para perompak untuk dijadikan sarana kejahatannya. Sepak terjang perompak ber-sandeq terbukti saat Horst berlayar menggunakan sandeq ke Bira, Sulawesi Selatan, pada pertengahan 1990-an. “Orang Bira masih ingat kehebatan sandeq karena semua kapal layar bisa dikejar oleh sandeq. Kata orang Kalau saat ini masih ada gerombolan, orang Bira mau menukar pinisinya dengan sandeq.
Pelestarian budaya Lomba sandeq profesional dirancang oleh Horst pada tahun 1995. Sandeq Race merupakan usaha untuk melestarikan dan meneruskan budaya bahari Mandar yang terancam punah.
Sandeq mengajarkan nelayan muda untuk membaca arus, membaca angin, serta ritual yang ada di dalamnya. Lomba ini gratis bagi nelayan Mandar, dan disediakan hadiah yang menarik untuk juara umum. Semua peserta yang mencapai titik akhir juga memperoleh hadiah.. Selama mengikuti lomba, passandeq ditanggung biaya makannya, dan diberi uang saku untuk keluarga yang ditinggal
Lomba sandeq mengandung unsur kebanggaan yang sangat tinggi. Pemenang lomba akan terangkat status sosialnya, dan menjadi buah bibir di masyarakat. Kebanggaan sebagai passandeq itulah yang mendorong beberapa masyarakat untuk membuat sandeq yang khusus digunakan untuk lomba. Di luar lomba, sandeqnya hanya disimpan di kolong rumah panggungnya. “Setiap bulan kita cat ulang supaya awet. Kalau sudah dekat perlombaan, sandeq dikeluarkan untuk latihan hingga hari perlombaan.
Quote:
Quote:
Sekian Thread dari ane. semoga bermanfaat gan. ane cuma share dan berbagi.
Jika berkenan lempar cendol tinggal klik gambar gan



Jika cocok dihati gan Rekomendasi HT
Cek Sumber : SUMBER 1 , SUMBER 2 , SUMBER 3
Spoiler for Trit HT ane gan:
Kreativitas Seorang Pedagang Mie AyamHT 1
Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan HT 2
Etika Pria Sejati yang Hilang dan Harus Dihidupkan Kembali HT 3
Pemain Bola Yang Juga Jago Bernyanyi HT 4
Jangan Ngaku Cowok Kalau Agan Suka Ngelakuin Hal-Hal Ini ke Wanita HT 5
Atraksi Keliling Walaupun Jarang Ternyata Masih Ada HT 6
Cara Orang Tua Bangunin Pagi HT 7
Annabelle Asli VS Annabelle Film Serta Kisahnya HT
Saat-Saat Mengharapkan Hujan dan Tidak Mengharapkan Hujan HT
Diubah oleh soktempe 25-07-2015 00:07
0
5.3K
Kutip
11
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan