Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mietzschaAvatar border
TS
mietzscha
Satu Milenium Riwayat Umat Manusia Berkendaraan
-=Repost dari old KasKus=-
catatan:
TS taro di Lounge biar bisa banyak orang yang baca. Mudah-mudahan bermanfaat.


MILENIUM KEMUDI


Dengan berlalunya milenium, 1000 tahun telah menjadi waktu dimana dunia terasa lebih dekat dalam cara yang mungkin lebih baik atau bahkan sebaliknya, buruk. Penemuan kendaraan bermotor telah mengubah planet ini selamanya dengan cara yang positif, namun juga bertanggungjawab terhadap banyak kematian dibandingkan akibat penemuan mekanis lainnya



Berikut ini bagaimana mengemudi dilakukan pada permulaan milenium di Timur, Eropa dan Afrika

Spoiler for Cugnot:


Model paling pertama dari kereta uap, yang mempunyai sejarah tertulis, dibangun oleh seorang Perancis bernama Cugnot, yang mempertunjukkannya di Marquis de Saxe tahun 1763. Kemudian, tahun 1769, dia merancang mesin untuk dioperasikan di jalanan umum, atas biaya kerajaan Perancis.

1878

Karl Benz merancang mesin pembakaran dalam dua-langkah dan kemudian menciptakan mesin sederhana empat-langkah. Dia menemukan gigi perseneling dan aksesoris otomotif lainnya. Pada tahun 1885 dia membuat kendaraan roda tiga dengan mesin pembakaran dalam dan pada tahun 1886, mematenkan "kereta dengan mesin bensin" pertama.



Bertha Benz dan kedua anaknya, Eugene dan Richard, mengemudi dari Mannheim ke Pforzheim dengan mobil pertama di dunia pada awal Agustus 1888.
Dia adalah pengendara mobil wanita pertama!

Sementara itu, Duryea Bersaudara membuat kendaraan pembakaran dalam pertama di AS pada tahun 1893.


1896

Spoiler for Ford:

Ketika Henry Ford,sedang membangun kendaran beroda empatnya,



Duryea Bersaudara sedang membuat lebih dari lusinan model dan di Jerman, Benz dan industrialis Gottlieb Daimler berkerja sama. Daimler/Benz mendapat pesanan banyak kendaraan dari industrialis Monaco (Emil Jellinek) dan di deasain oleh William Maybach. Untuk menghormati putri Jellinek, mereka menamainya Mercedes.

Daimler


Benz


Mercedes Jellinek

(Sekarang Maybach mempunyai sebuah mobil yang dinamai seperti namanya ...)

1897

Stanley mulai memproduksi mobil tenaga uap. Dengan peluncuran dari Cadillac yang mempunyai starter. Mobil uap, yang memerlukan pemanasan, mulai menghilang dari publik. Bagaimanapun, produksi Stanley Steamer berlanjut hingga tahun 1927, karena tak berisik, sedikit getaran, torsi yang cukup dan mudah dikendarai.


1899

Kecelakaan lalu lintas pertama tercatat. Seorang pria di NYC terbunuh oleh mobil.

1900

8000 kendaraan yang terdaftar di Amerika Serikat adalah kendaraan yang dibuat oleh perorangan seperti RANSOM ELI OLDS (pernah dengar tentang REO Speedwagon...sekarang anda tentu mengerti kepanjangan REO) yang pernah menjadi penjual kendaraan yang ternama dari tahun 1901-03.

OLDSMOBILE seharga $625 mempunyai kampanye pemasaran yang termasuk jinggel:
Quote:


1901

Henry Ford mendirikan Henry Ford Company, namun berhenti dalam kekacauan. Perusahaan itu menjadi terkenal dengan Cadillac. Pada tahun 1902, Mereka memproduksi Caddy pertamanya:


1902

Sebuah mobil yang mengebut di Polifly Road di Hackensack Menakuti kuda yang sedang menarik bajak dan pekerja yang sedang sibuk dengan pemotong rumputnya. Kuda bajak mengalami luka serius, dan pekerjanya terbunuh. Kecelakaan ini menandakan harus adanya aturan mengenai kecepatan dari otomobil.
Masih, sekitar 50 klub oto kecil dibentuk oleh para pengguna kendaraan bermotor yang antusias di seluruh negeri. Sembilan klub tak lama kemudian bergabung untuk membuat organisasi motor nasional dan tanggal 4 Maret, 1902, pada pertemuan di Chicago, mereka mendirikan Asosiasi Automobil Amerika.


Kemudian, penemuan dari tanda STOP!!!

Quote:


Max Grabowski mendirikan Rapid Motor Vehicle Company dan membuat truk.

pernah dengar GMC? Sekarang anda tahu apa sebenarnya kepanjangan G ialah....GRABOWSKI....BUKAN General, seperti dalam Motors!)

1903-4

Henry Ford mendirikan the Ford Motor Co. di Michigan dan roda kemudi menggantikan tongkat kemudi.

Spoiler for W. Durant:

William Durant, mengambil alih Buick Motor Company.

Henry Royce membuat kendaraan bermotor pertamanya pada 1904 dan bulan Mei di tahun itu bertemu Charles Rolls, yang perusahaannya menjual mobil yang berkualitas di London. Perjanjian terbentuk pada pertemuan yang menyatakan bahwa Royce Limited akan memproduksi beberapa mobil yang akan dijual secara eksklusif oleh C. S. Rolls & Co: mereka kemudian dikenal dengan Rolls-Royce.


1905

Di St. Louis, pemilik mobil melaporkan pencurian kendaraan pertama dalam sejarah.
Tuscon menerbitkan nomor izin mengemudi. #1 diberikan kepada Dr. Hiram Fenner.

1908

Ford Model T mengubah dunia dan perakitan selamanya, dan Durant membentuk GENERAL MOTORS di luar dari Cadillac, Buick dan Oldsmobile.


ini adalah caddy tahun 1908


Mobil ini adalah tahap terpenting dari keseharian pengendara kendaraan bermotor, dengan memperkenalkan konsep dari pembuatan suku cadang yang dapat saling menggantikan: Mobil-mobil sudah tidak merupakan barang yang unik (hanya ada satu).
Rapid Motor Vehicle Company dibeli oleh GM.

1910

Tekanan politik bertambah membangun perbedaan antara New Jersey dan Upper West Side dari Manhattan.
Minum alkohol and mengemudi menjadi tindakan melawan hukum. Intoksikasi ditentukan oleh opsir yang menahannya.
Total produksi kendaraan di Amerika Serikat: 180.000 unit.
Total registrasi kendaraan: 468.500 unit.
Durant kehilangan kendali atas GM.
Wiper yang dioperasikan oleh tangan diperkenalkan.

1911

Cadillac meperkenalkan starter otomatis, ditemukan oleh Clyde Coleman pada 1899 namun disempurnakan oleh Charles Kettering di General Motors. Hal itu mengurangi bahaya mengengkol mesin, dan membuat jumlah pengendara wanita semakin bertambah.
Kaca spion diperkenalkan.
Detroit membangun lini produksinya.


Tahun 1911 Hupmobile membangun bisnis pendiri Hupp Motor Car Co., Robert C. Hupp, dan meninggalkannya pada 1909. Mobil yang membawa namanya dibuat hingga tahun 1941. Model 1911 mempunyai 112-cubic-inch yang menghasilkan 20 hp. Harga barunya $1,100.

1912

Cincinnati, Ohio. Standard Oil mulai mengoperasikan stasiun pengisian bensin. Sebelumnya, pengendara kendaraan bermotor harus mengikuti pedagang batu bara, penebang kayu, atau toko alat berat untuk membeli bahan bakar.
Truk GMC pertama diluncurkan.
Spoiler for Logo GMC:



1913

Henry Ford memulai jalur perakitan pada pabrik automobilnya di Detroit. Hal itu meningkatkan produktivitas pekerjanya hingga delapan kali lipat, membuat perakitan mobl jauh lebih cepat, hanya 90 menit dari 12 jam 30 menit dahulunya. Bagaimanapun, upah pekerja juga dinaikkan dari $2.4 untuk sembilan jam kerja ke $5 untuk delapan jam kerja pada tahun 1914, sehingga mereka-pun mampu membeli mobil.
Jalan raya Lincoln dibuka. Itu adalah jalan raya antar daerah yang pertama kali, menghubungkan Times Square di New York dengan Lincoln Park di San Francisco. Jalan raya antar daerah (Interstate) 80 sekarang menambah rute 3.389 mil yang tertua.

1914

Quote:

Logo Chevy "bowtie", muncul untuk kali pertamanya. Kabarnya bentuk dasi kupu-kupu (bowtie) dan diinspirasikan dari pola wallpaper pada sebuah kamar hotel di Paris. Tahun 1908, William Durant dicurigai mengambil bagian kecil dari gambar itu dan menyimpannya dalam dompetnya, hingga suatu hari dia menggunakan lambang itu. Durant telah menyewa Louis Chevrolet, seorang pembalap mobil tahun 1908, untuk mendesain mobil untuk bersaing dengan Ford.
Bowtie menjadi ikon iklan, dan masih menjadi lambang dari Chevrolet hingga kini.

1915

Horace dan John Dodge mulai membuat kereta kayu menjadi tak berguna, mereka mengenalkan bodi kendaraan dari besi seluruhnya.

1916

Durant kembali ke GM dan sistem jalan raya nasional mulai dirancang.

1919

Oregon mulai menerapkan pajak pada bensin.

1920

Total produksi kendaraan di Amerika Serikat: 2.227.000 unit.
Total registrasi kendaraan: 9.239.161 unit.
Kecepatan tertinggi kendaraan baru adalah 40 mpj; efesiensi bensin adalah 20 mil per galon.
Alfa Romeo pertama diproduksi tahun 1910 oleh pembuat automobil baru dari Itali, Societa Anonima Lombarda Fabbrica Automobili, atau A.L.F.A..

Tahun 1915, perusahaan diakuisisi oleh insinyur dan industrialis Itali, Nicola Romeo -- dan tahun 1920, logo Alfa diganti menjadi, "Alfa Romeo."


1921

The Pig Stand, sering disebut restoran drive-in, dibuka di Dallas.


1921 Model T

MODEL T seharusnya menjadi THE CAR OF THE CENTURY. Ford Model T dibuat dari 1909 hingga 1927, mobil yang sama, namun peningkatan terus dilakukan. Model T pertama dibanderol $850, harga kemudian turun hingga $265 pada 1923.

1922

George Frost mengaplikasikan radio mobil pertama.
Shopping mall sub-urban pertama dibuka di St. Louis (Country Club Plaza).

1923

Alfred Sloan menjadi presiden dari GM dan meredesain seluruh kendaraannya. (dia ADALAH Sloan, dan sebelumnya disebut Sloan dari Kettering/Kettering Institute, sesuatu yang membuat mereka mudah diingat).


Legenda tahun 20-an adalah Stutz Bearcat, sebuah favorit dari mobil sporti dan aristokrat. Stutz dibuat di Indianapolis dari 1911 hingga 1935 ketika tenggelam dalam Depresi Ekonomi. Stutz Bearcat '23 ditenagai oleh 109-hp 360-cubic-inch mesin empat silinder dan mempunyai harga $2.765.

1924

Henry Ford membayar $2.467.946 dalam pajak pendapatannya. Setengah juta orang kemudian menulis surat kepadanya, meminta uangnya.

Spoiler for W. Chrysler:

Walter Chrysler, memamerkan kendaraan roda 4 dengan rem hidrolik.

Dia membangun Chrysler Corporation.

1925

Milestone Inn, motel pertama, dibuka di San Luis Obispo, Calif.
Rute 66 dibuka antara Chicago & L.A.


1927

Terowongan Holland antara Hudson County,N.J. dan Manhattan dibuka untuk lalu lintas.


Rand McNally menerbitkan peta jalan pertama.
Quote:


1928

Layanan bus dari pesisir ke pesisir (coast-to-coast) dimulai.
Chrysler membeli Dodge dan memperkenalkan DeSoto & Plymouth. Chrysler Corporation juga medirikan divisi terpisah untuk distribusi dari berbagai lini mobil: Plymouth Motor Corporation, Dodge Brothers Corporation, DeSoto Motor Corporation dan the Chrysler Sales Corporation. The Fargo Motor Corp. juga diatur untuk menangani bisnis nasionalnya dan tahun berikutnya Chrysler Motors Parts Corp. dibentuk untuk menjual suku cadang dari seluruh lini perusahaan. Chrysler Export Corp., diatur pada 1927.

1930

Depresi besar dimulai dan penjualan mobil jatuh hingga 36%.
Kecepatan tertinggi dari mobil baru adalah 60 mpj; efesiensi bensin adalah 25 mil per galon.

1932

Pemerintah Amerika Serikat menerapkan pajak pada bensin.

1933

Quote:


Bank-bank Detroit, didanai oleh Henry Ford dan lainnya menolak pelanggannya menarik uangnya. Aksi ini memancing kepanikan bank secara nasional.

1934

LaSalle adalah desain sukses terbesar dari Harley Earl.


(masih ingat kata-kata dari lagu tema "ALL IN THE FAMILY" yang tidak dimengerti setiap orang?)
Quote:


1935

Works Progress Administration menempatkan jutaan orang untuk proyek-proyek publik, kebanyakan jalan-jalan raya.

Oklahoma City mengoperasikan meteran parkir pertama.


1936

Pembuat mobil Detroit mendirikan United Auto Workers Union, yang diorganisasikan setahun sebelumnya.

Elmo Geoghan membuka restoran multi-franchise drive-in pertama, Bob's Big Boy, di Glendale, Calif.
Quote:


Bersambung di post berikutnya
Diubah oleh mietzscha 31-08-2013 07:43
0
5.9K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan