menu.hari.iniAvatar border
TS
menu.hari.ini
Prabowo Menang, Indeks Saham Bakal Jeblok [masih mau menderita?]


TEMPO.CO, Jakarta - Pelaku pasar saham dan valuta asing diperkirakan bakal bereaksi negatif jika pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menang dalam pemilihan presiden 9 Juli. Ketua Asosiasi Analis Efek Indonesia Haryajid Ramelan memprediksi jika Prabowo-Hatta menang, dalam jangka pendek indeks saham akan terjerembap, sebelum kembali menyesuaikan diri dengan kondisi riil perusahaan.

Ia menyebutkan pelaku pasar cenderung memilih pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Indikasinya tampak dari pergerakan indeks saham dalam setiap peristiwa politik. “Kami sudah melihatnya sejak Jokowi mendeklarasikan sebagai calon presiden. Pasar merespons positif pencalonannya,” ujar Haryajid, saat dihubungi Tempo, pertengahan pekan lalu.

Analis dari Sinarmas Sekuritas, Christandhi Reza Mihardja, berpendapat di mata pelaku pasar, figur Jokowi dikenal bersih dan senang mengeksekusi program infrastruktur. Sedangkan Prabowo kerap diasosiasikan dengan Orde Baru dan pelanggaran hak asasi manusia. “Pelanggaran HAM itu masalah serius bagi investor asing,” kata Reza.

Adapun ekonom dari PT Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih, mengatakan visi-misi kedua calon presiden tersebut relatif sama, yaitu sama-sama mengedepankan pertumbuhan ekonomi berbasis ekonomi kerakyatan. Namun, ucap dia, pasar melihat figur Jokowi lebih unggul karena lebih cepat dan berorientasi pada solusi.

Hashim Djojohadikusumo, Anggota Dewan Penasihat Tim Pemenangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, menampik reaksi negatif pasar saham bila kakaknya itu menjadi presiden. "Saya sudah lama jadi pengusaha. Visi-misi Prabowo-Hatta malah akan meningkatkan minat pengusaha asing untuk menanam modal di sini," kata dia pekan lalu.

Pasar saham justru akan bergairah bila pasangan Prabowo-Hatta terpilih jadi orang nomor satu di negeri ini. Hashim beralasan, Prabowo-Hatta berjanji meningkatkan infrastruktur sehingga akan menarik minat investor asing. "Kami sudah prediksi hal itu," kata Hashim.

Selain itu, Hashim mengatakan, dirinya telah bertemu dengan banyak pengusaha yang menunjukkan ketertarikan terhadap visi-misi Prabowo. Mereka yakin Prabowo akan dapat meningkatkan peluang bisnis dan lapangan kerja di dalam negeri.

http://www.tempo.co/read/news/2014/0...m-Bakal-Jeblok

Khusus buat Panasbung:
Masih mau menderita?
Dengan Krisis Moneter barangkali?
0
10.1K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan