Pada semester pertama 2015 ini, cukup banyak perusahaan dan institusi yang melakukan penggantian logo (logo redesign). Alasan penggantiannya beragam. Ada yang disebabkan oleh perubahan strategi branding, ada pula yang disebabkan karena logo lama dinilai tidak fleksibel dan sudah tidak sesuai dengan perkembangan.
Dari sekian banyak redesain logo yang diluncurkan pada semester pertama 2015, ada beberapa di antaranya yang cukup menyita perhatian publik. Nah, di sini saya mencoba mengumpulkan proyek-proyek redesain yang menyita perhatian publik ini, dan mengumpulkannya sebagai proyek redesain terpopuler.
Patokan penilaiannya apa, Gan?
Penilaian paling populer ini didapat setelah melakukan beberapa pertimbangan dari berbagai aspek, seperti tingkat sosialisasi dan pemberitaan di media. Dari hasil pertimbangan tersebut, saya memilih sepuluh di antaranya untuk ditempatkan sebagai proyek redesain logo terpopuler. Inilah kesepuluh logo tersebut:
Spoiler for Sepuluh:
Dar! Mizan
Dar! Mizan, yang merupakan salah satu lini penerbit Mizan yang fokus pada penerbitan buku anak dan remaja meluncurkan logo baru pada pertengahan Mei lalu. Menurut pihak Dar!, visualisasi balon kata pada logo barunya menggambarkan karakteristik penerbit yang selalu membuka jalan bagi penulis untuk menuangkan buah karya dan ide mereka. Sementara warna oranye dan jenis huruf yang terkesan fancy, melambangkan kedinamisan dunia anak dan remaja.
Spoiler for Sembilan:
Kementerian BUMN
Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-17, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan logo baru. Logo ini mengusung empat komponen yang terdiri dari bulatan kanan atas, lingkaran yang bergerak dinamis ke atas, dan panah ke atas. Logo baru ini mengusung tema Sinergi Membangun Negeri, yang bermakna jika BUMN harus bisa menjadi agen pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.
Spoiler for Delapan:
Axis
Provider seluler Axis hadir dengan wajah baru pasca merger dengan XL. Melalui kesederhanaan logo barunya, Axis mencoba menyampaikan strategi branding-nya sebagai layanan telekomunikasi yang menyediakan layanan simpel, terutama untuk sekedar menelpon, SMS, dan data internet sesuai kebutuhan dengan tarif irit.
Spoiler for Tujuh:
Astra Motor
Menyambut ulang tahun ke-45 beberapa hari lalu, Astra Motor memperkenalkan logo baru perusahaannya, dengan visualisasi yang didominasi oleh warna biru dan merah. Warna biru, selain melambangkan kepercayaan, dinamis, kreativitas, serta loyalitas, juga mewakili warna PT Astra International Tbk sebagai induk perusahaan Astra Motor. Sementara warna merah mewakili warna logo sepeda motor Honda, sebagai produk utama dalam penjualan retail Astra Motor.
Spoiler for Enam:
Blibli
Setelah tiga tahun menggunakan logo lama, Blibli memutuskan untuk menyegarkan brand mereka melalui peluncuran logo baru. Pada logo barunya, Blibli melakukan sedikit perubahan warna, bentuk, dan tagline. Selain itu, ada pula penambahan logogram berupa ikon keranjang belanja, yang menunjukkan Blibli sebagai situs belanja online.
Spoiler for Lima:
TB Gramedia
Awal Mei, Gramedia mengumumkan peluncuran logo baru. Logo bergaya lettermark dengan logotype Gramedia ini memiliki makna kreativitas, fleskibilitas, kemajuan, perubahan, dan kekuatan untuk memberikan ide dan insipirasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.
Spoiler for Empat:
Biznet
Pasca melakukan joint venture dengan Internet Initiative Japan Inc., Biznet melakukan redesain logo untuk seluruh lini bisnisnya. Menurut Biznet, redesain logo ini bertujuan untuk menciptakan sebuah identitas yang dapat merepresentasikan transformasi Biznet dari semula hanya berupa perusahaan B2B, menjadi perusahaan B2B dan B2C bertaraf internasional.
Spoiler for Tiga:
Pemkot Pekalongan
Akhir Januari lalu, Pemerintah Kota Pekalongan mengambil langkah strategis dengan meluncurkan logo baru. Selain untuk mengganti logo lama yang dinilai kurang fleksibel, peluncuran logo baru yang didapatkan dari hasil sayembara ini diharapkan mampu memberi semangat baru bagi masyarakat Kota Pekalongan. Proyek redesain logo Pemkot Pekalongan ini sempat ramai diliput media setelah munculnya penolakan dari segelintir warga dan beberapa anggota DPRD.
Spoiler for Dua:
Kaskus
Pada 26 Februari 2015, Kaskus yang merupakan forum online terbesar di Indonesia memperkenalkan logo baru. Menurut pihak Kaskus, perubahan logo ini mempresentasikan bahwa di usianya yang ke-15, Kaskus tetap relevan dengan penggunanya dan mengikuti tren yang juga berubah. Dengan perubahan logo ini, Kaskus ingin meningkatkan value yang sudah ada.
Penjelasan lengkap soal desain logo baru Kaskus bisa dibaca di sini.
Spoiler for Satu:
Jogja (Place Branding)
Setelah sempat terbentur masalah togua-gate yang menyita perhatian netizen, Badan Pemerintahan Daerah Yogyakarta membentuk Tim 11 yang beranggotakan elemen masyarakat yang berkompeten terhadap visual branding. Tugas tim ini adalah membantu pemerintah daerah dalam memilih logo baru, yang dilakukan melalui proses lomba.
Awal Februari 2015, Tim 11 akhirnya memperkenalkan logo dan tagline baru. Menurut Tim 11, logo baru Jogja ini memuat makna dan filosofi yang menggambarkan gagasan Sultan Hamengku Buwono X dalam arah pembangunan Yogyakarta ke depannya.
Itu dia 10 Redesain Logo Terpopuler 2015 versi saya. Agan-Sista paling suka redesain logo yang mana?