Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sarmidi1701Avatar border
TS
sarmidi1701
Ketahui lah 10 makanan penyebab susah tidur
Ketahui lah 10 makanan penyebab susah tidur

Stres atau karena terlalu banyak pikiran bisa menjadi salah satu penyebab utama tidak bisa tidur saat malam hari. Tapi tunggu dulu, jangan kemudian Anda langsung menyalahkan stres sebagai penyebab Anda tidak bisa tidur. Karena bisa jadi Anda susah tidur karena terlalu banyak mengonsumsimakanan tertentu. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan sulit tidur. Oleh karena itu, saat akan tidur ada baiknya bilaAnda mengurangi atau bahkan menghindari makanan tersebut.


Berikut ini adalah 10 jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari sebelum tidur agarAnda tidak mengalami masalah gangguansulit tidur.

1. Kafein
Anda tentu tidak asing dengankopi. Kopi mungkin adalah teman terbaik di pagi hari untuk menemani memulai hari atau mungkin juga menemani kerja Anda. Tapi ada baiknya bila Anda coba menghindarinya saat akan tidur. Pasalnya,kafein yang terkandung dalam kopi bisa menstimulasi pergerakan saraf sehingga menimbulkan peningkatan energi ekstra. Jika Anda perlu mengonsumsi kafein, pastikan Anda melakukannya maksimal 4 jam sebelum waktu tidur.

2. Makanan berlemak tinggi
Makanan berlemak tinggi akan membuat pencernaan Anda bekerja ekstra sebelum tidur. Jika Anda memaksakan diri untuk tidur setelah makan makanan ini, maka akan terjadi peningkatan risiko heartburn, yaituasam lambungyang naik kembali ke kerongkongan.

3.Makanan pedas
Meskipun makanan pedas mempunyai manfaat untuk penyembuhan, namun makanan pedas bisa membuat panas perut sehingga membuat kita terjaga di malam hari.

4. Makanan manis
Cookies, cakecokelat, dan makanan manislainnya akan meningkatkanguladarah sehingga tubuh menjadi lebih berenergi.

5. Alkohol
Alkohol dapat mengganggu tidur dan menyebabkan terbangun di antara jam tidur. Konsekuensinya, tidur menjadi tidak berkualitas.

6. Cokelat hitam
Kandungan senyawa teobromin, feniletilamin, dan anadamin dalam cokelat hitam bisa memacu jantung berdenyut lebih kuat sehingga perlu dihindari sebelum tidur.

7. Es krim
Es krim dapat meningkatkan kadar gula darah yang merangsang otak untuk tetap terjaga. Selain itu jika tidak segera digunakan, gula darah akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak.

8. Oat
Kandungan senyawa melatonin pada oat sebenarnya baik untuk tidur, namun serat larut yang tinggi dalam oat tersebut justru memiliki efek yang berlawanan.

9. Sayuran
Sayur-sayuran berdaun hijau bersifat diuretik yang akan merangsang tubuh untuk buang air. Jika Anda harus bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil, tentutidur malamAnda pun jadi terganggu.

10.Daging merah
Daging merah juga bisa menyebabkan pencernaan bekerja lebih ekstra. Jika butuh asupan protein, sebaiknya ganti dengansumber proteinlain yang lebih mudah untuk dicerna seperti yogurt.

sumber gogel
Diubah oleh sarmidi1701 18-07-2015 01:18
0
2.6K
40
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan