KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
= ECONOMICS CENTRE = [Tempat Bertanya dan Diskusi Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi]
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007905882/economics-centre--tempat-bertanya-dan-diskusi-ilmu-ekonomi-manajemen-akuntansi

= ECONOMICS CENTRE = [Tempat Bertanya dan Diskusi Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi]

Tampilkan isi Thread
Halaman 87 dari 91

pengantar akutans akuntasi - jurnal penyesuaian

bunga obligasi yang sudah berlalu waktunya (sudah menjadi pendapatan)
rp 500.000

ini gimana jurnal penyesuaian.
udah googling ga ada contoh yang kayak gini -_-
halo gan, salam kenal
ane mantan mhswa akun, mw tnya2x ttng akbi.

jd ceritanya, kmrn ane dimintai tolong o/ adik kelas bt bntu jwb PR soal job order costing dgn variabel costing. tp ane kebingungan, emoticon-Malu (S)

begini soalnya,
Quote:


menurut agan2x, soalnya ud bner blm? klo menurut ane ada yg perlu diralat. bner gk, ane ragu2x gan?
soalnya ane ud agak lupa ngerjain yg ginian. emoticon-Malu (S)
maaf dopost gan,
emoticon-Sorry
Diubah oleh FORTUITUS
maaf, mau tanya contoh dari masuknya perusahaan baru sejenis yg menyebabkan turunnya biaya produksi itu gimana?

thanks
ga ada yg bahas krismon Yunani neh emoticon-Malu
Assalamu`alaikum...
Jika boleh bertanya, ane boleh dong tanya sedikit pengertian dari istilah-istilah ekonomi&perbankan diantaranya. 1. Apa itu makro 2. Apa itu mikro 3. Option dalam dunia perbankan (tolong yah gan, secara ringkas jg gapapa) kemudian, ane mau tanya seputar Arbitrase fungsi BANI sebagai badan arbitrase, sekalian contohnya yg mudah dipahami. Jujur ane masih bingung emoticon-Bingung (S)
terima kasih.
Halo agan semuanya!
Ane adalah anak Sma yg baru aja lulus Sbmptn jurusan Akuntansi.
Dan waktu Sma ane jurusan Ipa.
Ada yg punya file pembelajaran Akuntansi dasar gak gan?
Makasih sebelumnya ya.
Quote:


Ini biasanya berhubungan dengan komponen biaya yg cenderung akan semakin murah kalo user (perusahaan) bertambah banyak. Misalnya harga telekomunikasi/internet atau software spesifik yg dipake oleh suatu industri, semakin banyak perusahaan yg pake biasanya harganya makin murah. Katakanlah satu industri yg sangat bergantung pada 1 jenis software, semakin banyak pemain (perusahaan) dalam satu pasar akan menurunkan harga license utk software tsb. Yg lebih general ya telcom / internet, semakin banyak pelanggan high speed internet, rata-rata harga per mbps cenderung semakin murah. Rata2 sih berhubungan dgn teknologi, sifatnya semakin murah seiring bertambah demand.

Kemungkinan lain bisa dateng dr economies of scale, dmn dgn bertambah perusahaan dlm satu industri, scr agregat industri bisa mencapai skala ekonomi. Economies of scale susah utk diukur tp bbrp kemungkinan bisa dari: labor pooling - perusahaan yg membutuhkan tenaga kerja spesifik (misal programmer) akan lebih mudah mendapatkan tenaga kerja tsb jika permintaan secara total meningkat (makin bnyk perusahaan sejenis) -, knowledge spill over - makin bnyk perusahaan dlm satu industri, knowledge semakin cepat berkembang (menghasilkan inovasi teknologi yg menurunkan cost), resource / input sharing - dimana makin bnyk perusahaan sejenis (yg tentunya memerlukan brg input yg sama) dapat menghemat pengadaan brg2 input tsb jika total permintaannya semakin besar. Penghematan ini tentunya akan sangat bergantung pada jenis industrinya. Lagi2, penghematan biasanya berhubungan dengan teknologi, makanya kasus decreasing cost biasa terjadi di industri yg high tech (komponen input utama bukan raw material). Contoh paling populer silicon valley.

Sekali lagi di real-world, kasus cost yg turun sangat tergantung dari jenis industrinya (yaitu komposisi komponen biaya dlm industri tsb) dan biasanya ga terlalu signifikan, bisa jadi krn "penghematan"nya terlalu kecil (relatif pada total cost) atau tertutup oleh peningkatan komponen biaya yg lain terutama raw material (yg hampir pasti selalu increasing kalo demand naik = wajar krn raw material cenderung terbatas / un-renewable). Rata2 perusahaan masih bergantung pada raw material yg terbatas, tentunya efek penghematan dr "teknologi" mungkin masih sulit terlihat/diukur. Oleh karena itu, kasus decreasing cost masih sangat jarang (utk saat ini), more likely sih increasing cost. Sampai saat ini, cuma silicon valley yg jd kasus khusus dan dijadikan model utama utk positive externalities.
Quote:


berskala luas, besar.
makroekonomi = studi ekonomi berdasarkan perspektif holistik, biasanya wilayah demografi tertentu, mencakup tingkat konsumsi masyarakat, tingkat investasi masyarakat, paritas daya beli, kemiskinan dan pengangguran, perdagangan internasional, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, dengan tujuan memberikan gambaran universal kondisi perekonomian suatu masyarakat.

Quote:


berskala sempit, kecil.
mikroekonomi = studi ekonomi berdasarkan perspektif equilibrium/kesetimbangan pasar, menyangkut permintaan-penawaran dan harga-kuantitas, disertai dengan hubungan-hubungan antara produsen, distributor, dan konsumen, berikut dengan aktifitas manajerial dan perilaku konsumsi, dengan tujuan mencapai prinsip pemenuhan kebutuhan pasar berdasarkan azas laissez faire, laissez passer (sama rata di mata perdagangan, murni hubungan seller-buyer).

Quote:


ane bukan praktisi saham dan option, bukan pula pakar pasar modal, tapi ane coba jawab sepengatahuan ane ya. option adalah derivatif saham yang merupakan perdagangan surat perjanjian/kontrak untuk membeli (call) atau menjual (put) suatu komoditas/aset (saham), obligasi, atau valuta asing pada suatu tingkat harga yang telah disetujui (ditetapkan di muka) dalam kurun waktu tiga bulan kontrak di setiap waktu (detik), akad option ditandai oleh perilaku kepercayaan harga surat kontrak tsb naik (bearish) atau turun (bullish).

untuk informasi lebih lanjut, silahkan ke Option Kaskus

Quote:


kalo ini, anak hukum yang lebih tahu.
Diubah oleh tyrodinthor
Quote:


makasih banyak emoticon-shakehand
Quote:


Quote:


Haturnuhun, terimakasih dan thanks ya gan... wah yg terakhir bisa masuk ranahnya anak hukum ya? hehehe Thx
Gan, mau nanya, saya akhir taun ini baru masuk di sbm itb, ada yg tau tempat jual buku kuliah baru/bekas di jakarta? Atau kalo agan ada yg pgn nawarin, pm aja emoticon-Big Grin

Pengen beli buku yg berkaitan sama matematika bisnis, manajemen, sama yaa buku2 kuliah dasar buat semester 1 gan

Thankss.
Posisi saya jaktim
Quote:


iya. agan udah tau definisi/batasan ilmu ekonomi? kalo bicara soal birokrasi dan sistematika manajemen seputar BANI atau KADIN mungkin dibahas sekilas di ranah manajemen. tapi itu sudah di luar dari cakupan ilmu ekonomi. yang pasti, itu ranah hukum.
Quote:


giffen goods yang paling gampang ya beras. misalnya, analisis permintaan beras, jumlah barang (Q) dalam ribu ton per bulan dan harga (P) dalam ribu rupiah per kg, terdapat persamaan permintaan kuantitas (Qd) beras sbb:
Qd beras = 100 - 10P
maka, jika P = 0 (gratis), maka permintaan akan beras (Qd) mencapai 100 ribu ton (konstanta) per bulan, namun jika P = 10 ribu rupiah per kg, maka Qd tidak ada (nol), karena 10 ribu rupiah itu koefisien parameter yang mempengaruhi Qd, alias jika parameternya 10 ribu, berarti kemahalan yang akibatnya ketiadaan permintaan (otomatis pasar harus menawarkan barang sekian unit kurang dari total konstanta Qd di atas).

berarti, persamaan Qd di atas memiliki model Qd= a - bP dimana:
a = konstanta
b = koefisien parameter ke-P

dari sini kita dapet sebuah pola perilaku pasar:

ðDx/ðI > 0
(jika pendapatan naik, permintaan x juga naik),
fungsi permintaan ini ada pengecualian untuk barang giffen, yaitu:
ðQd/ðI < 0
(jika pendapatan naik, permintaan x turun),

giffen goods itu barang inferior yang hanya berlaku bagi suatu kelompok masyarakat berpenghasilan tertentu, misalnya beras di Indonesia. misalnya ada kecenderungan konsumsi beras akan berkurang jika penghasilan meningkat (kenyang secara gizi, bukan kenyang secara fisik). misalnya kita melakukan pengamatan perilaku konsumsi di sebuah warteg di dekat proyek pembangunan, porsi makan konsumen berbeda-beda.

menurut Adam Smith, pasar harus diusahakan setimbang (equilibrium), surplus berlebih dapat mencapai deflasi. contoh produksi mobil, bila harga atau Price (P) naik, maka Permintaan Kuantitas mobil atau Quantity Demand (Qd) turun (ðDx/ðPx < 0) dan sebaliknya, Quantity Supply (Qs) naik, artinya produsen berusaha menawarkan mobil sekian unit, ambil persamaan:

Qs = 200-40P
Qd = -40+5P

supaya tidak deflasi, atau malah defisit, maka produsen mobil tsb harus menentukan P untuk equilibrium pasar Qd dan Qs, yaitu Qd = Qs, dimana Qd dan Qs dalam ribu unit, dan P dalam puluh juta rupiah per unit.

Qd = Qs
200-10P = -40+5P
240 = 15P
P = 16 puluh juta rupiah

Qd = 40 ribu unit
Qs = 40 ribu unit

sampe sini sudah dapet pengertian tentang keseimbangan harga pasar gan? kurvanya tinggal menyilangkan S (surplus) sama D (defisit) nya.

Quote:


tergantung tingkat bunga (%) sama kayak mekanisme pasar, tapi itu kebijaksanaan moneter, jadi yang menentukan Central Bank berdasarkan analisis pake model kurva IS/LM kayak Phillip Curve, biasanya yang P itu jadi T (%), Q nya ya Q-uang.

oya, nanti ada garis persinggungan yang menentukan hasrat likuiditas atau liquidity preference (Md), misalnya, penambahan uang 5 trilyun rupiah jadi 6 trilyun, disebabkan turunnya tingkat bunga dari T6 tegak di bawah T6 datar dengan asumsi dasar T5 ==>> pake fungsi Md = f - h(r) + k(Y).
Diubah oleh tyrodinthor
gan ane lulusan sma tahun ini dari program ipa,
nah ane pengen belajar ekonomi nih
berhubung tahun ini ane gk kuliah (tahun depan gan mau coba lagi ke negeri) nah ane pengen belajar ekonomi dan kawan"nya
kira" ada rekomend ebooknya gak gan

tx b4 gan
Quote:


googling aja banyak kok
tersedia
Quote:


dari judulnya kayaknya lebih cenderung ke IT nih dari pada akuntansi hehe
Quote:


pasar senen? emoticon-Thinking
mantap tuh murmer emoticon-Thinking

Quote:


Mankiw? emoticon-Thinking
ane mau tanya nih, dari dulu gw heran
kenapa negara maju dengan segala keborosannya QE, budget deficit bahkan sampai minus interest rate, mudah deflasi???
sedangkan negara2 berkembang spt indonesia cenderung mudah inflasi. Padahal udah disiplin fiskal dan bunga tinggi?

terus kedua gw sering baca blog fabian soal sistem bank, bahwa sampai kapanpun masyarakat tdk akan mampu bisa melunasi semua utangnya dan akan dipaksa untk terus berutang. Apa betul?
Quote:


wah kalo bicara soal kecenderungan, tidak ada indikator mutlak tentang penyebabnya. mungkin saja ceteris paribus, banyak faktor di luar ekonomi yang bisa jadi penyebabnya. umumnya sih karena money demand yang sulit dikendalikan. tapi sebenarnya asal inflasi dan deflasi masih bisa dikendalikan (misalnya paket stimulus fiskal) dan atau masih dalam tolerance level, itu bukan masalah besar.

kalo berdasarkan teori Tahapan Pembangunan Rostow, untuk mencapai tahap take-off, tidak ada satupun sektor ekonomi yang baku untuk semua negara maju (negara yang bisa menciptakan pembangunan ekonomi). makanya, suatu negara sedang berkembang sulit menyesuaikan tingginya paritas daya beli produksi di negara-negara maju, pada level ini, Rostow menganjurkan negara berkembang tsb harus fokus terhadap pengembangan leading sector.

Quote:


oh analogi bankir emas ya?
itu mungkin teori konspirasi. sebenarnya kisah analogi tsb lebih tepatnya mengkritik mazhab merkantilisme daripada mengkritik bank. bankir dalam cerita tsb mewakili merchants abad 16-17. emoticon-Big Grin
zaman sekarang emangnya masih ada bank memakai cadangan emas (yang berdasarkan narasi cerita tsb emas fiktif)? kalo sekarang pake sistem devisa.
Diubah oleh tyrodinthor
Halaman 87 dari 91


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di