Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gibbleAvatar border
TS
gibble
Pesawat New Horizons yang Mampir di Pluto Ternyata Pakai Prosesor PlayStation!
Pesawat New Horizons yang Mampir di Pluto Ternyata Pakai Prosesor PlayStation!
Sudah melihat gambar detail dari Pluto? Mungkin banyak dari kamu yang tidak menyangka, bahwa pesawat New Horizons yang digunakan untuk misi tersebut ternyata menggunakan prosesor dari PlayStation!

Seperti yang sudah kita tahu, minggu ini dunia astronomi mendapatkan kejutan yang luar biasa dari salah satu pesawat luar angkasa yang dikirimkan oleh NASA, New Horizons. Untuk pertama kalinya sejak diluncurkan tahun 2006 lalu, pesawat New Horizons akhirnya sampai di Pluto dan mengirimkan gambar detail pertamanya. Namun tahukah kamu, bahwa pesawat ini ternyata menggunakan prosesor salah satu konsol paling laris sepanjang masa, PlayStation lho!

Ya, prosesor yang berhasil membawa pesawat New Horizons hingga mencapai planet Pluto ternyata sama dengan prosesor yang ada di PlayStation (PlayStation generasi pertama, alias PSX!) yang biasa kamu gunakan untuk memainkan Final Fantasy VII ataupun Tales of Eternia! Jika di PlayStation dulu prosesor yang memiliki nama asli MIPS R3000 dan berkekuatan 32 bit ini digunakan untuk menjalankan game-game favorit kita, maka di pesawat New Horizons prosesor tersebut menjalankan tugas-tugas yang lebih berat seperti memonitor sensor dan mengirimkan data dari planet yang jaraknya 7.5 miliar kilometer dari bumi ini.
Spoiler for Psx:


NASA sendiri bukan pertama kalinya menggunakan prosesor “jadul” sebagai kekuatan utama pesawat luar angkasanya. Sebelum ini, mereka menggunakan prosesor IBM keluaran tahun 2002 untuk membuat proyek pesawat Orion yang ditargetkan bisa membawa manusia menjejakkan kaki di Mars suatu saat nanti. Tentu saja, prosesor-prosesor ini tidak serta merta langsung dipasang, karena harus di-tweak terlebih dahulu agar bisa digunakan untuk bermain game -eh menjalankan tugas-tugas yang berat di luar angkasa sana.

NASA sendiri mengungkapkan alasannya mengapa menggunakan prosesor jadul sebagai tulang punggung pesawat-pesawat mereka ini. Mereka menganggap bahwa prosesor-prosesor tersebut lebih tahan banting. Mengingat luar angkasa adalah sebuah lingkungan yang “keras”, tentu reliability lebih penting dibandingkan dengan kecepatan proses prosesor tersebut. Tentu mereka tidak ingin, sudah susah-susah meluncurkan pesawat New Horizons dan menunggu bertahun-tahun, eh pesawat tersebut tiba-tiba rusak di tengah perjalanan…
Spoiler for Pluto:


Sebagai catatan, pesawat New Horizons sendiri diluncurkan pada Januari 2006 dan mulai mengirimkan gambar detail dari Pluto pada tahun 2015 ini. Jika dihitung dengan pertama kali PlayStation dirilis, artinya prosesor tersebut bisa bertahan sekitar 20 tahun alias dua dekade. Wow!

Jadi, apakah ini membuktikan bahwa PlayStation generasi pertama jauh lebih tahan banting dibandingkan PS2, PS3 atau PS4? Hehe..
Spoiler for Sumur:
0
2.1K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan