Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

excelcior23Avatar border
TS
excelcior23
Melindungi Hewan Peliharaan dari Pesta Kembang Api dan Petasan
No Repsol
Spoiler for :


Mungkin bagi beberapa manusia (mungkin lho ya..), suara petasan dan kembang api tidaklah terlalu menakutkan, tapi bagaimana dengan hewan peliharaan seperti Anjing, Kucing dan Kelinci yang ada didalam rumah ? dua yang saya sebut didepan adalah notabene punya indera pendengaran yang lebih tajam ketimbang manusia. Lalu jika agan berbaik hati mau mempresepsikan diri sebagai hewan-hewan tersebut, sejauh apa penderitaan mereka ??

Sekedar analogi saja, misal perbandingan kepala manusia dengan kucing itu 1 : 7 sekarang kamu coba raba bagaimana kondisi jantung kamu apabila punya telinga yang 7 kali lebih lebar dari sekarang ditambah saya ( dengan bangga emoticon-Ngakak (S)) nyalakan petasan dengan jarak 5 -10 meter didekatmu ??

Begitulah cara kita (manusia) belajar berempati, belajar bagaimana merasakan apa yang dirasakan manusia/hewan atas tindakan kita. Terlebih bagi yang masih Kitten, Puppies (belum genap 1 tahun) tentunya ini adalah tahun pertamanya mereka tersiksa beberapa jam lantaran ‘ritual pesta tahunan’ tersebut.

Thread ini ditulis H-2 sebelum Lebaran 2015 dalam kondisi disekeliling rumah saya sedang ramai orang “membakar uang” demi sebuah kepuasan sesaat sambil melindungi kucing-kucing dirumah, jadi emosinya bakal dapat nih. Tips yang bakal diuraikan berdasarkan pengalaman dan referensi berbagai sumber ini juga bisa diterapkan pada setiap Pesta Perayaan Pergantian Tahun Baru.


1. Masukan Ke Dalam Rumah Setelah Hari Gelap
Spoiler for :

Orang mulai menyalakan petasan itu umumnya menjelang petang sampai pagi ,meski tidak menutup kemungkinan disiang harinya juga , tapi sebagai patokan pastinya alangkah lebih baik Sobat Meongers memasukan kucing-kucingnya sebelum petang. Pastikan mereka semua ada didalam dari sore hingga pagi esoknya dan tutup semua pintu, jendela, tirai dan semua akses lubang yang bisa membuat mereka keluar lagi. Kenapa hal ini harus dilakukan ?
Kucing jika sedang ketakutan oleh kembang api dan petasan mereka bisa berlari tanpa kendali. Hal itu akan berbahaya jika didekat lalu lintas yang sedang ramai, mereka juga kalau sedang panik bisa naik kelokasi yang lebih tinggi (pohon/bangunan) untuk menyembunyikan diri hingga tanpa sadar mereka tidak mampu untuk turun kembali (terjebak diatas). Disamping itu berada didalam rumah bisa sedikit meredam suara yang mengagetkan dari petasan dan kembang api sehingga mengurangi resiko terkena stress yang bisa berdampak pada kesehatannya.

2. Ajak Bermain di siang Hari (ekstra)
Spoiler for :

Fungsinya agar pada malam hari kondisi badannya sudah letih sehingga mudah untuk tidur dengan lelap. Apabila dihari biasa kamu hanya meluangkan waktu sekitar 5-10 menit bermain dengan mereka, khusus untuk mencegah stress dimalam harinya kamu setidaknya perlu bermain dengan ekstra waktu tambahan sekitar 15-20 menit disiang atu sore hari agar mereka benar-benar capek.
Itu demi kebaikan hewan peliharaan kita. Khusus bagi pemilik anjing, kamu bisa mengajaknya berjalan-jalan dengn route yang lebih jauh. Hanya saja pastikan rute yang akan kamu tempuh tersebut bebas dari ancaman bunyi petasan atau mendadak ada kembang api roket yang meluncur tepat diatas kepala anjing seingga akan mengagetkan mereka.

3. Jangan Tinggalkan mereka
Spoiler for :

Mungin kamu akan tergoda untuk melihat pemandangan diluar. Silakan saja dilakukan kecuali kalau ingin melihat kucingmu menjadi lebih stress akibat ditinggal “kucing besarnya” dalam kondisi seperti ini (ketakutan,panik, kaget). Mereka itu tidak bisa sendirian mengatasi suara-suara yang tidak biasa dan hiruk-pikuknya keadaan disekitar ( ingat lho, indera pendengaran mereka lebih tajam dari kita). Kehadiran kita sebagai ownernya sangat dibutuhkan oleh mereka sebagai media “mengamankan diri,pengayom, pemberi ketenangan” yang sedang takut dan bingung dengan situasi diluar.

Saat mereka sedang mencari kenyamanan entah itu dengan bersandar diperutmu, meringkuk dipojokan dan yang lainnya kamu sebisa mungkin tunjukan sikap wajar dan tenang sehingga dalam pandangan kucing situasinya sekarang sudah tenang dan aman, meski khawatir itu tetapi hal itu bukan sesuatu yang harus ditakuti. Jikapun harus pergi karena ada keperluan yang tidak bisa ditinggalkan alternatifnya kamu bisa menyetel radio/musik dengan kencang didalam ruang kamarmu (penjelasan ada di point 4) namun perlu dipertimbangkan kembali efek yang terjadi dengan tetanggamu.

2 Point [penting] yang masih tersisa bisa baca selengkapnya dihttp://bit.ly/1ObbEQy
Diubah oleh excelcior23 15-07-2015 01:48
0
2.9K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan