CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Manusia Zaman Dahulu Besar? Empat Alasan Meruntuhkannya;
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5350ac2c0f8b4669658b477c/manusia-zaman-dahulu-besar-empat-alasan-meruntuhkannya

Manusia Zaman Dahulu Besar? Empat Alasan Meruntuhkannya;

Tampilkan isi Thread
Halaman 38 dari 50
wallahu a'lam
sama sama gatau. yg bilang ada gapernah liat juga. yg bilang g ada gapernah ngecek beneran juga.
Quote:

Bisa belajar untuk memaksakan generalisasi tanpa memahami struktur?
Ikan laut dalam diantaranya memiliki tubuh yang keras, berbeda dengan ikan laut dangkal yang tubuhnya lembek. Itu salah satu bentuk adaptasi mereka terhadap tekanan air yang besar. Adaptasi lain misal minimnya rongga tubuh macam kandung kemih. Atau memiliki bentuk tubuh yang meminimalisir tekanan air yang mereka alami.

Lalu apa adaptasi manusia raksasa untuk menyangga beban yang jauh berkali lipat dari yang mampu disangga struktur hominid bipedal mereka? Jangan ajukan alasan konyol macam 'tulang jadi lebih kokoh dan tebal' atau sejenis emoticon-Ngakak (S)

Salah satu adaptasi makhluk raksasa (bukan manusia) adalah dengan berwujud berkaki empat, atau dengna bergerak dengan kepala sejajar atau lebih rendah dari pinggul. Itu agar distribusi berat tidak lurus ditanggung tulang punggung, pinggul dan kaki seperti hominid bipedal. Dan ini adaptasi yang gak bisa dilakukan hominid bipedal - struktur tubuh mereka amat berbeda.
Diubah oleh shinhikarugenji
Quote:


Kenapa agan mengatakan tukang menjadi lebih kokoh gak mungkin?
Toh sudah terbukti ikan mampu beradaptasi dari hidup di tekanan atmosfir menjadi mampu hidup di tekanan super tinggi??
Itu sudah menjadi bukti bahwa mekanisme adaptasi bisa menjadikan tulang menjadi lebih kokoh?

Agan mengatakan bahwa struktur bipedal gak akan bisa menahan beban yg lebih berat..bisa agan tunjukkan detail perhitungannya? Bukan cuma katanya?
Quote:

Adaptasi ikan laut dalam berbeda dengan sekedar adaptasi rangka.
Adaptasi itu sudah membuat ikan laut dalam amat berbeda dengan ikan laut dangkal.

Tulang menjadi kokoh? Mungkin saja.
Tapi itu takkan menolong jika tinggi manusia menjadi 15 kali lipat.
Kenaikan kekuatan struktur gak sebanding dengan kenaikan bobot yang harus ditanggung

Quote:

Pakai logika sederhana saja.
Agan kira tulang kalsium bisa menyangga bobot ratusan ton jika beban yang harus disangga itu lurus - bobot atas disangga penuh oleh struktur di bawahnya? Pernah belajar soal distribusi beban?

*Tolong pakai logika, bukan ego emoticon-Smilie
Quote:


Kenapa gak bisa gan??
Asal penampang dari penopang nya cukup besar ya sehingga distribusi tekanannya jadi lebih kecil ya gak masalah..
Sebagai contoh jika ikan mampu hidup di tekanan 400 bar..atau 400 kg/cm2..
Untuk menahab beban 100 ton..dibutuhkan luas penampang 250 cm2..
Itu hanya setara dengan 2 kaki dengan diameter kurang lebih 15 cm..
Quote:

Hitungan proaktis begitu mah gak bisa dipakai.
Lha, ikan apa kulit atau sisiknya jadi bertambah sekian kali lipat sebanding kedalaman untuk menahan tekanan air? Gak.
Dan jika penampang tulang bertambah, maka beban yang harus disangga rangka di bawahnya juga makin bertambah. Ada titik dimana penambahan penampang justru akan menjadi beban alih-alih menambah kekuatan struktur. utamanya saat struktur makin tinggi.

Atau jangan-jangan wujud manusia raksasa itu mirip piramida? Badan atas kecil, tapi badan bawah besar dan kakinya macam kaki gajah, gemuk dan pendek? emoticon-Ngakak (S)
Quote:



Lho bukannya bebab 100 ton an sekian kata agan itu sudah termasuk berat rangka??
Misalkan tinggi manusia 27 m..dengan alas tulang sebesar 1 cm2 maka volumenya hanya 27/10000 m3..kalau berat jenis tulang katakanlah 3000 kg/m3 (asumsi sama dengan berat jenis batu) berat tulang itu hanya 90 kg.. padahal tadi kita asumsikan seperti ikan yg sanggup hidup di tekanan 400 bar..beban yg bisa ditanggung tulang adalah 400 kg/cm2...jadi penambahan diameter tulang gak akan menimbulkan penambahan beban berlebihan.. kecuali tingginya dah diatas 100 m..

Kenapa harus mirip piramida..agan lihat bangunan gedung bertingkat..apa memerlukan fondasi seperti piramida agar bisa kokoh berdiri?

Agan lihat roda pesawat terbang yg berfungsi menahab beban pesawat ketika landing. Secara fisik jauh lebih kecil dari pada tubuh pesawat secara keseluruhan kan??
Quote:

Ratusan ton.
Bukan sekedar 100+ ton

Quote:

Lagi-lagi pakai hitungan praktis yang malah kelewat praktis?
Pakai square cube law itu sudah mencakup kondisi dimana proporsi raksasa sama dengan proporsi manusia normal.
Kalau massa tulang tambah gede, berarti bobotnya jauh lebih besar lagi.Dan jangan pakai sembarang hitungan, seperti nilai kekuatan tulang suka-suka lu. kalau diterapkan di bangunan, yang begini bikin bangunannya runtuh sebelum kelar dibangun. emoticon-Nohope

Dan beban itu ada macam-macam. Kita gak bicara beban 1 tulang doang. Kita bicara struktur, dimana beban yang ditanggung berbeda bergantung distribusi beban.

Quote:

Ini lagi...
Gak tahu beda struktur bangunan dan struktur rangka manusia?
Andai bangunan bisa bergerak ke mana-mana, perhitungan struktur rangkanya harus direvisi besar-besaran.
itu baru satu faktor, padahal struktur bangunan saja beda-beda, bergantung perhitungan bentuk dan tinggi bangunan juga.

Quote:

Dan agan kira distribusi beban yang ditanggung rodanya gimana?
Cuma bergantung pada kekuatan masing-masing roda doang?
Agan kira struktur rangka dan badan pesawat itu sendiri gak menyokong?

padahal sebelum ini juga sudah dibicarkan kalau distribusi beban untuk binatang berkaki 4 aja beda dengan hominid bipedal, ni analoginya makin lama makin ngawur emoticon-Cape d... (S)

Sekali lagi, jangan pukul rata semua struktur hanya berdasar asumsi suka-suka. emoticon-Cape d... (S)
Quote:


emangnya manusia raksasa versi agan itu mirip pesawat? badanya horizontal trus kakinya terbuat dari ban pesawat?
Begitu sulitnya memberi tahu bahwa distribusi beban pada hominid bipedal (yang mana beban tubuh atas lurus dibebankan ke tubuh bawah) amat berbeda dengan makhluk macam brachiosaurus (leher panjang dan badan disangga 4 kaki) atau dinosaurus theropod (kepala menjulur ke depan sejajar atau lebih rendah dari pinggul yang diseimbangkan dengan ekor yang panjang.
Quote:


Massa jenis berkurang 90% tapi volume tetap setinggi 27 m ?

Selamat, agan akan dapat balon, atau paling tidak spons emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Walaupun sy bukan teknik sipil tapi bisa dengan mudah memahami distribusi beban.

Misal kalau jalan mendaki gunung badan akan cenderung ke depan, dengan itu beban yang ditanggung tubuh berkurang sehingga dapat lebih mudah untuk jalan.

Coba aja jalan naik gunung tapi badan tetap tegak emoticon-Ngakak (S)
Gan ane jadi tertarik sama yang lain jadinya,
Klo buaya itu denger2 leluhur ya punya ukuran 3 kali lipat dr buaya skrg, yg klo ga salah fosilnya di temukan di Afrika utara, nah ada kemungkinan gasih klo cuma 3 kali lipat ukuran manusia sekarang itu jaman dulu ada? Misalnya skrg manusia rata2 180cm jd jaman dulu ukurannya 540cm kira2 setinggi fly over....kalo ga mungkin juga, apa sih yang menyebabkan kalo binatang dengan bentuk seperti buaya besar itu dapat ada di jaman dahulu sedangkan manusia tidak?
Quote:


yg di netgeo ya? it kan serial documenter.
Quote:


ok gan. coba gw cari.. thanks
Quote:

bertubuh raksasa? Nope.
Alasan? Struktur rangka.
Untuk hominid bipedal seperti manusia, struktur rangka mereka membuat beban tubuh atas dibebankan ke tubuh bawah secara penuh. beda dengan hewan berkaki empat, atau dengan bipedal non hominid seperti dinosaurus theropod.
Quote:


Genre Sci-Fi yang berusaha dibuat seilmiah mungkin namanya adalah Hard Science Fiction. Film Hard Science Fiction dibuat sambil berkonsultasi dengan ilmuwan-ilmuwan ternama, contohnya film Interstellar yang dibuat sambil berkonsultasi dengan fisikawan Kip Thorne. Meski film Hard Sci-Fi kadang juga bertema sains "spekulatif" yang masih belum terbukti saat ini seperti mesin waktu, parallel universe, dll. tapi tetap mengikuti hipotesis ilmuwan.

Daftar Hard Sci-Fi:
- 2001: A Space Odyssey (1968)
- Solaris (1968)
- The Andromeda Strain (1971)
- Silent Running (1972)
- Stalker (1979)
- 2010: The Year We Make Contact (1984) — sequel to 2001
- Contact (1997)
- Gattaca (1997)
- Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)
- Primer (2004)
- Children of Men (2006)
- The Man from Earth (2007)
- Moon (2009)
- Robot and Frank (2012)
- Gravity (2013)
- Her (2013)
- Interstellar (2014)
- Ex Machina (2015)

sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Hard_science_fiction

Kalau di bawah ini adalah daftar film-film Sci-Fi yang kurang ilmiah, jadi bukan tergolong Hard Sci-Fi, banyak kesalahan ilmiah pada ceritanya karena tujuannya menghibur bukan mengajari sains:
- Jurassic park
- Terminator
- Star Wars
- Star Trek
- Planet of the Apes
- Avatar
- Semua Film Sci-Fi Marvel (Spiderman, Iron Man, X-Men)
Diubah oleh omniverse
Quote:


wkwkwkwkk. semoga si naganaga sadar dimana letak logical fallacy nya. jangan mentang-mentang manusia dan gedung sama-sama berdiri tegak lantas main sembarang compare gitu. arsitek amatir juga bakal ngakak liat kalkulasi analogis kayak begitu gan. emoticon-Nohope
Semua teori sains dan biologi dapat dijelaskan tanpa memasukkan unsur "Roh". Jadi "teori roh" itu redundant..
Quote:


Ok gan, cari donlotan nya dulu.. Thanks untuk referensi nya.
Halaman 38 dari 50


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di