BillyBoenAvatar border
TS
MOD
BillyBoen
Mengenal Tugas CEO Lebih Dalam
Banyak orang yang mau jadi CEO tapi ngga mau ngerjain apa yang CEO seharusnya kerjain. Kok bisa? Emang kerjaan CEO apa sih? Kenapa banyak orang mau jadi CEO? Emangnya jadi CEO gampang dan enak?

Jadi CEO itu ngga mudah sama sekali. Ngga usah jadi CEO yang harus mimpin belasan, puluhan, ratusan atau ribuan orang, mimpin 2 orang aja ngga gampang. Ini saya rasakan sendiri ketika saya baru lulus kuliah dan kerja di Nike, disuruh mimpin 4 orang staff. Wah rasanya kayak lagi di "neraka", mau mampus rasanya. Kok mimpin 4 orang aja susah? Ya jelas susah.. 4 orang ini yang satu 6 tahun diatas umur saya, yang 2 8 tahun di atas umur saya, dan yang satu lagi 10 tahun diatas umur saya. Tapi bukan itu alasan kenapa susah memimpin mereka ber-4. Tapi lebih karena memang semua orang ngga bisa kita samaratakan. Mereka lahir dari keluarga yang berbeda latar belakang, memiliki value-value keluarga yang pastinya berbeda. Cara mereka dibesarkan pun berbeda.

Trus kalau cuman mimpin 4 orang aja susah, kok banyak anak muda yang mau jadi CEO? Karena keren sematakah? Atau karena kalau jadi CEO itu duitnya pasti banyak?

Yang terbayangkan banyak orang yang ingin (dan belum pernah) jadi CEO adalah, ketika nanti jadi CEO, pasti seru, karena yang dipikirin hanyalah strategi bisnis; baik strategi marketing, sales, business development, dan lain-lain. Mau tau kenyataannya? Menurut survey dunia dan dari sebuah buku yang saya baca (dan saya rasakan sendiri), 60% waktu seorang CEO itu dihabiskan untuk memanage orang! Jadi hanya maksimal 40% yang dipakai untuk memikirkan strategi bisnis. Apa maksudnya memanage orang? Ya, memimpin tim.. dan ini termasuk ngurusin si A ngga cocok dengan si B, si C kinerjanya ngga bagus, si D yang kerjanya bagus malah resign, si E yang masih orang baru dan perlu dibimbing, dan seterusnya. Yes, ngga gampang sama sekali, dan sangat sangat sangat melelahkan.

Itulah kenapa menurut saya, seorang CEO itu harus punya 2 hal yang harus dekat dengannya. 1) Gadget yang sesuai kebutuhannya. 2) Personal Assistant/Secretary. Dan kedua hal ini harus saling nyambung banget setiap saat. Semua hari-hari saya selalu diatur oleh PA saya dan gadget saya (Samsung Galaxy Note Edge). PA saya yang ngatur semua meeting saya, baik meeting external maupun koordinasi tim di internal; yang mana, semuanya langsung tersambungkan ke genggaman saya via gadget saya itu.

CEO harus punya PA yang hebat untuk biar dia bisa 'hebat' juga kerjanya. PA yang hebat adalah PA yang bisa mengatur jadwal CEO-nya, bisa diandalkan untuk ngeset meeting dengan pihak lain, sangat organized dan teliti. Saya bersyukur saat ini saya memiliki seorang PA yang cekatan dan memiliki karakater PA yang baik seperti yang saya sebutkan di atas. Seorang CEO juga harus punya gadget yang bisa ngebantuin pekerjaannya. Gadget yang saya pilih ini ada pena-nya, jadi saya bisa corat coret email, draft kontrak, sampai meng-approve design yang diemail ke saya.

Balik ke soal memanage orang, yang harus diperdalam terus oleh seorang CEO adalah leadership dan management skill-nya, termasuk communication skillnya. Saya pernah dengar dan setuju bahwa leadership is an art. Kepemimpinan adalah sebuah seni. Ngga ada bakunya, dan dari waktu ke waktu 'seni kepemimpinan' ini berkembang terus. Ngga ada ujungnya, alias susah-susah gampang.

Masih mau jadi CEO? Masih yakin bisa jadi CEO yang hebat? Kalau Agan cuma mau ngebahas marketing strategi, jadilah CMO atau Marketing Direktur/Manager. Ingat, jadi CMO atau Marketing Direktur/Manager juga tetap harus belajarin kepemimpinan loh. Apakah habis baca tulisan ini Agan jadi semakin yakin mau jadi CEO? Atau malah jadi galau? Semoga ngga jadi galau ya.

Supaya nanti pas jadi CEO bisa jadi CEO yang hebat, yuk belajarin 'seni kepemimpinan' dari sekarang. Jadi nanti pas dihadapkan ke 60% waktu CEO, Agan udah pada jago.

See you ON TOP!
@BillyBoen

Founder & CEO, PT. YOT Nusantara - @youngontop
Co-Founder & Managing Partner, PT. Generasi Digital Internasional - @GDILab

Website: http://www.youngontop.com | http://www.yotnusantara.com
Facebook: /youngontopYOT
Instagram: @youngontop

***download gnews, twitter search engine di Google Play untuk perluas wawasan Agan. FREE!
***buat CV berstandar internasional di CV.youngontop.com sekarang. Bisa didownload, email, print untuk lamar kerja. FREE!
0
80.2K
476
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan