ahmad.syafei63Avatar border
TS
ahmad.syafei63
KENAPA ADA SELALU ADA BUSA DI ATAS KOPI ?







Aneh, Kenapa Selalu Ada Busa di Atas Kopi?
Ini dia penjelasanya....

Siapa nih dari agan- agan yang paling suka minum kopi? Selain sehat jika dikonsumsi secara cukup setiap harinya, minuman yang satu ini juga seperti pembangkit semangat bagi sebagian orang. Wajar saja, kalau sekarang banyak yang menggemari minuman berwarna hitam ini.
Tapi, kenapa sih tiap kali meminum kopi selalu ada lapisan busa yang menggumpal di atas permukaannya? Bisa jadi agan belum tahu alasannya. Ya, busa kopi ini adalah hasil dari reaksi kimia yang terjadi dari proses pembuatan kopi tersebut dan dikenal dengan istilah bloom.emoticon-Belo

Berawal dari proses roasting atau pemanggangan yang menyebabkan gas CO2 terperangkap di dalam tiap biji kopi. Nah, ini kenapa agan akan menemukan sebuah lubang yang juga disebut valve pada kemasan kopi yang berfungsi sebagai tempat keluarnya CO2 dan mencegah oksigen masuk.


Ketika bubuk kopi diseduh, gas CO2 yang terperangkap di dalam biji kopi akan terlepas dan menimbulkan busa pada permukaan airnya. Ini dia yang disebut proses ekstraksi.

Lalu, apa sih fungsinya? rupanya gelembung busa itu berfungsi sebagai indikator segar tidaknya kopi yang agan minum. Yap, semakin banyak busa kopi yang ada berarti kopi tersebut masih baru atau segar. Intinya, lama tidaknya proses roasting jadi kunci seberapa banyak gas CO2 yang terperangkap dalam kopi.

sekian...
thanks kaskusemoticon-Shakehand2
0
9.3K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan