CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Penjelasan MENAKER Perihal JHT BPJS Baru Bisa Diambil Penuh di Usia 56
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55950a47925233532f8b4568/penjelasan-menaker-perihal-jht-bpjs-baru-bisa-diambil-penuh-di-usia-56

Penjelasan MENAKER Perihal JHT BPJS Baru Bisa Diambil Penuh di Usia 56

Tampilkan isi Thread
Halaman 19 dari 96
Quote:



Nah tu dia gan. Masih ada lg dana karyawan yg baru 1 tahun kerja dh keluar. Trus males ngurusin nya lagi. Mo kemana duitnya tu?
Quote:


nah ini komen dari de*ik


Byk yg ga tau klo UU soal ini terbit sejak 2011
yg kena beban harus melaksanakan ya pemerintah sekarang..
soalnya di UU itu tertulis "paling lambat dilaksanakan 1 Juli 2015"
Mungkin kalo peraturan dahulu 10th bisa dicairkan full ya kurang banyak dapat bunga uangnya brooo orang2 atas emoticon-Ngakak
Pemerintahan oooopppooo iki.. Cok..
Simple sebenarnya...biar pemerintah ada uang mengendap dan bisa diputar dulu untuk keperluan lain ditambah dapat untung dari suku bunga uang endapan itu hihihi
Quote:


http://m.detik.com/finance/read/2015/07/02/204956/2959096/5/mengurai-manfaat-di-bpjs-ketenagakerjaan-selain-jht

baca tuh link!
Lah, dari namanya aja Jaminan Hari Tua. Ya emank seharusnya untuk masa tua nanti. Ngapain juga diambil tiap 5 tahun sekali atau 10 tahun sekali.
Kalau mau yang bisa diambil 5 tahun sekali mah bukan Jaminan Hari Tua hitungannya, tapi masukin aja ke bank atau ikutin investasi.
Kalau Jaminan Hari Tua nya di ambil terus tiap 5 tahun atau 10 tahun, tar pas di usia tidak produktif atau di pensiunkan, udah gak ada uang lagi. Trs untuk kehidupan sehari-hari yang dulunya mungkin berharap dari gaji bulanan, giliran pensiun bingung duit dari mana klo gak ada Jaminan Hari Tua.

gw cerita pengalaman kakek nenek gw aja deh.
Kakek dan nenek gw dulu itu guru dan dosen yang punya gaji bisa dibilang gak gede2 banget, bisa dilihat kehidupan guru dan dosen tahun 60an sampai 90an seperti apa (guru dan dosen di daerah timur indonesia). Kakek gw pernah ngeluh karena katanya dulu gaji dia selalu di potong untuk dana pensiun dan askes selama dia mengabdi sebagai guru sampai usia 55 tahun, bahkan diminta untuk terus mengajar sampai usia 70 tahun. Sekarang dia udah gak mengajar, tinggal duduk-duduk aja di rumah tiap bulan dapat setidaknya 5 juta tiap bulan. itu baru kakek, belum nenek yang juga dapat dana pensiun kurang lebih sama. 10 jt per bulan untuk sepasang suami istri (anak sudah tidak di tanggung lagi), apakah itu nominal yang kecil? Tidak. Dari mana uang itu berasal ? Dari potongan yang di ambil (disimpankan oleh negara) selama mereka berdua mengabdi sebagai guru dan dosen. Bagaimana bila tidak ada potongan yang di ambil (disimpankan oleh negara) tersebut ? Berharap uang dari anak-anak mereka yang mungkin gaji sebulannya aja gak sampe 10 juta dan juga harus keluarga kecil nya sendiri ? Bisa sih bisa, tapi tidak sama dengan dana pensium yang mereka dapat itu. Ya mungkin untuk dana pensiun dan Jaminan Hari Tua tidak sama, tetapi kan fungsi nya setidak nya kurang lebih sama. Sama-sama bisa digunakan saat sudah tidak bekerja atau memasuki usia yang dianggap tidak produktif lagi.

point-nya adalah Jaminan Hari Tua itu fungsinya ya seperti namanya, untuk menjamin saat kita tua nantinya, bukannya jaminan untuk 5 tahun atau 10 tahun trs di ambil semua. Memang uang yang di Jaminan Hari Tua itu adalah hak kita yang dikelola oleh negara (melalui BPJS). Entah itu saat kita tua nantinya Jaminan Hari Tua itu diambil sekaligus atau dipakai sesuai kebutuhan hidup sehari-hari itu tinggal kebijak masing-masing pribadi untuk mengelola uangnya.

Jujur ane tipe orng yang susah untuk disuruh menabung, Jadi kalau ada sistem yang seolah-oleh memaksa ane untuk menabung untuk suatu tujuan (dalam hal ini untuk masa tua ane), Setidaknya bisa tenang karena pas nanti tua ada uang lah.

Maaf kalau ada yang tidak setuju dengan pendapat ane.

note: jangan anggap semua pensiunan PNS guru dan dosen punya dana pensiun sama dengan kakek nenek gw. Itu semua tergantung golongan berapa mereka semasa mereka pensiun.
Quote:


cantumin petisi ini dong gan..
di page one.. biar pada liat

https://www.change.org/p/bpjstkinfo-hanifdhakiri-humasnaker-jokowi-batalkan-kebijakan-baru-pencairan-dana-jht-minimal-10-tahun
Quote:


ini nitip juga

http://m.detik.com/finance/read/2015/07/02/204956/2959096/5/mengurai-manfaat-di-bpjs-ketenagakerjaan-selain-jht
bener kata bos gw tdi.. era jokowi ruwettt
bener bener memaknai jaminan HARI TUA emoticon-Big Grin
yah elah.. kburu inflasi.. klo misal skrng umur 21 mulai kerja.. nah tar umur 56 thn msh 36 tahun lg ikut orang... itupun klo masih kerja...

nilai uang sejuta skrng gk mungkin genep sejuta 36 tahun lg... emoticon-Ngakak

lucu nih menteri ngaturnya.. uang2nya siapa... yg kerja siapa.. yg cape siapa.. main pinjem2 aja hasilny..
kbijakan tsebut bs dbilang "menabung paksa" krn tidak disosialisasikan saat uang pegawai mulai dpotong..
jd wajar byk org kecewa saat uang mereka udh 'masuk' seakan tdk bs kluar lg smp batas waktu yg dtentukan..
Klo mentri bilang PHK= Pesangon.. buka mata pak, ap karyawan outsourcing dpt pesangon?!

jgn mbandingkan kbijakan luar negri dgn ap yg tjadi dtanah air.. jauh cuy!
smoga pemerintah/ bapak mentri ingat.. ITU HAK ORG LHO, KERINGAT MEREKA AD DSITU

#Eh ngmeng ap c gw
satu kata demooooo , gila baru cair umur 56th, kartu bpjs dan surat keterangan kantor uda pasti ilang2an kalo kt uda gak kerja lg umur 45th dan harus nunggu 11th baru cair..taktiknya nipunua canggih
Quote:



Kalo ini ane setuju bro. sebaiknya peraturan ini berlaku bagi yang masih aktif bekerja. Kalo ga kerja lagi, bisa dicairkan dananya buat dimanfaatkan sebelum koit..hehehe
Quote:


maklumin ajalah, nanti juga mereka yg malu sendiri
Quote:


jgn suka manas2in klo agan ga terlibat di dalamnya...
Hadeh, bkin kbijakan yg bru lg, yg dlu aja klo dijalankan sesuai aturan yg brlaku aja yakin pekerja pasti terjamin, ini aturan yg lama blum dijalanin spenuhnya udah bwt aturan bru lg.
Yakin ujung2nya bkalan semrawut n ribet kyk bjsk kesehatan...
Itu duit iuran kan nggak ada bunganya, sementara BPJS bisa aja muterin tuh duit sampe berkali lipat dalam kurun waktu hingga si pemilik mencapai usia 56 tahun.
Quote:


ente kecewa pilih presiden emoticon-Cool
Halaman 19 dari 96


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di