Pada tahun 2013 tepatnya bulan November saya memutuskan untuk membeli Sony Experia ZL dengan harga Rp. 4.999.999,- (IMEI 355387051138XXX) saya membelinya di Oke Shop Mall Citra Land dengan kartu kredit Mandiri cicilan 12x. Selama 1,5 bulan saya memakai handphone tersebut dalam keadaan baik, kebetulan saya termasuk orang yang apik (cash tidak pernah lebih dari 2 jam, tidak pernah cash sambil telepon) akan barang apalagi elektronik.
Namun pada akhir Desember 2013, handphone saya mengalami sudden death, handphone tersebut bisa dinyalakan dengan kondisi di cash, awalnya saya kira batere saya bocor dan saya coba cash hingga penuh . Setelah itu saya coba pakai lagi, tapi tetap tidak bisa di pakai jika tidak di cash. Karena masih garansi akhirnya saya bawa ke service center yang ada di Roxy.
Pada saat kesana, saya cukup terkejut karena banyak sekali yang antri untuk repair gadget mereka, yang membuat saya terkejut adalah ada orang yang menunggu 5 bulan konfirmasi dari pihak Sony namun nihil. Saya mulai khawatir dengan handphone saya. Banyak dari mereka yang mengalami hal seperti saya beraneka ragam dan satu kesamaannya yaitu mereka menunggu lebih dari 2 bulan. Padahal janji dari pihak Service Center adalah 14 hari kerja.
Saya tidak berprasangka buruk pada saat itu. Kemungkinan kerusakannya berbeda. Lalu 1 bulan kemudian saya mencoba mendatangi Service Center lagi, namun nihil. Kemudian setelah 6minggu saya mencoba sms ke pihak Sony, tidak ada jawaban dan mencpba telepon pun tidak bisa. Pada minggu ke 8 saya datangi ke Service Center lagi. Handphone saya sudah betul. Saya tidak ambil pusing, karena mungkin mereka sibuk karena banyak yang repair.
Kemudian saya kembali ke rumah dan memakai handphone saya seperti biasa, karena saya takut ada kerusakan lagi, saya memakai handphone tersebut lebih hati2. Namun, pada bulan Maret awal, saya terkejut, tiba2 speaker handphone saya tidak bisa digunakan, saya awalnya pikir masalah di tombol suara. Saya pun bertanya teman2 saya, mereka menyarankan untuk bawa lagi ke Service Center, sejujurnya saya sudah malas kesana karena handphone saya pasti akan ditinggal selama 2 bulan lagi.
Tapi saya tidak ada pilihan. Betul saja, hanya gara2 speaker phone saya harus menunggu selama 2bulan. Saya sudah kesal dengan prosedur Sony Service, kenapa harus seperti ini lamanya. Saya khawatir jika spareparts yang diganti bukan parts yang baru. Karena setelah bulan Mei saya menggunakan handphone itu aman2 saja sampai garansi saya habis. Pada bulan Maret 2015. Handphone saya hang lagi, suddendeath jika saya masukan sim card, padahal saya tidak melakukan hal yang membahayakan.
Saya tau bahwa jika garansi habis, saya harus membayar biaya repair nya. Tapi pada saat saya visit ke Service Center atas inisiatif saya sendiri , mereka dengan mudahnya mengatakan bahwa handphone saya harus ganti unit baru dan saya harus membayar 80% dari harga handphone tersebut. Mereka sepertinya tidak mau ambil pusing dan sengaja mark up harga pada saat garansi kita habis.
Saya sangat menyayangkan bahwa merk ternama seperti ini after sale nya sangat tidak sebanding dengan harga barang nya.Jika memang black campaign, mengapa harus customer yang menjadii korbannya? Saya sangat keberatan jika harus membayar 80% dari harga handphone tersebut, sampai saat ini saya masih tinggal handphone saya di sana karena saya tidak puas dengan jawabannya dari karyawannya.
Ditambah mereka sepertinya sudah kebal dengan komplainan kami para korban Sony Xperia. Saya dengan ini sangat mohon untuk mendapat jawaban yang memuaskan serta solusi untuk permasalahan ini. Karena sejak saya mempunyai handphone ini, saya seperti tidak menikmati nya, sudah banyak waktu terbuang di Service Center.
http://inside.kompas.com/suratpembaca/read/48341
http://inet.detik.com/read/2014/05/2...black-campaign
Quote:
Original Posted By xxxhamz►Sangat setuju dengan tulisan di thread ini, saya tau ini bukan black campaign karena saya pernah mengalaminya sendiri.
HP so*y saya hampir setaun di service center dan ketika bisa diambil pun masalah yang saya keluhkan masih terjadi. Jadi harap hati hati saja membeli produknya, berharap produk yang dibelinya awet agar tidak masuk ke service center. Dan ketika browsing pun saya baru tau kalau so*y memakai third party di service centernya, dan di-iya-kan oleh counter camera so*y, karena waktu saya membeli kamera so*y saya sempet bertanya soal after salesnya ke salesnya, dia bilang ga usah khawatir karena service centernya berbeda antara hp dan camera.
Semoga so*y pusat mau meriview lagi after sales mereka dan ga kepedean dengan brand besar mereka sehingga tetap dapat memberikan yang terbaik untuk konsumen.
Quote:
Original Posted By sukase.susu►Bener banget gan. ane sendiri ngalamin hal seperti ini!! bahkan hp ane masih di SSC.
Ceritanya ane beli hp Sony Xperia ZR. sekitar bulan september, disitu ane puas banget sama tu hp, dari bentuk hp, handsfree sampe casan elegan n premium bentuknya. tapi masalah muncul waktu ane make ini hp di air karna emang water resist. awalnya lancar jaya tapi lama kelamaan layar berbayang dan ga sensitif. karna masih garansi ane klaim ke ssc bulan desember. dan bener gan "2 BULAN" hp ane diservice, lebih malah. tp ane terima juga karna ane ga ada hp lagi. ternyata setelah sampai rumah CAMERA SERING FOTO SENDIRI gan!!! ane males banget ke ssc lagi. yaudah ane akalin aplikasi kamera bawaan sony ane nonaktifin jadi make kamera dapet download.
2 minggu kemudian ane ane bawa ke aer lagi ini hp. kenapa, karna ane beli ini hp karna fitur water resistnya masa ga ane pake. gamau rusak lagi ane solatipin tuh tutup jack audio sama jack micro usb nya sampe rapet banget. ternyata ditengah jalan hp ane mati total gan. kesel banget ane gan. yaudah terpaksa ane ke SSC lagi dan ane udah tau ga mungkin bentar service ini hp. ane sabar aja nunggu sampe satu setengah bulan.
setelah satu setengah bulan, ane telfon call center SSC. "INISIATIF SENDIRI KARNA GA ADA KONFIRMASI SAMA SEKALI DARI SSC" setelah sabar ternyata mereka ga tanggung jawab sama kecacatan hp ane. dan seperti agan penulis thread ini ane "DISURUH BAYAR 80% DARI HARGA HP BARU" dengan alasan hp udah dibenerin tapi gabisa bener. jadi harus ganti mesin. kesel banget ane gan. tapi ane tanya lagi ke mba mbanya. "KENAPA HP SAYA GA BISA KLAIM GARANSI? APA ALASANNYA?" dan mba itu gabisa jawab gan! hp ane dibalikin lagi ke jakarta untuk kejelasannya.
mereka seenaknya banget gan minta uang service padahal masih garansi. dikira konsumen indonesia itu bodoh semua kali ya?? ane udah baca itu setiap kata di syarat dan ketentuan garansi nya sony untuk hp water resist. intinya hp tidak boleh terkena air laut, air deterjen dll. hanya air tawar saja dan itu tidak boleh lebih dari 30 menit dan tidak boleh lebih dari 1,5 meter dan penutup jack dan case harus tertutup rapat. ane ga ngelakuin hal hal diatas dan ane udah liat kertas lakmus didalem hp yang nandain hp kemasukan air atau engga, kertas lakmus yang ada di jack audio dan micro usb aman kecuali yang bagian belakang hp. ini jelas produknya cacat bisa tembus air casenya. kalau ane misalnya make air lebih dari 30 menit atau kedalaman lebih dari 1.5 meter air pasti rembes ke 3 kertas lakmus tadi. tapi yang ane cuman satu gan dan itu karna yang 2 udah ane amanin.
jadi ane sebagai konsumen gamau dibodohi oleh perusahaan penyalur produk sony indonesia. dan ane saranin kalo gan punya masalah sama hpnya dan masih garansi terus terusan aja protes gan karna itu HAK KITA SEBAGAI KONSUMEN!
Quote:
Original Posted By thewavemaker►Sama aja kaya ane gan. Sony XPERIA L ane udah 3 kali bolak balik ke sony service centre yg di Roxy. Sekalinya service bisa nunggu sampe 2 - 3 bulanan. Coba aja deh tiap hari sabtu ke sony service centre di roxy, banyak banget orang2 pada bejubel ngantri kaya ngantri sembako
Quote:
Original Posted By BIRUBOY►ane pernah ngalamin kejadian yg hampir mirip..
ane pernah punya sony xperia neo L.. baru pake 4 bln..touchscreennya udah bermasalah

,
padahal ane pakenya juga apik.. gak pernah kebentur apalagi jatoh, hp juga ane pasangin screen guard & case.
jauh2 dari bintaro ane bela2in..bawa hp ane ke sony xperia service centre yg di jkt emang cuma satu disitu..di roxy

,
sampe sana..ane dateng masih pagi jam 10an..antrinya udah gila2an trus tampang cs nya juga jutek gak ramah sama sekali

janji 2 minggu beres akhirnya molor sampe 2 bulan hp ane baru beres

itu juga dengan ane telpon terus ke cs nya hampir tiap hari
begitu hp kelar, langsung ane jual tuh hp.. khawatir ntar kumat lagi touchscreennya.
sedihnya pas ane di service centre..ane ngobrol2 sama org2 yg service..ternyata banyak bgt yg hpnya baru 2 bulan/ 3 bulanan pake udah bermasalah & banyak juga yg masalah di touchscreennya
soriii.. ane skrg udah gak percaya sama produknya..apalagi sama service centrenya

pengalaman ini ane share.. tanpa ditambah2 atau ane kurangi..tp emang kenyataannya gan
thx.
PRO
Quote:
Original Posted By ayokwing►saya juga pemakai merk sony..SSC di indonesia emang terkenal buruk bgt, tpi..ada tapinya....gw service di SSC semarang, g ada 1 minggu jdi...apa mungkin mereka pilih kasih??...beda dgn sodara yg service di jkt, nunggu 4 bulan dan hasilnya g bisa diperbaikin dan diganti unit baru sama sony..4 bulan??..katanya itu batas maksimal repair, klo udh g bisa maka akan diganti unit baru....
beda pengalaman dengan SSC singapore..serba cepatt(kerusakan yg g bisa diperbaiki maks 2 minggu lalu diganti unit baru, bahkan temen cerita 1 minggu udh jadi padahal kerusakan sangat parah), bahkan di singapore, sony merajalela..mungkin karena spek, design bahkan aftersalesnya bagus...jd yg jd permasalahan utama adalah perizinan di indonesia..beli barang 1 bulan sampe, 4 bulan nunggu di bea cukai..mungkin ini yg buat SSC jadi berantakan...tpi anehnya, SC raksasa merk sebelah asal korea kok bisa cepet??...mungkin karena persediaan stok partnya banyak bgt..sedangkan SSC harus dikirim partnya dari JKT ke daerah2, klo abis harus impor dari jepang....
sekian deh uneg2 dari ane, tpi ane g ragu pake ini merk..

..(btw, ane fanboy, tpi juga pake merk buah separuh sama samson)
klo berkenan pejwan supaya temen2 tau..
Quote:
Original Posted By schatzisexy►kalo saya sm istri pengguna sony dari masih kuliah tahun 2008an (symbian os, paling sering fleksiblenya rsk) => (xperia x10,minipro, LWW) ... syukurnya belum pernah kejadian smpe masuk nginep sc nya.. kalo saya sih gak apik orgnya pake hp, apalagi kalo anak sy yg pake waduh, udah dibanting2 itu hp ...
itu xperia x10 kecebur dikali (keadaan nyala) sm orgnya langsung (speaker phonenya doang yg rusak)... yg LWW punya istri sekarang lg mo dijual, soalnya udh expired (touchsreennya cm 60% normal) keseringan dibanting sm anak

...
Sekarang terakhir pake xperia sp (hampir 2tahun) sm c3 (hampir 1tahun) alhamdulillah normal aja walaupun dibanting2 sm anak, cm pake softcase doang tambahan buat hpnya...
ya...intinya sih sony secara kualitas sy bilang bagus (handal), cm case seperti agan sista diatas memang cacat produksi duluan kyknya, ujung2nya pasti keluhannya banyak banget... dan sayangnya pihak So*y kurang respon,
...seandainya unit bisa retur dalam jangka waktu -3bln pemakaian karena suatu hal yang gak lazim,,, pasti tambah bagus nama sm penjualan barangnya ...
Quote:
Original Posted By hakoniwa93►Sesama pengguna Sony ane turut berduka gan
Xperia Z series yg awal itu emang ada penyakitny "sudden death" makanya ane ga jadi beli (padahal demen banget liat modelny)
Karena terlanjur suka modelny ane nunggu sampe generasi z3 dan beberapa bln jalan ga ada penyakitny baru ane beli.. uda Setaun sih ane sangat puas ama ni hp..
Soal service centreny itu emang uda cerita lama gan, apalagi semenjak Berubah nama dari Soner jadi Sony itu tiap hari di forum2 online buanyak banget yg komplen...
Masih mending agan, Hp ny masih sempat selesai... Malah ada yg sampe 6 bulan ga siap2 reparasiny

Quote:
Original Posted By VinzVz►Hp ane juga ZL
Dan masalahnya sama,
sudden death, BSS, dan... Speaker buat ngomong rusak
Klo kecewa sih yah kecewa banget
Ane kmrn 3 bulan lebih nyervis sudden deathnya.
Sampe lupa punya hp ini, masa garansi habis di servis x_x
harga murah notabene sekelas S4 + cashback sejuta + brand sony, siapa yang gak tertarik
Quote:
Original Posted By dekisugi►produk hp sony sebenarnya bagus kok. termasuk high end. forum ponsel luar juga mengakui itu, bukan cuma lokal. kalau cuma masalah komplain, produk lain juga banyak komplain. cuma mereka lsg cepat ditangani oleh service centernya, sehingga isunya gak keluar sampai ke forum2. beda sama ssc, yg kayaknya gak professional banget. ribuan barang bagus bisa tercemar gegara 1-2 komplain yg ditangani scr kampungan.
Quote:
Original Posted By TheLostSoul►
Kalau menurut aku bukan karena itu Gan, karena hampir semua complain ditangani nggak profesional dan sesuai dengan janji mereka. Harga hp Sony nggak murah sama sekali, bahkan harga yang High End sangat mahal untuk ukuran orang Indonesia, tapi after sales service mereka nol besar. Justru orang2 yang complain di surat pembaca dan media sosial tentang buruknya SSC dan kejadian hp bermasalah bahkan sudden death padahal baru beli bukan cuma satu dua, banyak banget. Malah yang complain itu sebenernya hanya sebagian kecil aja, sebagian besar nggak ngerti atau nggak mau repot buat complain terbuka seperti ini. Jadi kasus sebenernya yang muncul di media keliatan nggak banyak tapi sebenernya seperti puncak gunung es.
Agan pernah baca nggak, kaskuser di sini ada hpnya yang baru dipakai sebentar rusak dan akhirnya marah2 karena lama nggak beres2 sampai bisa ketemu salah seorang atasan di sana? Atasan itu bilang kalau keluhan massa tentang SSC adalah Black campaign. Jadi benar kalau mereka menuduh keluhan di media massa ini hanya Black campaign. Kalau aku pribadi, nggak akan gambling beli produk mereka lagi dan harus banyak berdoa nggak rusak hpnya supaya nggak merasakan parahnya SSC lagi. Udah cukup sekali mengalami stres di SSC. Aku pribadi nggak akan beli produk dari perusahaan yang berpikir keluhan pelanggan yang beli produk mereka hanya sebagai Black campaign.
Quote:
Original Posted By nipta1179►saya juga pengguna SONY Xperia Z (waktu beli seharga 7,5juta) yang kecewa dengan layanan after sales sony.
makanya saya ngga mau lagi beli produk sony selama pelayanannya mengecewakan
udah beli hape mahal kelas premium tapi tidak ada benefit dari layanan aftersales nya..
Quote:
Original Posted By fickywuzzhere►bener banget ane nganterin temen ane service xperia z2 dari februari ampe sekarang ga jadi"
cuma benerin magnetic charging yang lepas, pertama dibalikin, eh layarnya malah rusak, setelah itu ampe sekarang ga jadi" hapenya
pernah pas sekali nengokin, cs nya di maki maki sama semua customernya

tetep aja ga ngefek
produk sony sebenernya bagus, cuma aftersalesnya kacau bgt, makanya kalo hape ane rusak beli spareparts sendiri pasang sendiri
kasian temen ane beli hape 7jt, cuma buat di service doang, udah hampir setengah taun
Quote:
Original Posted By blybly2►ane jg beli xperia z3 nov 2014, bulan februari lcd retak tiba2 padahal ga jatuh. akhir februari klaim ke ssc roxy...mereka ga terima garansi, daripada debat kusir yaudah ane putusin bayar aja.
maret 2015 ga ada kabar, april masih belom jg (mungkin ini hp dibenerin di sony jepang langsung), mei 2015 ga ada kabar jg, akhirnya akhir mei ane minta tu hp balik dalam kondisi apapun....bahaya jg kalo dibiarin sampe 2016 keknya.
ane dtg ke ssc roxy total sekitar 3x...alesannya selalu sama 'nunggu sparepart', asem bgt kan...waktu terakhir dtg ane mau murka, udah direncanain dari kantor mau murkanya kek gimana disana, ehh nyampe sana udah 2 bapak2 dengan kasus yg semacem ama ane marah2 jg, sampe nunjuk2 si mbaknya. ane jadi ga tega kalo habis bapak2 itu ane melakukan lg hal yg sama.
akhirnya hp ane ambil dan dibetulin di ambassador, habis waktu sejam dan biaya 1,8jt (di sony 2,3jt) masalah sparepart yg dipake asli atau nggak udah ane pasrahin aja sama yg diatas. dari pada ni barang 8 jt jadi bangke seutuhnya, mending skrg masih ane pake sehari2. walau anti air udah ilang trus sinyal sering agak kurang nangkep. lemah dikit sinyal ilang.
ane bertekad pake ini hp sampe bener2 gabisa dipake, mau dijual di kaskus kasian yg nampung ntar...hehehe
udah cukup sampe sini aja ane beli hp sony. cukup 'puas'
Quote:
Original Posted By Ariony►Gan CS sony muncul di halaman website ane berkomentar.
Saya juga salah satu pelanggan kekecewaan membeli HP SONY saya tulis di sini
http://aribowo.net/pelayanan-service...-sony-x-peria/
Dan disitu ada customer servicenya yang judes koment, serbu aja gan kali aja hp kalian bisa balik tau sendiri kan sony susah kalau ditelp