otonggelemAvatar border
TS
otonggelem
Reaksi juragan kaskus lihat orang ngaskus

Hiburan
Senin, 22/06/2015 08:34
Reaksi Juragan Kaskus Lihat Orang Asyik 'Ngaskus'
Reporter: Nadi Tirta Pradesha, CNN Indonesia
Reaksi Juragan Kaskus Lihat Orang Asyik 'Ngaskus'
Juragan Kaskus: Andrew Darwis (tengah) dan Ken Dean Lawadinata (kanan). (CNNIndonesia Internet/Dok. Andrew Darwis/Twitter)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memulai bisnis dengan modal awal ala kadarnya, Rp70 ribu, siapa pun tak akan mengira kelak bisnis bisa berkembang pesat. Inilah yang dirasakan duo juragan Kaskus, Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata.

Dalam jumpa pers yang diadakan baru-baru ini di kawasan Kebayoran, Jakarta, keduanya berbagi kisah merintis Kaskus. Andrew tak mengira Kaskus mencapai titik ini Dia merasa kesuksesan situsnya seperti "mimpi."

"Dari cuma tugas sekolah, dipakai buat share informasi, jual beli barang, sharing foto dan video, emang enggak pernah kepikiran," kata Andrew. "Sampai sekarang pun masih ngerasa ini bener atau enggak ya."
Lihat juga:
Juragan Kaskus Sundul Mimpi Jadi Inspirasi
"Dulu, saya bikin di laptop sendirian, terus sekarang jutaan orang yang akses. Jadi kalau dibilang mimpi ya mimpi, mudah mudahan jangan sampai kaget kebangun dari mimpi," ujarnya sambil tertawa.

Ken, partnernya dalam merintis situs web Kaskus, justru menyoroti peluang ledakan internet di Indonesia. Ketika keduanya berkuliah di Seattle, AS, Ken lah yang mendorong Andrew kembali ke Indonesia untuk serius menggarap Kaskus.

Semasa kuliah, Ken melihat perbedaan mencolok antara penggunaan internet di Indonesia dan AS. Menurutnya, dulu, penggunaan internet di Indonesia terbilang mewah, karena akses dan kecepatan masih terbatas. Sementara di AS, hampir tiap aspek kehidupan dibantu internet.

"Pas ngobrol sama Andrew, kami mikir ini problemnya adalah kapan internet meledak di Indonesia," kata Ken. Tak ingin melewatkan momen "internet meledak di Indonesia," mereka pun kembali ke Tanah Air dan mulai menggarap Kaskus.

"Kami hadir di waktu yang tepat lah waktu itu," tukas Ken yang kembali ke Tanah Air, pada 2008. Saat itu juga mereka memindahkan semua server ke Indonesia.

"Kami enggak sadar seberapa besar Kaskus di Indonesia. Yang kami pikir: enggak ada lah yang pakai Kaskus," kata Ken. "Kami enggak sadar, waktu itu, orang-orang di sekeliling kami udah pakai Kaskus."

Lalu, Ken menceritakan pengalamannya suatu kali membeli server di pusat perbelanjaan elektronik di kawasan Mangga Dua, Jakarta. "Pas kami beli, mereka nanya, 'Beli begini banyak buat apaan? Emang lu segede Kaskus?'" ujar Ken menirukan ucapan si penjual.

Berbeda dengan Ken, Andrew yang sudah mulai merintis pekerjaan di Amerika awalnya tak ingin kembali ke Indonesia. Menurutnya jika kembali ke Indonesia, dia tidak bisa mengembalikan modalnya untuk berkuliah.
Lihat juga:
Bandung Bersiap jadi 'Silicon Valley' Indonesia
Andrew pun sudah merasa nyaman dengan kehidupannya di Amerika, sampai suatu saat Ken menunjukkan betapa besar ciptaannya kini di kampung halaman.

"Paling memorable itu pas dia maksa gue balik. Dia bilang, mau ajak jalan-jalan. Ternyata dia udah ada plan buat Kaskus. Ken ajak gue ke Mal Taman Anggrek," ujar Andrew.

"Jadi pas nunggu di kafe, ada orang ketawa-tawa, taunya lagi ngaskus," Andrew menambahkan. "Itu pertama kali gue liat orang ngaskus live. Ternyata yang kami bikin ada yang pakai."

Sumber: http://m.cnnindonesia.com/hiburan/20150620105412-234-6128/reaksi-juragan-kaskus-lihat-orang-asyik-ngaskus^

Wahh ternyata juragan kaskus kaget lihat panastak panasbung dikaskus pada berantem emoticon-Ngakak

0
2.7K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan