armageDDragonAvatar border
TS
armageDDragon
[SHARE] Kena Tilang? Urus di Pengadilan Aja…TAPI…Pelajari juga Pasal-Pasalnya!

Terima kasih banyak Agan, Agin, Momod, Mimin. Tanggal 02/04/2013thread ini jadi HT Pertamax ane! emoticon-Smilie
Spoiler for HT:

Sebelum dibaca lebih lanjut, mohon dipahami bahwa TS di sini cuma sekadar share Pengalaman Pribadi. Kalo ternyata emoticon-Purple Repost yaa harap maklum namanya “Pengalaman” pastinya hampir tiap Orang mirip2 dikit ‘laah pengalamannya! emoticon-Big Grin

OK, lanjut. Kaskusers pasti pernah mengalami ditilang saat berkendara di jalanan, baik itu karena kesalahan yang disengaja maupun tidak. Yang ane alamin kemarin hari selasa tanggal 12/03/2013 juga termasuk unsur ketidak-sengajaan…Jujur ane ngaku salah walau pun ane ga’sengaja! emoticon-Ngakak (S)

Jadi ane kena tilang di daerah Bekasi, tepatnya di Perempatan depan BCP (Bekasi Cyber Park) gara2 ane lupa nyalain lampu sepeda motor di siang hari. Alhasil ane kena tilang Polisi! emoticon-Cape d... (S)

Sesuai kebiasaan ane sejak awal punya SIM, tiap kali ditilang ane selalu urus di Pengadilan. Belum pernah bayar di tempat apalagi lewat Bank yang pake tanda bukti Slip Warna Biru (Pertanyaan Tentang Slip Warna Biru TS coba jawab di Post # 9)! emoticon-Cape d... (S)

Jadilah ane minta ditilang aja, menyatakan siap hadir di pengadilan tanggal 22/03/2013 (hari ini). Singkat cerita setelah ditilang itu…Perasaan ane ga’enak pas nyampe rumah itu pasal pelanggaran 287 (2) jo 106 (4) ane pelototin aja (Jujur ane awam soal pasal biasanya pasrah aja ditilang juga terserah Polisinya mau nulis pasal berapa yang dilanggar)! emoticon-Bingung (S)

Baru kali ini ane rasain perasaan aneh tersebut, jadi dalam rangka ngilangin penasaran ane browsing ketik keywordPasal tidak menyalakan lampu sepeda motor di siang hari”, ternyata keluar ‘deh tu informasinya Pasal 293 (2) jo 107 (2). Coba perhatikan perbedaannya Gan:

Quote:


Terus terang ane gondok, tapi apa mau dikata nasi udah jadi bubur. Mau nyalahin “Polisinya yang ga’hafal sama pasal” juga percuma…Cuma bisa nyalahin diri sendiri “Kenapa selama ini ga’mau tau tentang pasal lalu-lintas”! emoticon-Malu (S)

Spoiler for No Pics = Hoax:


Ane udah 13 tahun megang SIM, tapi jadi malusendiri. Padahal sejak dari Sekolah, Kuliah, sampe sekarang ane idealis tiap ditilang selalu urus di Pengadilan (ironisnya) ane ga’pernah peduli pasal berapa yang ditulis sesuai atau tidak sama pelanggarannya main tandatangan aja! emoticon-Cape d... (S)

Hari ini ane datang ke Pengadilan Negeri Bekasi, sesuai jadwal yang tertera di Surat Tilang. Ternyata banyak juga Pelanggar Lain selain ane yang ikut Sidang, secara positif ane kagum lihat masyarakat sekarang ini banyak juga yang mulai sadar hukum. Mungkin idealnya jalur terbaik yang kita tempuh sebagai konsekuensi Pelanggaran lalu-lintas adalah lewat Pengadilan.

Jangan khawatir Gans, Sidang Tilang itu berbeda dengan Sidang Kasus Pidana. Kalo Kasus Pidana terdakwanya sendirian, kalo Sidang Tilang terdakwanya kita rame2 (Jadi ga'usah takut bakal disidang sendirian). Kalo dulu waktu zaman ane Kuliah malah ga’pernah on time datang pas Sidang, ane datangnya udah sore jadi tinggal ke loket aja bayar denda & ngambil SIM yang ditahan! emoticon-Ngakak (S)

Saking udah lama ga’kena tilang lagi, ane cukup kaget juga kalo sekarang peraturannya udah beda, yaa ga’apa2 'laaahh biar Hakimnya juga ga’magabut. Kita wajib ikut Sidangnya jam 9 pagi, tapi itupun ga’lama. Dari mulai dapet nomor antrian sampe dapet SIM ane balik lagi cuma makan waktu sekitar setengah jam udah selesai.

Bagi yang belum pernah ikut Sidang tilang, ane coba share di sini prosedurnya:
Spoiler for Antrian Sidang Tilang:

Pertama, kita datang langsung aja ke loket untuk minta nomor antrian. Nomor tersebut ditukar dengan Surat Bukti Tilang yang kita bawa, jangan serahkan Bukti Tilang kepada selain Petugas. Hati-hati banyak caloyang berkeliaran, tolak aja secara halus, kita niat baik mengikuti proses jalannya hukum, ga’perlu diwakilkan yang malah menambah pengeluaran kita.
Spoiler for Nomor Antrian:

Kedua, kita tunggu dipanggil sesuai nomor antrian. Dipanggilnya per 10 Orang, jadi prosesnya lumayan cepet, ga’pake lama. Ane dapat nomor urut ke 230, dari nomor yang berjalan 57 cuma makan waktu 15 menit sampe ke nomor ane dipanggil.
Nanti Hakim cuma membacakan vonis, kita sebagai terdakwa dengerin aja. Pasal sekian dendanya berapa, di sini kita ga’bisa mengajukan keberatan, terima aja vonisnya.
Spoiler for Ruang Sidang:

Ketiga, setelah diputuskan berapa jumlah denda yang harus kita bayarkan, kita tinggal antri di loket. Bayar sesuai keputusan Pengadilan, langsung kita bisa dapatkan kembali SIM kita yang ditahan.

Pesan TS:
Quote:

Bagi Kaskusers yang butuh info Pasal-pasal Lalu-Lintas selengkapnya bisa langsung ke SUMBERnya aja yaa! emoticon-I Love Indonesia (S)

Sebelum dan sesudahnya TS mohon maaf bila ada kekurangan, di sini TS ga’ada maksud tertentu. Apabila ada Pihak yang merasa tersinggung dari isi thread ini, sebenernya ga’perlu tersinggung. Karena yang disinggung adalah diri TS sendiri! emoticon-Smilie

TS hanyalah seorang Guru SMA, yang mencoba berbagi Pengalaman atas apa yang TS tidak ketahui sebelumnya. Harapannya semoga Orang Lain ga’ada yang melakukan kesalahan yang sama seperti TS yaa! emoticon-I Love Kaskus (S)

Quote:



~Arigato Gozaimasu~


UPDATE:
New Entry: Oknum DISHUB lebih kejam daripada Oknum POLISIemoticon-No Hope
Komeng dari Kaskusers Cerdas emoticon-2 Jempol
dan
1 Kaskuser Senasib Di Waktu Dan Tempat Yang Sama emoticon-Sorry
1 Kaskuser CALO emoticon-Ngakak
1 Kaskuser Murid Ane yang masih ngenalin Gurunya emoticon-Peluk
serta
2 MaHo emoticon-Betty (Tukang Kaos & Tukang S*x T*y yang udah dikick sama Momod) emoticon-Ngakak
Gomen-nasai buat Kaskusers yang udah komeng tapi belum s4 ane quote satu per satu! emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Aganwati


Diubah oleh armageDDragon 22-07-2013 14:55
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
529.9K
1.9K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan