Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zakehermitAvatar border
TS
zakehermit
[Ask] Cara Jitu Meloloskan Proposal
Ane mau curhat gan, buku ternyata tak sama dengan fakta lapangan hehehe... Banyak cara-cara jitu jurus marketing yang ane pelajarin, dari mulai nge-power dari marketing online ampe jurus marketing kelontongan door to door, mouth to mouth ane pelajarin, yang ujung-ujungnya memang mengandalkan jaringan bisnis, singkatnya agan harus kenal decision maker di satu perusahan dan bikin chemistry persuasif yang bagus.

Ane sedang belajar jadi research marketer, ane sebagai CEO sekaligus Founder Start Up. Jadi kurang lebih ane lah segala tumpuan usaha, nah ane mau cerita sedikit tentang kronologi suka duka nya bikin Start Up kayak yang ane jalanin ini gan, termasuk mungkin masukan dari agan-agan yang ane sangat perlukan untuk saling sharing cerita pengalaman dan masukannya. Ini tentang permasalahan saat ane mengajukan proposal kepada satu perusahaan yang ane udah riset pasarnya, jadi ane pun sebagai start up gak main-main soal bidikan pasar, ane udah mempelajari apa kekurangan dan apa keunggulan produk ane....

Dan apa yang jadi target penawaran produk ane ke perusahaan yang di tuju, padahal proposal udah di bagus-bagusin, ane pede banget bakal di terima proposalnya karena sudah sangat menyentuh kebutuhan si perusahan (Ingat: ane sudah merisetnya) dan itu proposal udah gak main-main bagusnya, cost-nya pun lumayan besar. Tapi proposal ya tinggal proposal gan bak gayung yang gak bersambut, ane menunggu lama konfirmasi berharap ada telepon dari perusahaan yang ane ajuin ke line telepon ane, eh buju buneng gak ada2 gan. Tapi ane gak patah semangat ane hubungin kantornya, tapi malah jadi stuck ketika seseorang yang ane tuju di perusahaan untuk menyampaikan maksud ane mengirimkan suatu tawaran malah avoid gan. Ane hubungin Bapak A nya lagi keluar, ane hubungin lagi Bapak A nya sedang rapat, ane hubungin lagi Bapak A nya sedang tidak ada di ruangan. Ane selalu mempermasalahkan iklim business manner di Indonesia gan, dalam kasus contoh seperti ane ini. Lebih baik ane dapet jawaban IYA atau TIDAK daripada menggantung dan itu persis seperti saat Ane ngririm penawaran via email tapi tidak ada balasan yang kadang buat Ane dongkol. Karena diluar itu gak sampai segitunya, minimal ane ngirim pasti selalu di reply walau itu cuma terima kasih untuk tidak. Menunjukan apresiasi lah jadi kitanya juga mengapresiasi.

Singat cerita sampe ane bosen sendiri ngehubunginnya selama 1 bulan selang proposal masuk dan akhirnya di lepas, gak tau ini keputusan yang salah apa bener. Karena ane jadinya mikir malah ngabisin waktu yang gak jelas kalo masalah cost sih yaudah lah gapapa. Ane sedikit curhat ke senior ane tentang bisnis, yaitulah namanya bisnis effortnya harus baja, Intinya begitu. Ane di kasih masukan, katanya cara jitu untuk meloloskan proposal kita adalah kita pegang jalur relasi nya si Bapak A ini kenal ama siapa saja, yg jelas-jelas satu rataan dalam segi jabatan, self esteem dan personal appeal-nya.... Artinya ane harus bisa kenal dulu ama orang yang bisa nyambungin ane langsung si Bapak A ini, jadi tawaran kita pas di hadapannya pun datang dari arah yang bisa di hargai bukan kayak sales klontongan banget yang ngejar2 proyek biar kejadian. Nah ane mikir memang ada benarnya, kalo ane bisa akses jalur relasinya dari atas (top down method) ane akan ada harganya di mata dia.

Tapi yang sudah jadi rahasia umum di Indonesia ini "judge book by cover" jadi pandangan lumrah gan. Apalagi ane yang belum jadi apa-apa - bak anak ayam yang netes kemarin - Agan akan di lihat secara personal dulu siapa agan, bawa mobil gak, bawa laptop mac gak, anak jendral bkn, bawa gadget super update gak. Intinya secara garis besar ane dilihat dulu attitude nya dari atas ke bawah, bukan kredibilitasnya duluan. Ane udah di picingin duluan sebagai junior dalam dunia usaha. Nah ini yang sedikit membuat ane bingung, karena selama ini Start Up ane memang bener2 yang dimulai dari akar rumput dan modal ane pun kecil jadi boro2 pake mau attitude2an, naek motor ngirit bensin aja udah jadi itungan hehehe. [Bukannya ane sombong] Ane pribadi menilai diri ane sudah sangat mampu menggenerator ide, mengimplementasikan dalam presentasi, lalu memanifestokan ide dalam proposal dengan sudah-sudah sangat profesional. Kemampuan ane pun sudah cukup mumpuni. Tersertifikasi.

Lagi-lagi ini cuma di anggap di atas kertas, walau ane sudah menjabarkan diri ane di CV ane yang tertera di Company profile tapi tetep mungkin orang liat dulu tebengan kita apa, hehehe. Nah yang ane pengen share disini gimana cara agan-agan yang mempunyai pengalaman dalam usahanya dalam menawarkan beberapa proposal yang bisa tembus gan, Perusahaan ane ini bentuknya seperti konsultan Software Development dan provide jasa cloud juga Powered by AWS dengan dukungan beberapa jasa-jasa luar, intinya ane bermain juga di bisnis affilasi.... Usaha ane tidak bergerak di proyek-proyek pemerintah, you know I mean lah hehe. Usaha ane sudah running 3 bulan dan belum dapet ikan walau itu ikan-ikan mungil, line bisnis Start Up ane ke mobile apps, web, ERP, web apps, online strategist.

Mohon secercah persepktif dalam membina bisnisnya gan. Thanks in Advance
Diubah oleh zakehermit 06-07-2013 03:07
0
53.7K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan