Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

polette.idAvatar border
TS
polette.id
Tips melindungi mata dari sinar pada layar smartphone dan komputer
Tips melindungi mata dari sinar pada layar smartphone dan komputer

Hi Agan dan Sis!!

Salam kenal ya. Ane mau kasi tips nih buat lindungin mata, penting nih buat kaskuser addict yang tiap hari melototin kaskus terus emoticon-Ngakak (S)

Sadar ataupun tidak, terkadang kita suka mengkategorikan pemakai kacamata sebagai Gamers, IT workers ataupun nerds. Apa alasannya? Karena kita menyadari bahwa salah satu penyebab kenapa seseorang menggunakan kacamata adalah karena seringnya mereka berada di depan layar komputer dimana sinar yang dihasilkan bisa berefek kurang baik untuk mata kita.

Akan tetapi di jaman teknologi ini, sepertinya hampir tidak mungkin untuk memisahkan kita dari penggunaan komputer, baik dalam hal pekerjaan, maupun untuk keperluan sekolah/kuliah. Maka dari itu, kita harus pintar-pintar untuk menyiasati bagaimana melindungi mata kita dari sinar biru yang berlebihan tersebut.

Berikut tips-tipsnya :

1. Turunkan Brightness pada layar komputer

Jika kita harus berlama-lama di depan layar komputer untuk urusan pekerjaan ataupun yang lainnya, akan lebih baik jika kecerahan pada layar komputer bisa diturunkan, karena setidaknya bisa mengurangi tekanan yang diterima oleh mata kita.

2. Jangan lupa untuk berkedip

Terlalu konsentrasi pada saat bekerja terkadang tanpa sadar membuat kita lupa berkedip, akibatnya mata kita menjadi kering dan terasa perih. Hal ini sangat penting, terutama untuk kalian-kalian yang menggunakan lensa kontak. Jadi, sering2 berkedip ya!

3. Jagalah jarak antara mata dan layar komputer

Jarak yang tepat antara mata kita dengan layar komputer adalah sekitar 50-70 cm untuk mengurangi kelelahan pada mata. Biasanya pengguna laptop yang akan lebih sering melanggar aturan jarak pandang ini, jadi jika kalian harus bekerja dalam waktu lama, akan lebih baik jika menggunakan computer desktop.

4. Gunakan kacamata khusus untuk komputer

Penggunaan kacamata khusus ini bisa melindungi mata kita agar tidak terpapar sinar biru yang berlebihan, dan mencegah terjadinya migrain dan pusing jika terlalu lama berada di depan layar komputer.

5. Istirahatkanlah mata anda

Jika sudah terlalu lama di depan komputer, sesekali bangunlah dan lakukan kegiatan lain dan istirahatkan mata anda. Atau bisa ikuti rule yang dianjurkan yaitu 20-20-20 rule, yang artinya setiap 20 menit, luangkan waktu selama 20 detik dan lihatlah objek di sekitarmu sejauh 20 feet (6,1 meter). Kalian bisa melihat pemandangan diluar, ataupun melihat co-workers yang cakep, maybe??

6. Kurangilah penggunaan lensa kontak

Pemakaian lensa kontak dapat menyebabkan mata lebih cepat kering. Jadi untuk kalian yang sering berada di depan komputer, akan lebih baik jika mengganti lensa kontak anda dengan kacamata ketika kalian bekerja.

Sekian tipsnya. Mudah-mudahan informasi ini berguna untuk mengingatkan kalian untuk lebih menjaga kesehatan mata ya.

www.polette.com/id

Diubah oleh polette.id 16-06-2015 08:49
0
4.9K
62
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan