Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shellbulletAvatar border
TS
shellbullet
curhat ane jadi rakyat
Assalamu'alaikum wr wb...

Makasih sebelumnya buat semua kaskuser yang udah mau baca thread ane, disini ane ga perlu dikomen, di rate, atau di cendol.ini cuma ungkapan ane aja.
Soalnya ane juga faham kok kalo ane newbie, bikin thread aja masih acak2an..
Ane cuma mau share sedikit tentang hidup ane, ane di besarkan di keluarga militer, kakek ane (alm) itu jadi salah satu pejuang di awal2 indonesia merdeka. Beliau itu sering cerita, gimana waktu zaman dulu, waktu beliau masih jadi tentara, waktu beliau masih perang ngelawan pemberontakan dari bngsa sendiri. Seperti DI/TII, PKI, RMS, dll. Yang notabene perang dengan saudara setanah air sendiri. Yang paling beliau rasakan itu adalah ke -NGGAK enakan perang melawan bangsa sendiri, yang kadang harus membunuh orang2 yang serumpun sama beliau.
Tapi tetep beliau harus berperang, karena selain tugas negara demi mempertahankan kedaulatan negara indonesia, juga demi rasa nasionalisme yang memang kuat buat orang2 zaman dulu.
Beliau sering bilang "kamu sih enak, sekarang. Udah lebih mudah hidupnya. Beli beras murah, sekolahan banyak, mau kerja juga enak, tinggal kamu nya. Mau apa nggak menikmati sambil mempertahankan negara ini."
Ane inget banget gan sama omongan beliau itu. Buat flash back sedikit, kakek ane itu luar biasa rasa nasionalisme nya, beliau sering sedih kalo liat ada demo mahasiswa yang sampai anarkis, apalagi waktu kejadian tahun 98, banyak banget demo yang sampe jadi penjarahan masal. (Inget kan buat yang ngalamin??)
Ane tau kenapa kakek ane sampe sedih, lha wong zaman kakek ane itu buat ngibarin bendera merah putih aja harus perang dulu, harus banyak berkorban dulu, ninggalin anak-istri buat pergi ke antah berantah. Ditambah lagi harus perang ngelawan musuh yang serumpun (yang secara langsung kalo ketemu dijalan sekalipun ga akan tau kalo itu pemberontak atau bukan, kalo bukan karena seragamnya.)
Selain itu, kakek ane juga cukup dalam ngajain ane masalah agama, kenapa? Beliau pernah bilang, di agama pun sangat diajarkan pentingnya nasionalisme, bahkan ada anjuran untuk membela hak kita dari orang yang akan merampas hak kita. (Kebetulan ane muslim) ane juga pernah diajarin hadits yang artinya : "cinta negara adalah sebagian dari iman" disitu ane banyak belajar tentang idealisme, tentang pentingnya taat sama aturan, taat undang2, taat pajak, saling tolong menolong, toleransi, gotong royong, jujur, pokoknya semua hal yang dulu sering banget di ajarin di pelajaran PMP (PPKN kalo zaman sekarang).
Bahkan ane dulu sering males sekolah gara2 ngerasa sekolah itu aneh, ngajarin jujur tapi waktu ulangan umum nilainya harus bagus walaupun dapet nyontek. (Disitu ane gagal faham sama sekolah)
Makin ane bertambah umur, makin ane tambah pengalaman hidup, ane banyak banget liat KETIDAK ADILAN, dimana2, mulai dari ditilang yang HARUS bayar ditempat, bikin sim nembak, bahkan bayar pajak aja sulit. Semuanya dipersulit sama yang namanya BIROKRASI, mulai dari susahnya nyari kerja yang sesuai skill cuma gara2 ga punya koneksi, harus ngasih uang pelicin biar tender kita di aprove sama perusahaan, ngasih uang rokok, uang pulsa, uang de el el buat aparat, bahkan yang terakhir ane harus ngasih komisi buat pak polisi gara2 ngurusin adik ipar ane yang ditabrak mobil (KOMISI).
Ane jadi mulai mikir, kok ga singkron ya sama idealisme ane. Idealnya polisi itu aparat negara, (aparat=alat), yang operasionalnya pake uang negara (yang ane tau pendapatan negara ini yang terbesar itu dari pajak) pajak=kewajiban warga negara. Jadi simple nya, kita sebagai warga negara iuran buat bayar operasional polisi, pns, dan aparat negara yang lain. Jadi udah jadi kewajiban mereka dong buat ngurusin orang yang kecelakaan, maling, dll. Tapi malah dimintain komisi lagi (segitu ane korban). Dan banyak lagi pengalaman ga enak ane sama birokrasi yang ada di negara tercinta kita ini yang ga bisa ane sebutin satu per satu.
Disitu ane mulai ga ngerti sama negara ini, negara yang katanya negara hukum, tapi kok hukumnya aneh, banyak undang2 yang ga jelas, undang2 yang rancu.
Undang2 kebasan pers, yang paling dibela sama wartawan, tapi kok banyak demo sekarang yang SAMA SEKALI ga ada. Biasanya demo kecil aja heboh di tv. Ini malah d tv acaranya gosip semua, gosip artis kimpoi-cere lah, bahkan gosip acara ga penting. Tapi mana berita update penting seperti masalah freeport, masalah kasus kpk-polri, kasus budi gunawan apa udah selesai???
Indonesia yang katanya negara yang memiliki adat ketimuran, adat ketimuran itu tata krama, sopan santun, ramah tamah, dan budaya malu.
Tapi sekarang, cwe2 abg udah ga malu lagi pake celana atau rok mini, pake baju yang kayak baju senam ngetat nya, fenomena cabe2an, fenomena begal, video porno, bahkan sampe anak2 sd yang udah "dewasa sebelum waktunya" tambah ngeri ane apalagi anak ane cwe.
Dugem udah biasa, seks bebas udah lumrah, bahkan bayi dibuang2in (padahal di brunei dan di jepang sampe dikasih bonus kalo kita punya anak banyak),
belum masalah ormas2, kayak haji lulung yang di bela sama ormas betawi, Padahal kita tuh tinggal di indonesia yang sukunya banyak jadi chauvinisme atau kesukuan itu ga akan memperbaiki masalah ditengah masyarakat, justru bakal bikin malah tambah renggang negara ini.
masalah fpi yang doyan turun kejalan buat rusuh, padahal yang ane pelajari dari islam, islam itu harusnya jadi contoh kelembutan bukan kelemahan, contoh ketegasan bukan kekerasan, contoh yang elegan bukan anarkis, daripada demo sampe rusuh sampe lupa shalat lupa puasa mending ngadain ngaji bersama, doa bersama, kerja bakti, bakti sosial dll. Tunjukin kalo islam itu agama yang benar dan benar2 agama (orang beragama itu beradab, adab itu tata krama)
Belum HTI yang ngotot pengen berdirinya khilafah. Tambah lucu, liat fpi yang rusuh sampe sering anarkis ini malah pengen khilafah. Sedangkan di indonesia ga cuma orang muslim adanya. Ya ga akan mau lah orang agama lain pake sistem khilafah. Tapi kalo orang nonmuslim udah liat kalo islam itu jadi agama yang benar, ga perlu diminta khilafah pasti akan tegak dengan sendirinya.
Belum masalah diatas, sekarang mau ditambah lagi sama isu bbm mau naik lah, gas elpiji juga mau naik 2x lipet, padahal baru seminggu harga beras agak turun.
Ya allah... pada kemana ini orang2 hasil coblosan kita2 kemaren2???
Ane jadi bingung, yang rusak itu orangnya atau sistemnya? Kalo orangnya, perasaan kita baru ganti orang deh. Kalo sistemnya yang rusak, siapa yang berani ganti???
Ane juga bingung mau gimana, mau ngeluh juga hampir semua orang ngeluhin hal yang sama, ane sadar, ane cuma jadi 1orang yang suaranya ga akan kedengeran sampai atas. Ane cuma bisa berdoa, semoga negara kita bakal bangkit, supaya rakyat negara kita dikasih kekuatan lahir-batin buat ngehadepin masalah2 ini, supaya anak2 muda yang baru pada melek bisa liat dan bukan mencontoh yang buruk tapi bisa berfikir buat lebih baik lagi, ane juga cuma bisa jaga diri ane, jaga idealisme ane sendiri, jaga keluarga ane dari kerusakan yang ada di mana2.
Sekian thread ane, maaf acak2an, makasih buat yang udah baca, moga-moga kita semua senantiasa dalam lindunganNya. Tetep optimis, suatu saat indonesia bakal maju, bakal baik, bakal kuat, dan bakal baik. Insya allah.
maaf kalo ada yang kesinggung, ane ga maksud SARA kok. emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
0
1.8K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan