jp2185Avatar border
TS
jp2185
Pengalaman Kerja Sebagai MT di PT. Hutama Karya (Persero)
Assalamualaikum agan2 sekalian. emoticon-Toast


Ane mau share pengalaman sebagai Management Trainee PT. Hutama Karya (Persero). Kalo agan2 belum tau profil PT HK monggo di cek dimari http://www.hutama-karya.com/content/...rah-perusahaan

Lanjut gan. Ane daftar HK waktu di jobfair UGM November 2013. Proses rekrutmennya luar biasa cepet gan. cuman dalam tempo 2 hari aja.
Ane masih inget waktu itu jobfair hari Sabtu 9 November 2013. Ane berangkat bareng temen2 dan cewek ane gan.

Dulu gak ada niatan sama sekali daftar HK, ane lulusan sipil tapi gak kepengen kerja di kontraktor lokal karena ane tau gimana hidup disana waktu KP jaman kuliah. Dulu ane daftar Schlumberger, Tower Bersama, BAM International, dll. dan tujuan utama ane dateng kesitu karena pengen banget daftar di Pertamina dan ternyata sampe sana gak ada lowongan sipilnya emoticon-Sorry

Sampe akhirnya bingung mau masukin kemana lagi, ane jalan sama pacar muterin itu lokasi dan sampe didepan HK, dan pacar nyaranin untuk ikut antri aja dan masukin CV. Dengan hati yg cuman setengah mateng ane nyemplungin deh CV ane dan input dilaptop punya HRD nya yg jaga stand disitu yang kebetulan ibu2.

Sepulangnya dari jobfair ane sama temen2 & pacar nginep dirumah kakek ane, niatnya mau jalan2 dulu di jogja besoknya.

Seminggu kemudian ane dapet sms buat ikut tes rekrutmen HK, ane berangkat lagi bareng temen2 dan pacar jg ane ajak buat nyemangatin hati yg tidak ada semangat sama sekali. ini step rekrutmennya gan :

1. Psikotes, TKD & TOEIC
Ini berlangsung seharian, dan seluruh pesertanya LAKI-LAKI. Psikotes standar2 aja, paling yang bikin puyeng & capek cuman Tes Koran aja. untuk TKD sesuai dengan jurusan masing-masing. Biasanya dibedain warna modul soalnya. Kebetulan ane jurusan sipil jadi isi soalnya ya berhubungan dengan logika pelaksanaan rancang bangun & juga material2 sipil. Gampang-gampang kok soalnya. Kemudian tes TOEIC. ini menurut ane gampang. berbekal TOEFL di LIA dengan skor 543 ane hajar tes ini dengan kepala tegak.hehehehe.. emoticon-Cool

2. Interview Psikolog & User
Malem setelah psikotes dll tadi ane niat mau pulang, eh dapet sms lagi kalo lolos tahapan sebelumnya dan besok kudu dateng ke kantor ECC UGM, temen2 yg bareng ane juga lolos gan. Besoknya kita kesana dan antri buat interview psikolog. setelah nama ane dipanggil ane masuk & ketemu psikolog dari ECC juga. Pertanyaannya cuman sebates kegiatan dikampus, hobinya apa, pernah ikut organisasi & apa aja permasalahan terbesar yg pernah ada di organisasi yang kita ikuti & solusi apa yang kita kasih. Mereka sambil nyatet semacem kasih penilaian gitu, abis itu ane di suruh nunggu untuk interview user.
Gak lama nama ane dipanggil dan user nya adalah ibu-ibu HRD yang jagain stand tempo hari itu. kata-kata pertama waktu ane masuk ruangan adalah "wah masnya tinggi sekali" emoticon-Bingung (S)
Gak ada kesan tegang sama sekali gan. pertanyaannya hampir sama kayak psikolog tadi cuman ditambahain dulu skripsinya judulnya apa, KP nya judulnya apa, kerjaan orang tua apa, alesan masuk HK apa, siap dipindah2 apa enggak, pokoknya dia tanya sesuai yg ada di CV aja. Setelah itu ane dikasi surat pengantar buat medical check up gan. gak ada pengumuman lolos apa enggaknya tahap interview itu.

3. Medical Check Up
Setelah selese interview ada yang nanya, boleh gak medical check up nya langsung sore itu karena itu masih siang & daripada nunggu besok. Ternyata "BOLEH". Ane sama temen2 ane langsung meluncur ke lokasi di prodia (ane lupa lokasinya). tesnya standar, rontgen, tes kesehatan mata, tes urin, ambil darah, konsultasi sama ibu dokter (cantik gan suer). emoticon-Matabelo
Gak lama prosesnya kita semua pulang ke kota tercinta.

4. Pengumuman
Seminggu berselang ane dapet SMS kalo ane keterima & harus datang ke kantor pusat tanggal 3 desember 2013, jujur ane waktu itu dilema berat gan karena ane emang gak niat masuk situ. Tapi ketakutan ane lebih besar karena takut nolak rejeki jadi ane ambil dengan berat hati.

Itu dulu gan ane sharing proses rekrutmennya dulu. nanti ane share lagi pengalaman selama proses manajemen dasar di HK pusat & info2 lainnya lagi selama ane kerja di mari. semoga bermanfaat bagi yang mungkin tertarik masuk kesini. hehe..

Wasalamualaikum.. emoticon-Maaf Agan[img][/img]
Diubah oleh jp2185 01-10-2014 02:21
0
42.7K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan