Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mvmagazineAvatar border
TS
mvmagazine
Faktor Kemenangan
Faktor kemenangan #1 Kesadaran Diri “membayangkan diri anda menjadi pemenang”
Faktor Kemenangan

Kesadaran diri yang berkembang baik menjadikan anda lebih efektif dalam hubungan anda, pekerjaan anda dan setiap aspek kehidupan anda. Ketika anda membawa kesadaran diri ini ke tingkat otak pemenang, anda tidak saja menyadari bagaimana anda berhubungan dengan dunia, tapi juga bagaimana dunia berhubungan dengan anda. Bagi sebagian orang, fakta bahwa kesadaran diri merupakan keahlian yang harus dikembangkan adalah sesuatu yang mengejutkan, tapi sejumlah penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan betapa hal itu mungkin terjadi dan betapa besarnya perbedaan yang anda alami jika anda mengembangkan kesadaran diri anda, bersiaplah untuk mengenal diri anda lebih baik lagi.
Kesadaran diri yang dikembangkan dengan baik akan memudahkan anda memanfaatkan ukuran bakat anda dan memahami kekurangan anda dengan lebih baik sambil menentukan keputusan untuk saat ini dan rencana masa depan.

Faktor kemenangan #2 Motivasi “menumbuhkan dorongan untuk menang”
Faktor Kemenangan

Walau mungkin motivasi tampak seperti sesuatu yang menyambar diri anda bagaikan petir, riset menyatakan bahwa motivasi mengalir di dalam diri anda seperti aliran listrik. Di dalam otak pemenang, motivasi memudahkan orang mengatasi hambatan yang kerap membuat tidak berdaya orang-orang yang kurang mempunyai tekad. Motivasi membantu mereka menyingkirkan tantangan bahkan ketika hanya tersisa sedikit tenaga eksternal untuk menghancurkan tantangan tersebut. Motivasi mempersiapkan otak untuk melihat hadiah yang tersedia meski jauh dari jangkauan dan tentu saja meski tidak ada jaminan hadiah itu akan diperoleh.
Menjaga diri tetap termotivasi akan membuat anda selalu berada di jalan yang pasti menuju kesuksesan. Mempertahankan motivasi agar terus menyala bahkan melalui tugas-tugas yang paling kecil atau yang paling biasa sekali pun seringkali sama pentingnya dengan termotivasi oleh cita-cita anda secara keseluruhan.

Faktor kemenangan #3 Fokus “memusatkan perhatian pada hal penting”
Faktor Kemenangan

Surat elektronik! Telpon! Pesan singkat! Otak dihadapkan pada sekian banyak gangguan yang saling bersaing untuk mendapatkan perhatian kita hampir sepanjang waktu. Otak pemenang mempunyai kemampuan untuk memusatkan perhatiannya pada tugas dan kegiatan yang tengah dikerjakan saat itu, khususnya ketika saat itu juga penuh dengan tekanan dan gangguan. Dengan sengaja otak ini menyesuaikan tingkat fokusnya di bawah berbagai macam keadaan dan mampu mengerahkan jenis focus yang paling baik untuk tugas yang sedang ditangani.
Lima langkah mudah me-reinvestasi focus anda :
1. Mengakulah pada diri anda bahwa anda kehilangan focus pada tugas
2. Ingatkan diri anda tentang tugas anda yang sebenarnya dan mengapa tugas itu penting.
3. Jika memungkinkan, kurangi factor-factor yang membuat perhatian anda terbagi; matikan telepon seluler anda, tutup surel, makanlah roti dan tuntaskan pembicaraan.
4. Pilihlah sebuah titik awal, beri isyarat pada diri sendiri dengan kata seperti “mulai” lalu kerjakan kembali tugas anda, perhatikan aspek-aspek penting dari pekerjaan yang anda lakukan. Bila ingin focus ketika membaca sesuatu, berilah tanda di bagian bawah halaman atau setiap beberapa halaman, tulis satu kata di tepinya.
5. Perhatikan hal-hal kecil yang biasanya tidak anda perhatikan guna memberi anda perspektif baru mengenai tugas yang sedang anda tangani.

Factor kemenangan #4 keseimbangan emosi “memanfaatkan emosi untuk kepentingan anda”
Faktor Kemenangan

Kata “emosi” mengandung konotasi negative bagi sebagian orang, seakan-akan ini adalah sesuatu yang harus dihindari atau menggambarkan kelemahan. Padahal, tanggapan emosi merupakan sumber informasi penting yang dapat memberikan pengaruh sangat kuat terhadap keputusan dan perilaku kita. Ketika emosi seimbang, anda dapat memanfaatkannya bagi kepentingan anda dan mengerahkan perasaan untuk hal-hal yang berguna daripada dikendalikan secara membabi buta olehnya. Sebagaimana dinyatakan oleh hasil riset, menguasai berbagai aspek otak yang mengendalikan emosi akan membantu anda bersikap lebih hati-hati dengan perasaan anda dan membantu anda menyalurkan perasaan tersebut dengan cara-cara yang positif.
Pemenang menyadari dan mengantisipasi tanggapan emosi di dalam diri orang lain agar mereka bisa memulai, menghentikan, dan menyesuaikan emosi supaya cocok dengan situasi apapun.
Keseimbangan emosi merupakan aspek radar peluang yang membantu anda mengatur tanggapan emosi anda ketika mengevaluasi sebuah situasi. Dengan tidak membiarkan emosi anda mengambil alih kendali atas otak anda, otak anda mampu menjaga sorot laser sasaran anda tetap kuat. Selain itu dia juga membuat ukuran resiko anda kuat dengan membantu mengendalikan emosi anda ketika anda memutuskan untuk mengambil resiko, terutama ketika hasilnya tidak setimpal dengannya.
Seluruh aspek emosi merupakan hasil dari aktivitas tertentu otak, akan tetapi sampai belum lama ini sulit untuk menunjuk dengan pasti dari bagian jaringan saraf manakah sebenernya emosi berasal. Setiap orang di bumi ini diprogram untuk merasakan emosi. Tidak mungkin menghapus emosi dari pengalaman manusia. Perbedaan antara otak pemenang dan otak biasa adalah bahwa pemenang mempunyai alasan untuk mengarahkan emosi mereka dengan cara-cara yang positif. Keseimbangan emosi adalah sebuah keahlian yang dapat kita kembangkan.


Factor kemenangan #5 memori “mengingat agar mempunyai otak pemenang”

Faktor Kemenangan

Pemenang tidak hanya mengandalkan memori untuk membantu mengingat acara makan malam hari minggu dari masa yang lalu. Memori sangat produktif dan bermanfaat apabila digunakan untuk membantu menghadapi masa depan dan membuat prediksi mengenai cara terbaik guna menangani sebuah situasi baru. Orang-orang yang memiliki otak pemenang sangat mahir dalam memindai pikiran mereka dengan cepat untuk memperoleh informasi yang sudah lama yang dapat membantu mereka mengantisipasi dan memahami situasi baru secara lebih baik. Pemenang juga mampu mengenali apa yang tidak mereka ketahui dan mempunyai mekanisme yang selalu siap digunakan untuk mengungkap informasi tersebut dengan cepat dan tepat sehingga mereka dapat menyatukannya dan bekerja lebih baik.
Otak pemenang tidak sekedar menyimpan banyak informasi di dalam memori, memori juga berfungsi untuk mengerahkan pengalaman masa lalu dan menggunakannya untuk membentuk pengetahuan baru secara strategis guna meningkatkan kinerja masa depan.

Factor kemenangan #6 kegigihan “kembali bangkit untuk sukses”

Faktor Kemenangan

Sebuah kesalahpahaman yang umum muncul adalah kegagalan masa lalu merupakan gambaran yang tepat dari masa depan. Pemenang mengerti dan menerima pentingnya kegagalan dan singkatnya mereka bangkit setidaknya satu kali lagi dibanding orang-orang lain. Tindakan “bangkit” inilah – baik secara mental maupun fisik – yang sama dengan keuletan, istilah kami untuk kegigihan. Otak gigih adalah soal bangkit kembali, bukan menyerah.
Otak pemenang mampu pulih dari segala tantangan kehidupan dengan cara menghadapi kekurangan dan kegagalan, baik hal itu disebabkan oleh diri mereka sendiri maupun oleh keadaan yang berada diluar kendali mereka. Pemenang menyusun kembali kegagalan agar dapat memberikan manfaat kepada mereka dan mengetahui bahwa jika keadaan tidak berjalan sesuai dengan rencana, tidak berarti bahwa perjalanan harus berakhir, bahkan kegagalan seringkali adalah kesempatan baru yang terselubung. Kemampuan untuk pulih dari keadaan yang buruk dan melangkah maju dengan kepala tegak adalah sifat yang disebut kegigihan.
Kegigihan adalah salah satu pelajaran dalam hidup yang bisa dipelajari. Meski sejak semula beberapa aspek kegigihan dikaitkan dengan otak, ilmu pengetahuan masa kini berpendapat bahwa kemampuan itu juga dapat dikembangkan. Melawan kesengsaraan merupakan sesuatu yang dapat anda lakukan dan kuasai.
Kegagalan merupakan kejadian yang diharapkan dalam perjalanan menuju kesuksesan. Gagal bukan berarti anda tidak akan pernah sukses, melainkan hanya berarti anda tidak selalu sukses. Bila anda belajar mengantisipasi dan menerima kegagalan tanpa rasa takut atau menghakimi, berarti anda telah membuka pintu untuk kesuksesan.
Satu cara untuk menangani kesalahan adalah menyingkirkan kesalahan itu dari pikiran anda. Dalam banyak hal, satu kesalahan bukan berarti kegagalan. Jadi, menyingkirkan kesalahan kemudian langsung mengarahkan kembali focus anda pada prestasi yang berikutnya akan mencegah anda menangani satu persoalan secara berlebihan. Orang-orang yang sukses mampu memperlambat langkah mereka setelah melakukan kesalahan, agar mereka dapat mengubah perilaku mereka dan menghindari kesalahan yang lain.

Factor kemenangan #7 penyesuaian
Faktor Kemenangan

Otak adalah organ yang sangat lentur dan lunak. Pemenang menerima kenyataan ini. Mereka memanfaatkan fakta bahwa otak selalu berubah apapun yang terjadi dan bahwa bentuknya akan secara langsung dibentuk oleh bagaimana mereka menggunakan otak. Penyesuaian ini tidak terbatas pada satu bagian otak. Setiap perubahan pikiran, perilaku atau emosi membuat otak melakukan penyesuaian walaupun perbedaannya tidak dapat segera terlihat pada hasil pemindaian otak. Perubahan fisik yang lebih penting pada otak bisa disebabkan oleh kerja keras yang dilakukan secara sadar, namun bahkan melakukan penyesuaian kecil sekalipun dapat mengubah cara otak anda merespons.
Kemampuan pemenang menyesuaikan diri dengan keadaan yang berubah-ubah adalah ciri khas dari otak itu sendiri. Otak anda selalu berubah. Pemenang merupakan orang-orang yang strategis dalam memanfaatkan kenyataan ini, yang menyesuaikan otak mereka dengan baik agar selalu meraih kesuksesan.

Factor kemenangan #8 pemeliharaan otak “memelihara, melindungi dan meningkatkan kemampuan otak pemenang anda”
Faktor Kemenangan

Hanya karena anda tidak bisa melihat otak anda merenggakan atau melenturkan otot-ototnya bukan berarti dia tidak melakukan gerakan-gerakan itu – paling tidak secara abstrak. Pemenang merawat otak mereka dengan baik. Mereka memberinya makanan yang tepat, istirahat yang cukup dan melatihnya sebagaimana mereka melatih perut dan dada mereka. Seperti bagian tubuh yang lain, otak anda bekerja sesuai cara anda memperlakukan mereka. Dan apabila anda merawat otak anda dengan penuh perhatian, anda bisa memiliki otak pemenang.
Otak anda, seperti juga bagian tubuh yang lain, mempunyai kebutuhan-kebutuhan dasar. Dengan melakukan banyak aktivitas fisik, memberikan pengalaman yang kaya dan berarti pada otak anda, tidur cukup dan menyantap makanan yang sehat, anda dapat membantu memenuhi semua kebutuhan ini serta membantu memberi diri anda manfaat yang dia butuhkan untuk mengembangkan otak pemenang. Dengan kata lain, olahraga yang teratur sangat baik untuk memelihara otak kita sebagai otak pemenang.
Latihan olahraga secara teratur dapat meningkatkan kemampuan pembuluh kapiler dalam menggerakkan otak sehingga aliran darah dan asupan oksigen selalu lancer, bukan hanya ketika anda sedang berolahraga. Olahraga merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan terjadinya pertumbuhan saraf baru pada otak dewasa. Olahraga juga berguna untuk membantu menjaga otak anda dapat tetap bekerja seirin dengan pertambahan usia.

Sumber : buku The Winner’s brain karangan Jeff brown dan mark frenske


Kalau agan suka ama thread ini, silahkan di rate bintang 5 ya gan emoticon-Big Grin
Diubah oleh mvmagazine 09-06-2015 06:15
0
1.3K
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan