Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deri1120Avatar border
TS
deri1120
Cegah Orang Kaya RI Belanja di Singapura, Louis Vuitton Cs Bebas Pajak
Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro memiliki alasan khusus mengeluarkan kebijakan penghapusan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk barang tertentu. Misalnya tas perempuan Louis Vuitton, Hermes, Gucci dan lainnya akan bebas PPn BM sebesar 40% dalam waktu dekat.

Menurutnya, pengenaan PPnBM membuat harga yang berlaku di dalam negeri menjadi lebih mahal. Sehingga banyak orang yang berbelanja ke luar negeri seperti Singapura.

"Karena harganya lebih mahal, jadi orang lebih milih belanja ke Singapura. Mending kita hapus, harganya turun jadi nggak perlu belanja ke Singapura," ungkap Bambang dalam konferensi pers di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Kamis (11/6/2015)

Bila pembelian dilakukan di Singapura, berarti konsumen tidak terkena PPnBM. Kemudian saat dibawa ke Indonesia sangat sulit diawasi oleh para aparat, terutama untuk memastikan barang tersebut tidak dijual kembali.

"Pengawasannya sulit. Orang bawa 1-2 tas bilang punya sendiri padahal dijual. Dan frekuensi penerbangan bisa dilakukan dengan sering dan beli setiap satu hari juga bisa. Percuma PPn BM dan bea masuk nggak kena," terangnya.

Bambang menambahkan, belanja juga merupakan bagian dari pariwisata. Singapura adalah salah satu contohnya. Dengan harga yang lebih murah, negara kecil tersebut mampu menarik banyak wisatawan mancanegara datang termasuk dari Indonesia.

"Kalau ke Singapura orang mau lihat apa alamnya. Pasti belanja kan dan hiburan. Sekarang harga kita juga murah, orang tak perlu ke sana lagi," kata Bambang

Sementara untuk peralatan elektronik, menurut Bambang tidak tepat lagi dikatakan barang mewah, sebab barang seperti televisi itu sudah bisa dimilki oleh semua orang dari berbagai kalangan.

"Sekarang siapa yang tidak punya TV, microwace, kulkas? Itu kan sudah menjadi kebutuhan umum kebanyakan orang," kata Bambang.

Kemudian yang juga dihilangkan adalah peralatan olahraga dan alat musik. Seperti alat pancing, golf, selam, selancar, menembak dan piano dan alat musik elektrik.

"Kalau makin banyak orang yang beli kan berarti bisa menopang olahraga di dalam negeri. Jadi pas Sea Games bisa nambah emas lagi," paparnya.

http://finance.detik.com/read/2015/0...cs-bebas-pajak

Makin sedikit dong pendapatan pajak











[quote]
Diubah oleh deri1120 04-06-2018 07:25
0
4.7K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan