- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
[+FLAG RULE,BIAR GA ASBUN]-Siapa Bersalah Dalam Insiden M Fadli di Sirkuit Sentul?


TS
baratayudha17
[+FLAG RULE,BIAR GA ASBUN]-Siapa Bersalah Dalam Insiden M Fadli di Sirkuit Sentul?
Quote:
Original Posted By Baratayudha17...
![[+FLAG RULE,BIAR GA ASBUN]-Siapa Bersalah Dalam Insiden M Fadli di Sirkuit Sentul?](https://dl.kaskus.id/mobilinanews.com/foto_berita/36fadli-insiden-sentul.jpg)
ngiluuu
mobilinanews.com (Sentul) – Mencuat pertanyaan besar, siapa sebenarnya yang bersalah atas insiden M Fadli Imammudin? Ada yang bilang pada andalan tim Astra Honda Racing Team itu, mestinya melakukan selebrasi satu lap setelah finish. Fadli merespon tepuk tangan dan antusias penggemarnya itu hanya sekitar 200 meter setelah garis finsih.
Ada pula yang menyebut Jakkrit Sawangswat (Thailand) yang tidak memperhatikan pebalap di depannya meski usai finish. Apalagi pebalap AP Honda itu tampak masih menggeber motornya dengan kecepatan tinggi. Sementara M Fadli waktu memelankan motornya itu sudah berada di sisi paling luar trek di depan paddock itu.
Yang jelas, pihak IMI dan penyelenggara dari Two Wheel Motor Racing masih melakukan investigasi atas insiden membuat sepatu balap M Fadli hingga terlepas dan dua jari tangan Jakkrit putus.
Yang konyolnya, ada pemberitaan menyebut insiden yang meremukkan kaki kiri Fadli dan kabarnya direkomendasikan untuk diamputasi itu, merupakan kesalahan petugas marshal. Dituding tidak mengibarkan bendera kuning.
“Pemberitaan itu asal bunyi. Yang menulis tidak mengerti regulasi balap.Kan bendera kuning itu dikibarkan kalau ada insiden kecelakaan di sirkuit. Ini kan sudah finish. Jadi ya tidak perlu ada bendera kuning," ujar Dani Sarwono selaku pimpinan perlombaan ARRC Sentul kepada mobilinanews.
"Lagi pula, kejadian M Fadli itu berada sekitar 250 meter setelah finish. Sedangkan pos marshal itu baru ada setelah 600 meter tepatnya di tikungan satu. Kok marshal disalahkan,” ujar ungkap Dani.
Atas kejadian kesalahan itu, pihak Sentul berniat mengundang para peliput balap di sirkuit Sentul untuk sebuah coaching clinic seputar peraturan balap. “Biar kalau nulis juga tidak salah. Saya kira ini penting buat teman-teman wartawan yang biasa meliput balap,” tambah Dani lagi.
Crottt dimarih...
Arti Warna Bendera Dalam MotoGP
Selama berlangsungnya Grand Prix bendera digunakan untuk memberi tanda peringatan terhadap rider,sangat penting…. sebagai informasi apa yang sedang terjadi selama balapan…
Bendera akan dikibarkan oleh marshal pada berbagai titik di sekitar sirkuit dan rider harus selalu memperhatikan ini kalau gak mau benjol :mrgreen:
Mengabaikan instruksi bendera dapat mengakibatkan rider dikenakan hukuman berikutnya tergantung pada tingkat keseriusan pelanggaran: peringatan, denda , perubahan posisi grid, penalti waktu, diskualifikasi, pembatalan point kejuaraan.
Bendera hitam
Diskualifikasi. Ditampilkan bersama-sama dengan nomor rider, bendera hitam berarti pengendara harus berhenti di pit pada akhir lap saat ini dan tidak bisa restart. Bendera ini akan ditampilakn setelah tim rider diberitahu terlebih dahulu(konfirmasi ke tim).
Black Flag dengan Lingkaran warna orange
Bendera ini memberitahukan rider bahwa motornya memiliki masalah mekanik yang mungkin membahayakan dirinya sendiri atau orang lain, dan ia harus segera meninggalkan trek.
Bendera Putih
Bendera ini menunjukkan bahwa pengendara yang diperbolehkan untuk ganti motor.Bendera ini mengindikasikan bahwa track cukup basah untuk dipakai balap setelah sebelumnya dinyatakan “Dry race” aka balapan dalam kondisi kering
atau
Bendera putih dengan Palang Merah bergaris diagonal dan Bendera Kuning & Merah
Hujan pada bagian trek ,bendera ini memberitahukan pada setiap rider bahwa trek dalam kondisi basah …
Bendera Biru
Bendera ini menunjukkan kepada rider bahwa ia akan dioverlap dan dia harus memberi jalan,melambat secara bertahap,untuk memungkinkan pengendara lebih yang lebih cepat untuk melewatinya.
Bendera Chequered Hitam Putih (papan catur)
Menunjukkan akhir dari balapan atau sesi latihan. Pemenang lomba adalah pembalap pertama melihat bendera ini saat ia melewati garis finish.(kalau gak lihat muter2 terus) :mrgreen:
Bendera Kuning
Bendera ini menunjukkan bahwa lomba ditunda. karena ada bahaya di depan. Para pengendara harus memperlambat dan bersiaplah untuk berhenti. Dilarang menyalip sampai titik di mana bendera hijau ditampilkan.
Update:
Menandakan bahaya, seperti misalnya ada mobil atau motor yang rusak dan berada di tengah lintasan balap. Jika 1 bendera kuning dikibarkan, berarti setiap pembalap harus memperlambat lajunya. Sedangkan ketika 2 bendera kuning dikibarkan sekaligus, berarti para pembalap harus memperlambat lajunya dan bersiap berhenti jika diperlukan. Selain itu, pembalap dilarang menyalip pembalap lain ketika bendera ini dikibarkan, jika melanggar maka akan mendapat ganjaran hukuman.
Bendera merah
Adanya gangguan pada saat balap atau practise,Rider harus kembali perlahan ke pit. dan tidak diperbolehkan untuk keluar dari pit lane.
Update:
Jika bendera ini dikibarkan, maka perlombaan akan dihentikan. Bendera ini biasanya dikeluarkan jika terjadi kecelakaan yang fatal atau kondisi lintasan atau cuaca yang buruk. Namun dalam balap Moto GP, sekarang jika hujan turun saat balapan tidak lagi dikibarkan bendera merah, para pembalap langsung menuju pit untuk mengganti ban sesuai kebijakan tim.
Bendera Hijau
Track aman clear…biasanya dikibarkan saat sesi practice atau warm up
Kadang memang ada kejadian2 lucu selama berlangsungnya race..dimana belum ada bendera Chequered tanda balapan usai..tapi sudah jingkrak2 selebrasi..akhirnya diovertake rider dibelakangnya :lol:
![[+FLAG RULE,BIAR GA ASBUN]-Siapa Bersalah Dalam Insiden M Fadli di Sirkuit Sentul?](https://dl.kaskus.id/mobilinanews.com/foto_berita/36fadli-insiden-sentul.jpg)

mobilinanews.com (Sentul) – Mencuat pertanyaan besar, siapa sebenarnya yang bersalah atas insiden M Fadli Imammudin? Ada yang bilang pada andalan tim Astra Honda Racing Team itu, mestinya melakukan selebrasi satu lap setelah finish. Fadli merespon tepuk tangan dan antusias penggemarnya itu hanya sekitar 200 meter setelah garis finsih.
Ada pula yang menyebut Jakkrit Sawangswat (Thailand) yang tidak memperhatikan pebalap di depannya meski usai finish. Apalagi pebalap AP Honda itu tampak masih menggeber motornya dengan kecepatan tinggi. Sementara M Fadli waktu memelankan motornya itu sudah berada di sisi paling luar trek di depan paddock itu.
Yang jelas, pihak IMI dan penyelenggara dari Two Wheel Motor Racing masih melakukan investigasi atas insiden membuat sepatu balap M Fadli hingga terlepas dan dua jari tangan Jakkrit putus.
Yang konyolnya, ada pemberitaan menyebut insiden yang meremukkan kaki kiri Fadli dan kabarnya direkomendasikan untuk diamputasi itu, merupakan kesalahan petugas marshal. Dituding tidak mengibarkan bendera kuning.
“Pemberitaan itu asal bunyi. Yang menulis tidak mengerti regulasi balap.Kan bendera kuning itu dikibarkan kalau ada insiden kecelakaan di sirkuit. Ini kan sudah finish. Jadi ya tidak perlu ada bendera kuning," ujar Dani Sarwono selaku pimpinan perlombaan ARRC Sentul kepada mobilinanews.
"Lagi pula, kejadian M Fadli itu berada sekitar 250 meter setelah finish. Sedangkan pos marshal itu baru ada setelah 600 meter tepatnya di tikungan satu. Kok marshal disalahkan,” ujar ungkap Dani.
Atas kejadian kesalahan itu, pihak Sentul berniat mengundang para peliput balap di sirkuit Sentul untuk sebuah coaching clinic seputar peraturan balap. “Biar kalau nulis juga tidak salah. Saya kira ini penting buat teman-teman wartawan yang biasa meliput balap,” tambah Dani lagi.
Crottt dimarih...

Arti Warna Bendera Dalam MotoGP
Selama berlangsungnya Grand Prix bendera digunakan untuk memberi tanda peringatan terhadap rider,sangat penting…. sebagai informasi apa yang sedang terjadi selama balapan…
Bendera akan dikibarkan oleh marshal pada berbagai titik di sekitar sirkuit dan rider harus selalu memperhatikan ini kalau gak mau benjol :mrgreen:
Mengabaikan instruksi bendera dapat mengakibatkan rider dikenakan hukuman berikutnya tergantung pada tingkat keseriusan pelanggaran: peringatan, denda , perubahan posisi grid, penalti waktu, diskualifikasi, pembatalan point kejuaraan.
Bendera hitam
Diskualifikasi. Ditampilkan bersama-sama dengan nomor rider, bendera hitam berarti pengendara harus berhenti di pit pada akhir lap saat ini dan tidak bisa restart. Bendera ini akan ditampilakn setelah tim rider diberitahu terlebih dahulu(konfirmasi ke tim).
Black Flag dengan Lingkaran warna orange
Bendera ini memberitahukan rider bahwa motornya memiliki masalah mekanik yang mungkin membahayakan dirinya sendiri atau orang lain, dan ia harus segera meninggalkan trek.
Bendera Putih
Bendera ini menunjukkan bahwa pengendara yang diperbolehkan untuk ganti motor.Bendera ini mengindikasikan bahwa track cukup basah untuk dipakai balap setelah sebelumnya dinyatakan “Dry race” aka balapan dalam kondisi kering
atau
Bendera putih dengan Palang Merah bergaris diagonal dan Bendera Kuning & Merah
Hujan pada bagian trek ,bendera ini memberitahukan pada setiap rider bahwa trek dalam kondisi basah …
Bendera Biru
Bendera ini menunjukkan kepada rider bahwa ia akan dioverlap dan dia harus memberi jalan,melambat secara bertahap,untuk memungkinkan pengendara lebih yang lebih cepat untuk melewatinya.
Bendera Chequered Hitam Putih (papan catur)
Menunjukkan akhir dari balapan atau sesi latihan. Pemenang lomba adalah pembalap pertama melihat bendera ini saat ia melewati garis finish.(kalau gak lihat muter2 terus) :mrgreen:
Bendera Kuning
Bendera ini menunjukkan bahwa lomba ditunda. karena ada bahaya di depan. Para pengendara harus memperlambat dan bersiaplah untuk berhenti. Dilarang menyalip sampai titik di mana bendera hijau ditampilkan.
Update:
Menandakan bahaya, seperti misalnya ada mobil atau motor yang rusak dan berada di tengah lintasan balap. Jika 1 bendera kuning dikibarkan, berarti setiap pembalap harus memperlambat lajunya. Sedangkan ketika 2 bendera kuning dikibarkan sekaligus, berarti para pembalap harus memperlambat lajunya dan bersiap berhenti jika diperlukan. Selain itu, pembalap dilarang menyalip pembalap lain ketika bendera ini dikibarkan, jika melanggar maka akan mendapat ganjaran hukuman.
Bendera merah
Adanya gangguan pada saat balap atau practise,Rider harus kembali perlahan ke pit. dan tidak diperbolehkan untuk keluar dari pit lane.
Update:
Jika bendera ini dikibarkan, maka perlombaan akan dihentikan. Bendera ini biasanya dikeluarkan jika terjadi kecelakaan yang fatal atau kondisi lintasan atau cuaca yang buruk. Namun dalam balap Moto GP, sekarang jika hujan turun saat balapan tidak lagi dikibarkan bendera merah, para pembalap langsung menuju pit untuk mengganti ban sesuai kebijakan tim.
Bendera Hijau
Track aman clear…biasanya dikibarkan saat sesi practice atau warm up
Kadang memang ada kejadian2 lucu selama berlangsungnya race..dimana belum ada bendera Chequered tanda balapan usai..tapi sudah jingkrak2 selebrasi..akhirnya diovertake rider dibelakangnya :lol:
Ane ga pny kesimpulan, ini mgkn resiko sebuah pekerjaan di dunia balap, tp jg sbg sebuah pengalaman buat semuanya kedepan spy ga terulang lg...

Polling
0 suara
Nasi sdh jd aking, tp mnrt agan siapa plg bertanggung jwb atas kjdn spt ini?
Diubah oleh baratayudha17 09-06-2015 21:06
0
24.4K
Kutip
91
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan