Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fazriyawan46Avatar border
TS
fazriyawan46
Indonesia Rasakan Internet Cepat Mulai 2016


emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

Spoiler for No emoticon-Repost (S)
Jakarta - Akses internet cepat, dijanjikan oleh Menkominfo Rudiantara, sudah bisa mulai dinikmati secara merata di seluruh wilayah Indonesia terhitung sejak awal tahun depan.

Dalam paparannya saat Rapat Dengar Pendapat di hadapan anggota dewan Komisi I DPR RI, menteri mengatakan akses internet cepat itu bisa terlaksana berkat rampungnya pembangunan serat optik Palapa Ring dan penataan 4G di spektrum 1.800 MHz.

Lewat program Palapa Ring ini, akan ada 500 kota kabupaten yang akan dilalui sambungan serat optik. Sedangkan untuk 51 daerah kabupaten yang belum terjamah, rencananya akan didukung melalui program Universal Service Obligation (USO).

"Saluran akses lainnya juga bisa dinikmati lewat 4G yang sedang kami tata di 1.800 MHz. Nanti sejak 1 Januari 2016, seluruh wilayah Indonesia sudah bisa merasakan 4G," kata Rudiantara di gedung Komisi I DPR RI. emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Sejauh ini, tiga operator seluler telah memanfaatkan spektrum frekuensi 900 MHz untuk menyelenggarakan 4G LTE. Namun, banyak pihak menilai spektrum ini kurang ideal untuk 4G LTE karena sumber daya operator seluler di sana sangat terbatas.

Di spektrum 900 MHz, XL dan Telkomsel masing-masing memiliki lebar pita 7,5 MHz, sementara Indosat memiliki sumber daya seluas 10 MHz.

Sementara itu, sumber daya frekuensi yang ideal untuk 4G LTE disebut 20 MHz. Kebutuhan itu bisa dipenuhi jika operator seluler memanfaatkan spektrum 1.800 MHz. emoticon-Cendol (S)

Hingga kini tercatat XL dan Telkomsel mempunyai lebar 22,5 MHz, Indosat 20 MHz, sedangkan Tri yang paling kecil, 10 MHz.

"4G paling ideal memang di 1.800 MHz karena perangkatnya paling banyak diproduksi untuk frekuensi itu," papar menteri di hadapan Tantowi Yahya dan anggota dewan lainnya.

Namun sebelum dipakai untuk 4G LTE, Rudiantara terlebih dahulu melakukan tata ulang letak posisi blok spektrum 1.800 MHz milik empat operator GSM agar ditempatkan berdampingan, tidak lagi terpisah-pisah, agar mampu memberi layanan maksimal.

"Sekarang kita dorong biar 1.800 MHz ini selesai dan bisa maksimal nanti kecepatan internet kita," tegas Rudiantara.

Frekuensi milik XL Axiata dan Indosat di spektrum tersebut masing-masing terpisah jadi dua, Telkomsel terpecah tiga. Hanya Tri yang memiliki blok menyatu di sana.

Penataan spektrum 1.800 MHz telah dilakukan sejak 1 Mei 2015, dimulai dari Maluku dan Maluku Utara. Penataan akan terus berlanjut ke Indonesia bagian barat, terakhir di kawasan Jabodetabek pada akhir November 2015. emoticon-Blue Guy Cendol (S) emoticon-Blue Guy Cendol (S)

emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

emoticon-Toast emoticon-Toast

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

emoticon-Blue Guy Bata (L)
0
2.7K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan