[ 7 Convenience store ] Di Indonesia ,Yang Siap Bersaing Dengan 7 Eleven
TS
imamajaboleh
[ 7 Convenience store ] Di Indonesia ,Yang Siap Bersaing Dengan 7 Eleven
Agan pasti tau kan logo ini
Spoiler for Sevel:
Udah pasti gak asing lagi gan Buat orang-orang yang suka nongkrong apalagi Para ABG Ababil liat Logo sevel ini gan.. sudah jadi Brand Di Indonesia Khususnya di Jakarta tempatnya beli cemilan snek minuman atau sekedar beli kopi untuk bersantai kumpul-kumpul sambil menikmati wifi gratisan..
Spoiler for Buka:
Tapi sebelumnya mungkin belum ada yang ngerti Sebenernya Convinance Store apa sihh ?
Quote:
Menurut dari sejarah dan asal usulnya diWikipedia Pengertian Convinance Store Adalah Toko kelontong atau Mini Market (bahasa Inggris: convenience store) adalah suatu toko kecil yang umumnya mudah diakses umum atau bersifat lokal. Toko semacam ini umumnya berlokasi di jalan yang ramai, stasiun pengisian bahan bakar (SPBU), atau stasiun kereta api. Toko kelontong sering ditemukan di lokasi perumahan padat di perkotaan. Kebanyakan toko kelontong masih bersifat tradisional dan konvensional, dimana pembeli tidak bisa mengambil barangnya sendiri, karena rak toko yang belum modern dan menjadi pembatas antara penjual dan pembeli
Menurut Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, convenience store adalah toko swalayan penjual makanan dan minuman yang beroperasi lebih dari 13 jam per hari, dan memiliki luas lantai untuk berdagang lebih dari 30 m2 tapi tidak lebih dari 250 m2.Pada mulanya, konbini populer di kalangan dewasa muda dan para pelaju. Namun sekarang ini konbini telah menjadi "pusat gaya hidup" untuk konsumen muda Jepang yang mobilitasnya tinggi dan senang belanja. Bagi konsumen usia muda dan lajang (dan sebagian konsumen lainnya), konbini adalah satu-satunya toko makanan untuk mereka.
Nah yang ane bahas kali ini bukan sevel aja gan..
tapi Convinance store baru yang bakal jadi pesaing 7 Elevan di Indonesia
Dari konsepnya sama aja gan gak jauh berbeda dengan sevel, tapi ada yang membedakan dari yang lain, dari keunggulan di setiap masing-masing convinance store mulai dari design konsep store ,knyamanan,harga,menu cafetaria dan akses data wifi gratisan yang memang udah hal yang wajib yang nanti kita bahas.
dan berkembang convinance store memang agak lambat gan.. gak secepet kaya minimarket alfamt&indomt yang udah ada dimana-mana kaya jamur, asal ada tempat atau ruko kosong kleihatannya bagus langsung jadi gan
Dan bukanya convinance store di suatu lokasi ga sembarang buka gan memang pertumbuhan tidak secepat kilat kaya minimarket hanya ada bebrapa store aja, ini dikarenakan strategi area market yang memang harus benar-benar tepat sasaran gak salah lokasi tempat yang memang lifestyle OK dan buying power Luar biasa dengan titik atau pusat keramian yang GOOD yang sudah pasti menjadi tempat kebutuhan di masyarakat sekitar , dan kenyamanan sekedar istirahat atau bersantai dilingkungan perkatoran ,rumah sakit ,sekolah,kampus,Dll.
jadi buat agan-agan bertempat tinggal didekat kuburan,dekat kali,prumahan yang sepi penduduk,di kampung atau didesa jangan terlalu berharap ada salah satu convinace store dilokasi agan.hehehe
tanpa basa basi langsung aja gan cekidot.
Spoiler for Lawson:
Spoiler for SEJARAH:
Lawson, Inc. (株式会社ローソン Kabushiki Kaisha Rōson, TYO: 2651) adalah jaringan waralaba toko kelontong (convenience store) Jepang. Lawson adalah jaringan toko kelontong terbesar nomor dua di Jepang setelah 7-Eleven. Kantor pusat Lawson di East Tower, Gate City Ohsaki di Ōsaki, Shinagawa, Tokyo.[2]
Logo perusahaan ini berupa kaleng susu untuk mengingatkan orang bahwa Lawson berawal dari toko susu yang didirikan pemilik pabrik susu bernama J.J. Lawson di negara bagian Ohio, Amerika Serikat pada tahun 1939. Namun Lawson sekarang adalah perusahaan Jepang, sekaligus pemilik jaringan convenience store terbesar kedua di Jepang setelah 7-Eleven.[3]
Setelah membuka gerai pertama di Okinawa pada Juli 1997, Lawson dicatat sebagai jaringan toko kelontong pertama yang membuka gerainya di 47 prefektur di Jepang. Pada Mei 2011, Lawson membuka toko ke-10.000 di Jepang.[4] Hingga Maret 2013, Lawson memiliki 11.174 toko di Jepang.
Di Indonesia, Lawson menandatangani perjanjian lisensi dengan PT. Midi Utama Indonesia, Tbk dari Alfa Group pada 20 Juni 2011. Midi Utama Indonesia adalah pemilik merek mini market Alfamidi dan Alfaexpress. PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk juga dari Alfa Group adalah pemilik merek mini market Alfamart.[15] Gerai pertama Lawson di Indonesia dibuka di Kemang, Jakarta Selatan pada Juli 2011.[16]
Spoiler for Buka:
design konsep storenya hampir sama gan kaya sevel 11-12 lah gak jauh beda Cuma dari tema warnanya aja gan biru-biru, harga relatif agak murah gan dibandingkan sevel kalo kita belanja grocerynya.
tapi klo ane pribadi buat nongkrong agak kurang Gmn gtu gan kurang sreg aja masih mending sevel gan.
Spoiler for Family Mart:
Spoiler for Sejarah:
Pada September 1972, Bagian Perencanaan Seiyu Group mendirikan Seksi Toko Kecil, dan membuka toko pertamanya di Sayama, Prefektur Saitama. Pada Maret 1978, Seiyu Stores mendirikan FamilyMart Department, dan membuka toko di empat lokasi.[2]
FamilyMart Co. Ltd. didirikan sebagai anak perusahaan Seiyu Stores pada September 1981. Semua bisnis dan properti dialihkan ke FamilyMart Co. Ltd., dan waktu itu terdapat toko di 89 lokasi.[2]
Saham FamilyMart mulai diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo Seksi Dua pada Desember 1987, dan baru diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo Seksi Pertama sejak Agustus 1989.[2]
Ekspansi FamilyMart dimulai di Naha, Okinawa pada Oktober 1987. Di Taiwan, FamilyMart dan perusahaan rekanannya membentuk Taiwan Family Mart Co., Ltd. pada Agustus 1988.[2] Kontrak dengan Bokwang FamilyMart Co. Ltd. ditandatangani di Seoul, Korea Selatan pada Juli 1990. Bokwang FamilyMart Co. Ltd. mendapatkan pengetahuan operasional convenience store dan hak penggunaan logo FamilyMart berdasarkan lisensi. Berdasarkan kesepakatan ini, toko-toko dibuka di Korea Selatan.
Di Indonesia, pembukaan toko FamilyMart di Indonesia adalah hasil kerjasama dengan PT. Fajar Mitra Indah, anak perusahaan Wings Group.[3] Hingga 31 Maret 2013, FamilyMart memiliki 6 gerai di Jakarta.[4] Gerai pertama dibuka 16 Oktober 2012 di Cibubur, gerai kedua di Jalan Bulungan, Jakarta Selatan (17 November 2012), gerai ketiga di Pejaten, Jakarta Selatan, gerai keempat dan kelima di Kelapa Gading, Jakarta Utara dan Thamrin Residence Apartment, Jakarta Pusat.
Bagi ane ini tempat paling keren buat nongkrong lifestyle bagus design storenya serba kaca ada tanaman hias didalam store nyaman buat nongkrong ,harga grocery relatif gan cafetarinya lebih mangndalkan menu sate bakso atau sosis gitu dengan harganya lumayan dalem ngrogok kantong gan, wifinya lumayan kenceng buat sekedar berslancar didunia maya
Spoiler for Ministop:
Spoiler for Sejarah:
Ministop Co, Ltd (ミニストップ Minisutoppu Kabushiki gaisha- ? ) ( TYO : 9946 ), anggota dari AEON Grup , mengoperasikan Ministop toko waralaba rantai di Jepang .
Ministop di Indonesia dibawa oleh PT Bahagia Niaga Lestari,yang merupakan anak perusahaan dari PT Supra Boga Lestari (RANC). PT. Supra Boga Lestari saat ini sudah memiliki jaringan ritel Ranch Market dan Farmers Market supermarkets di Indonesia.
Ministop menjadikan warna Kuning, Biru dan Orange sebagai brand colour identity nya
yang ini sama juga kaya sevel dari designnya dengan tema warna oreng kuning tapi dari segi interior dan pencahayaan ruangan lebih bagus gan dan lifestyle dapet nih gan di bandingkan sevel.
Untuk hrga grocery relative tapi kebanykan mahal gan dan menu caeftaria lumayan lengkap. Selebihnya ane kurang tau hehe soalnya baru sekali ane datengin..
Spoiler for Circle K:
Spoiler for Sejarah:
Circle K adalah jaringan waralaba toko kelontong atau minimarket Internasional yang berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1951 di El Paso, Texas. Jaringan minimarket Circle K kini dimiliki dan dioperasikan oleh jaringan waralaba toko retail terbesar di Kanada, yaitu perusahaan Alimentation Couche-Tard. Pada tahun 1951, Fred Harvey membeli tiga toko bahan makanan Kay's Foodstore di El Paso, Texas, setelah pembelian tersebut, Fred Harvey mengubah nama Kay's Foodstore menjadi Circle K. Sejak saat itu dengan perlahan Circle K mulai membesar melalui berbagai akuisisi minimarket lain dan akhirnya pada tahun 1979, Circle K terjun ke pasar internasional dengan mengadakan lisensi pembukaan gerai internasional pertamanya di Jepang. Hal inilah yang menjadi batu loncatan bagi perusahaan ini berkembang menjadi salah satu jaringan waralaba minimarket yang terbesar di dunia. Itulah cikal bakal merek Circle K yang kita kenal sampai saat ini. Sampai saat ini Jaringan minimarket Circle K memiliki lebih dari 4000 gerai internasional yang terletak di luar Amerika dan 2100 gerai yang tersebar di seluruh Amerika.
Circle K adalah sebuah minimarket yang beroperasi 24 jam penuh. Hal ini menjadikannya popular di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia dimana konsep minimarket seperti ini masih jarang. Circle K menjadi trend-setter bagi banyak minimarket sejenis yang muncul kemudian hari. Saat ini Circle K populer di kalangan remaja kota besar di Indonesia.[butuh rujukan]. Di mata remaja, Circle K dicitrakan sebagai minimarket zaman sekarang, mereka menyediakan berbagai minuman alkohol dan rokok yang cukup lengkap dan beroperasi 24 jam. Pembeli dari gerainya juga diizinkan untuk duduk di depan gerainya sambil menikmati belanjaannya sehingga secara tidak langsung Circle K menjadi kawasan berkumpulnya remaja pada kala malam hari.
Nah… ini nih..
Sekdar info circle sebenarya convinance store pertama masuk ke Indonesia kalo gak salah sih..
Namanya agak kurang dikenal hanya kalangan tertentu aja gan yang tau dan perkembnagnnya pun tidak begitu pesat pdahal dari tahun 1991 hanya 100 store di Indonesia yang sudah buka bener gak nya kurang tau juga gan baru denger2 aja.. tapi sekarang gak tau deh
Dari segi bangunan inilah satu-satunyanya convinance store paling simple gak ribet-ribet amat, designnya minimalis tempat nyempil kecil pun jadi.. ala minimarket biasa lainya.
Nah ini juga nih.. slah satu pesaing baru dianta convinence lainya yang memang asli dari Indonesia
Spoiler for Indomaret:
Pasti udah gak asing juga denger kata indomart yang terkenal minimarket yang sukses dan sudah merajai dimana-dimana , melihat dari perkembangn segi bisnis convenance store cukup menggiurkan akhirnya tidak mau kalah dengan perusahsaan asing, indmort pun akhirnya merilis dengan konsep baru convenance store dengan nama indomeret point.
Pasar convenience store di perkotaan kian seksi. Sepak terjang 7-Eleven (Sevel) yang makin menggurita di convenience store membuat beberapa pemain ritel tanah air ‘gerah’ sehingga tergoda untuk masuk ke pasar ini. Setelah Alfamart masuk dengan brand Lawson, kini giliran Indomaret tidak mau ketinggalan dengan mengusung Indomaret Point.
Tetapi berbeda dengan Sevel maupun Lawson, Indomaret Point merupakan merek lokal sehingga produk-produk yang dijual lebih mendekatkan pada selera lokal. Alhasil, walaupun baru dua tahun lahir kini Indomaret Point telah hadir di beberapa kota besar di Indonesia. Indomaret Point telah berdiri di Jakarta, Surabaya dan Bali.
Konsep baru Indomaret ini dalam rangka menangkap kebutuhan masyarakat perkotaan. Masyarakat perkotaan kini lebih mandiri dengan memilih makanan cepat saji dan kebutuhan yang bisa didapatnya dengan cepat.
Secara umum konsepnya memang tidak berbeda dengan layanan yang telah diberikan bagi dua pendahulunya yaitu Sevel dan Lawson. ”Karena yang mengembangkan orang lokal, maka seleranya lokal. Kalau mereka (Sevel dan Lawson) berasal dari luar, jadi selera mereka luar,” ujar Direktur Marketing Indomaret Wiwiek Yusuf ketika ditanya Majalah Info Franchise tentang perbedaan Indomaret Point dengan yang lainnya beberapa waktu lalu di Jakarta. Sumber
Dan yang terkhir dari ane..
Spoiler for MOR STORE:
Inilah kovenance buat ane yang juga perusaahaan local asli Indonesia dari PT .Moradi anak perusahan PT.Orang Tua Group yang bakal jadi pesaing baru dengan perusahaan asing diantaranya ministop .sevel ,family mart lawson circle k
Spoiler for Mor :
Dengan tema warna hijau merah MOR hadir dengan konsep conveinace dengan design interior yang cukup bagus tempat duduk yang nyaman dengan sofa dan pelayanan yang menurut ane lumayan bagus dan tempat yang bersih. Dari segi kelengkapan mor lebih unggul dari yang lainnya menurut ane,
Pertama dari segi grocery harga bersaing dengan minimarket lain dan Harga cukup murah karna memang ada beberapa pruduk dari OT itu sndiri,
Kedua ane suka ke mor karena selain menyediankan menu cafetaria yang komplit ada menu resto ala Indonesian Food kaya Bakmi,Bubur,Batagor Nasi Perang dan menu Andalan Mor adalah Fried chicken yang rasanya menurut ane lumayan enak dibandingin sama KFC ..
Spoiler for Ini gan Infonya:
Bisnis.com, MALANG- Orang Tua (OT) Group kian ekspansif. Hingga akhir 2014, Grup ini menargetkan sebanyak 50 MOR Store berdiri dari 11 gerai yang ada saat ini.
Head Corporate and Marketing Communication OT Group Yuna Eka Kristina mengatakan bisnis ritel memang menjadi salah satu fokus pengembangan perusahaan.
“Hingga akhir Desember mendatang kami menargetkan 39 outlet lagi berdiri,” kata Yuna di Malang, Minggu (27/4/2014).
Penambahan outlet tersebut bakal merambah sejumlah kota besar tidak terkecuali Surabaya. OT bergerak di bisnis ritel tersebut sejak pertengahan 2013.
Dan hingga saat ini 11 gerai yang ada itu masih tersebar diseputaran Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Bandung. Bahkan khusus untuk Bandung terdapat tiga outlet yang telah berdiri.
“Outlet kami tidak hanya menampung produk milik OT, melainkan juga produksi dari perusahaan lain. Hanya saja yang membedakan MOR Store dengan lainnya adalah kekhasan yang kami miliki yakni inovasi corner,” jelas dia.
Inovasi corner tersebut menampilkan produk berupa barang-barang simpel tapi inovasi yang tidak ditemukan di tempat lain. Selain itu MOR Store juga merupakan ritel dengan ciri convenience store.
Bahkan khusus untuk itu pengunjung bisa memesan langsung menu yang diinginkan dan semuanya dalam keadaan yang fresh karena MOR Store juga ditunjang dengan keberadaan chef. “Saat ini terdapat pergeseran gaya hidup. Masyarakat tidak hanya sekadar berbelanja saja, namun juga jalan-jalan bersama keluarga,” ujarnya.
Selain itu MOR Store juga mengklaim sebagai tempat belanja yang menjual brand asli Indonesia. Dengan konsep convenience, MOR diharapkan menjadi connected store yang nyamanbagi para pengunjungnya