Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bonta87Avatar border
TS
bonta87
(Blitar)Pekerja Bangunan Dituduh Punya Ilmu Santet, Disumpah Pocong, Tapi Batal
Puluhan warga Desa Gamprang, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur sudah berdatangan ke masjid desa setempat, Jumat (5/6/2015), untuk menyaksikan rencana pelaksanaan sumpah pocong.

Namun, di saat segala persiapannya sudah disiapkan, mendadak dibatalkan oleh Polres Blitar.

Padahal, Polres Blitar sendiri sejak pagi sudah menyiagakan satu pleton Dalmas, untuk berjaga-jaga di lokasi pelaksanaan sumpah pocong tersebut.

"Itu karena perangkat setempat sudah berhasil melobi kedua bela pihak yang berkonflik. Namun demikian, kami tetap akan memantaunya, jangan sampai keduanya bersitegang kembali," kata AKBP Muji Ediyanto, Kapolres Blitar, Jumat (5/6/205).

Abdul Muntolib (48), Kades Gaprang, mengatakan, kedua bela pihak yang berselisih sudah didamaikan. Sepertinya, mereka sudah bisa diajak berkomunikasi, agar tak melanjutkan rencana sumpah pocong.

"Mereka, sudah kami datangi ke rumahnya masing-masing. Tujuannya, agar jangan terjadi sumpah-sumpahan, baik sumpah pocong atau sumpah dengan Al Quran," kata Muntolib.

Diceritakan Muntolib, rencana sumpah pocong itu karena tak ada jalan lain, untuk menyelesaikan perselisihan antara Ahmad Cholil (48), dengan dua warga setempat, Kasturi (40), dan Agus (28). Sebab, entah dari mana sumbernya, Cholil dituduh memiliki ilmu hitam.

Munculnya tuduhan itu berawal dari keluarga mereka sakit keras dan akhirnya meninggal dunia. Yakni, Siti (19), meninggal dunia sekitar 40 hari lalu saat hamil tujuh bulan.

"Entah siapa yang memanas-manasi, akhirnya muncul isu kalau kematian korban akibat kena ilmu hitam. Ujung-ujung, tuduhan itu diarah ke dia (Cholil)," tuturnya.

Ditambahkan lagi, menurut Muntolib, tak lama kemudian, ada warga yang sedang sakit keras, yakni Marsiti (27), istrinya Agus. Di saat badannya panas, ia mengigau dan katanya, menyebut-nyebut nama Cholil.

"Akhirnya, tuduhan ke dia (Cholil) kian kuat dan jadi perbincangan warga," paparnya.

Puncaknya, menurut Muntolib, keluarga kedua orang itu, bahkan akan menggeledah rumah Cholil. Namun, itu berhasil dicegah petugas Polsek Kanigoro.

"Karena tak bisa didamaikan, akhirnya muncul wacana, untuk dilakukan sumpah pocong. Sebab, dia sendiri (Cholil) juga bersedia disumpah pocong. Itu karena ia ingin membuktikan, kalau dirinya nggak melakukan sesuatu seperti yang dituduhkan warga," paparnya.

Setahu Muntolib, meski Cholil itu pendatang, namun tak diketahui berprilaku aneh. Bahkan, ia dengan tetangga baik.

"Saya sendiri nggak percaya, kalau ia punya ilmu seperti itu (ilmu hitam). Jaman seperti ini kok masih ada orang bisa menyantet," ungkapnya.

Ditemui di rumahnya, Cholil terlihat syock. Ia tak menyangka kalau dirinya sampai dituduh menyantet tetangganya. Menurutnya, dirinya tak bisa apa-apa, apalagi sampai punya ilmu hitam seperti yang dituduhkan orang lain.

"Dari mana, saya punya ilmu seperti itu (menyantet). Jika tak percaya, silakan rumah saya digeledah. Memang, saya itu pendatang dan orang paling nggak punya di sini. Kerjaan saya hanyalah kuli bangunan. Sebenarnya, saya hari ini, masuk kerja namun karena akan disumpah pocong, terpaksa saya libur. Kalau saya nggak mau, dikira saya nggak berani karena memang punya ilmu seperti yang dituduhkan itu," paparnya.

Ia mengaku, dirinya tahu kalau dituduh punya ilmu hitam setelah diberi tahu istrinya. Saat istrinya belanja, banyak tetangga bertanya. Katanya, apa benar Cholil punya ilmu hitam. Ditanya seperti itu, menurut Cholil, istrinya kaget dan akhirnya malu.

"Namun, saya diam saja dan pasrah. Memang saya nggak bisa apa-apa dan tak melakukan apa-apa seperti yang dituduhkan itu. Namun, saya siap jika diajak sumpah apa saja karena saya merasa nggak salah," pungkasnya.

http://suryamalang.tribunnews.com/20...ong-tapi-batal

masih ada ya yg kayak ginian
0
1.7K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan