Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ianst57Avatar border
TS
ianst57
3 Alasan mengapa kita tidak perlu percaya adanya atlantis ?!
(sebelumnya saya tidak menghakimi plato bahwa dia berkhayal atau berbohong, saya lebih berpendapat bahwa kata katanya ttg atlantis adalah kata kata kiasan mengenai gambaran politik saat itu atau kejadian kejadian masa lalu yang disalah ceritkan)

Seperti yang kita ketahui dewasa ini, cerita adanya kerajaan atlantis berdasarkan catatan plato di buku timaeus dan critias, begini kurang lebih penjelasan ttg atlantis di buku tersebut

"Atlantis terhampar di seberang pilar-pilar Herkules, dan memiliki angkatan laut yang menaklukkan Eropa Barat dan Afrika 9.000 tahun sebelum waktu Solon, atau sekitar tahun 9500 SM. Setelah gagal menyerang Yunani, Atlantis tenggelam ke dalam samudra hanya dalam waktu satu hari satu malam"

mari kita bernalar mengapa atlantis hanyala khayalan plato ataubisa juga kata kata kiasan belaka.

1. Siapakah plato.
- dia adalah seorang filsuf dia bukan seorang sejarawan yang kredibilitasnya diakui
- dalam karyanya dan ajaran ajaranya dia banyak menggunakan mite mite dan dialog, sampai sampai karyanya digolongkan dalam karya sastra.

2. kronologi waktu atlantis.
- dikatakan atlantis ada sekitar 9000 tahun sebelum solon, berarti itu sekitar tahun 9500SM.
- sedangkan sampai saat ini sejarah tertua ttg peradaban dan budaya kerajaan kerajaan - dengan bukti bukti kuat yang mendukung, jauh lebih mudah dari tahun tersebut tidak lebih dari tahun 3000-4000SM.
- dan yang lebih parah pada tahun tersebut kerajaan yunani belum ada. sangat jauh sekali, kerjaaan yunani ada sekitar kurang lebih abad abad 9 - 7 SM. kerjaan yunani puncaknya sekitar abad 4-3 SM

3. adakah bukti otentik.
- selama ini bukti tentang atlantis hanya ada pada catatan catatan plato saja. tidak ada referensi lain dari sejarawan zaman itu atau catatan catatan lain apalagi reruntuhan kerajaan tersebut.

dari ketiga hal tersebut saya bependapat Atlantis tidak ada, atau tidak lebih dari kata kata kiasan plato mengenai kondisi politik saat itu.

mengapa atlantis digembar gemborkan, kemungkinan itu karena faktor uang. liat berapa banyak yang mengambil untung secara materi dari catatan plato ttg atlantis.

Diubah oleh ianst57 21-11-2014 06:17
0
14.1K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan