siigalingAvatar border
TS
siigaling
HIU, Sangar dan Mematikan, tapi Rapuh dan Butuh Perhatian
Sorry nih gan nubi mau coba bikin trit, sekaligus share tentang apa yang ane tau, kali aja agan semua jadi semakin peduli

Semua pasti tau ikan hiu lah ya? Ikan Top Predator penguasa lautan. Kali ini ane mau bahas sedikit tentang ikan Hiu dan sekelumit permasalahan yang dia alami
Wah gak nyangka jadi HT, PERTAMAX nih ane hehe..
Spoiler for HT:


Thanks buat yang udah share, rate, atau kasih cendolemoticon-Cendol (S)

Spoiler for HIU:


MUKADIMAH


Hiu atau yang disebut juga ikan cucut adalah salah satu top predator yang mendiami perairan laut yang ada di seluruh dunia. Cucut merupakan ikan bertulang rawan (Elasmobranchii) yang banyak terdapat di perairan Indonesia. Terdapat hampir 1150 jenis cucut dan pari (Elasmobranchii) yang tersebar di seluruh dunia, dan diduga terdapat lebih dari 350 jenis Elasmobranchii yang terdapat di perairan Indonesia.

Kenapa banyak? karena perairan Indonesia merupakan perairan yang dangkal dan beriklim tropis. Perairan tropis memiliki tingkat kesuburan yang tinggi sehingga banyak terdapat berbagai jenis ikan, termasuk makanan cucut yang mengundang cucut untuk datang ke perairan Indonesia. Perairan tropis Indonesia diibarakan sebagai "rumah" yang nyaman buat ikan hiu. Jumlah yang banyak ini mengundang banyak pihak buat mengeksploitasi sumberdaya hiu tsb.

Walaupun banyak dan sering ditangkap sama nelayan, ternyata sudah sangat jarang nelayan yang memang niat ke laut buat nangkep hiu. biasanya hiu ditangkap hanya sebagai bycatchatau hasil sampingan, dengan buruan utama mereka biasanya tuna, tongkol, tenggiri dan ikan2 besar lain. Menurut FAO, Indonesia menempati urutan teratas sebagai negara yang paling banyak memproduksi cucut dan pari setiap tahunnya dengan tingkat produksi sebesar 13% dari total produksi dunia. Bayangin 13% produk hiu pari yang beredar di dunia itu asalnya dari kita, Indonesia. Segitu cuma hasil samping, gimana kalo mereka pada niat berburu hiu?

Bangga? Pikir-pikir dulu!

Dibalik kegagahan dan kesangaran ikan hiu, ternyata dia menyembunyikan masalah yang sangat besar.
Spoiler for Pertama:


Spoiler for Kedua:


Spoiler for Ketiga:


Spoiler for Keempat:


Spoiler for Kelima:


Spoiler for Keenam:


Dengan semua hal diatas, sebagian besar hiu di dunia termasuk indonesia masuk ke Red List nya IUCN sebagai hewan yang terancam punah, dengan status Near Threatened(Hampir Terancam) Vulnerable (Rentan) sampe ke Critically Endangered (Sangat Genting).

Hiu itu sebagai TOP PREDATOR. tugas dia di alam sebagai penyeimbang ekosistem di bawahnya. (udah kayak Avataremoticon-Hammer (S) ). Kalo inget pelajaran SD tentang rantai makanan dan trofik level, hiu bertugas untuk memastikan supaya semua yang ada di level trofik di bawahnya gak berlebihan dan juga ngga kekurangan. kalo hiu gaada, rusak sudah rantai makanan dan mungkin kita semakin sulit untuk bisa menikmati seafood dalam beberapa tahun kedepan.


WHAT TO DO?

mengingat pentingnya peran hiu dan kondisi nya sekarang, ane rasa kita harus mulai sadar untuk melestarikan nya. jangan dulu berharap pemerintah tiba-tiba punya kebijakan yang ampuh buat konservasi hiu. karena ane tau pemerintah buat peraturan juga ngga gampang, perlu serangkaian proses panjang dan evaluasi sana sini.
ane ga berharap agan tiba-tiba demo di jalan atau buat petisi soal pelarangan sup sirip hiu. yang ane mau cuma agan SADAR aja. AWARE tentang apa yang terjadi di laut kita. menurut ane itu poin paling penting yang harus ada di diri kita. karena kalo kita udah sadar kita bisa mulai melakukan perubahan kecil dari diri kita sendiri.
yah sukur-sukur kalo yang suka makan sup sirip hiu mulai di kurangin.emoticon-Malu (S)

Spoiler for STOP SHARK FINNING:

Spoiler for WE, HUMAN, FAR MORE DANGEROUS THAN THEM:


Spoiler for SUMUR:


SALAM LESTARI

UPDATE


Kalo agan memang niat sampe baca skripsi ane, pasti ngebosenin karena gaada istilah yang namanya baca skripsi orang itu menyenangkan. Dan beberapa info yang ane tulis disini beberapa ada yg beda dari skripsi ane karena itu ditulis taun 2012-2013. sekarang udah 2015, udah banyak informasi terbaru yang ane dapet setelah studi lebih lanjut.

BTW ane kerja di salah satu lembaga riset nasional, tapi bidang ane kerja kali ini bukan ke riset hiu dan semacamnya. Mungkin kawan ane di bidang itu bisa memberi cukup konstribusi buat keselamatan hewan apapun di darat/laut.

Sebenernya memang gak cuma hiu yang butuh perhatian kita, pasti banyak, BANYAK BANGET. tapi ane gak berkompeten di ranah sana, mungkin ada agan lain yang coba kasih penjelasan lain. Semua yang ada di Bumi ini pasti ada fungsi dan manfaatnya, kalo sampe rusak/hilang pasti akan berpengaruh ke kita juga manusia.
Be Wise and Smart Enough Before Doing Anything.

Mau nambah beberapa info lagi yang ane rasa belum banyak yang bahas di forum2 manapun

Spoiler for Hiu HARUS terus berenang untuk tetap HIDUP:


Spoiler for Berburu adalah pertaruhan hidup mati:


KOMENG KASKUSER

Quote:


Bener banget gan, untuk beberapa spesies mereka memang sudah kanibal didalem perut induknya. Semua karena induknya "tidak selalu" bisa menyediakan nutrisi yg cukup buat si janin, jadi mereka yang tumbuh dan berkembang duluan bakal (dalam perut induk) "memanfaatkan" saudaranya yg belum bisa apa2. Itu salah satu cara mereka agar tetap bisa bertahan hidup, daripada semua anak dalam perutnya mati semua. Dunia mereka memang kejam gan.

Quote:


Ane coba gambarkan dengan sederhana. Anggaplah HIU (Ikan A) sebagai top predator semakin berkurang. Artinya ikan ukuran sedang yang biasanya dimakan oleh mereka (Ikan B), jadi gaada yang makan/sedikit yang makan. Karena sedikit yang bisa makan dia, jumlah Ikan B akan semakin banyak dan mendominasi. Ikan C sebagai makanan Ikan B, akan diburu habis2an oleh gerombolan ikan B yang lapar. Ikan B semakin banyak dan ikan C semakin sedikit. Lama kelamaan Ikan C akan sangat sedikit, dan muncullah kelaparan dan kematian masal Ikan B.
Sisa bangkai Ikan B sebagian akan dimakan oleh ikan karnivor lain, sebagian membusuk menjadi bangkai di dasar perairan. Udang, Lobster dan semua karnivor penghuni dasar perairan akan kebanjiran makanan dan akan tumbuh berkembang pesat. Akan terjadi ledakan populasi, dan akhirnya semua siklus diatas terulang lagi di semua tipe ekosistem di laut.

Quote:


Ada, dan ane pernah kesana. Tapi itu pun kecil banget dan airnya dangkal. Ane lebih liat itu sebagai "Kandang" sementara utk hiu, menunggu mati. Karena kalau dijual buat dimakan pun harganya murah disana, akhirnya dijual lah itu ikan ke penangkaran. Dari desain penangkarannya, ane rasa gak mungkin hiu disana untuk reproduksi. Karena habitat asli hiu membutuhkan tempat yang luas, dan tempat dengan kedalaman tertentu. Tempat itu lebih ke sekedar tempat dimana hiu bisa hidup, makan tinggal dikasih, sambil menunggu ajal. Yah minimal pengunjung bisa liat langsung hiu kalo di alam kaya gimana, siapa tau jadi kasian dan ikut peduli juga. emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:


Tergantung jenisnya, kalo Hiu yang sering kita liat di tipi itu panjang maksimal nya antara 1,5-3 meter-an. ane kurang update kalo soal ini. Tapi kalo hiu paling besar di dunia ya ikan Hiu Paus (Rhincodon typus) yang badan nya seukuran Bis malem lah kira2. Hiu terbesar yg pernah ane amati panjangnya kira2 1,8 - 2 meter. Itu gedeee banget menurut ane, lebih gede daripada manusia. Setelah dibelek isi perutnya, ternyata dlm perutnya ada potongan kepala lumba2 sebesar paha org dewasa.

Quote:


Kita memang gabisa berbuat banyak karena kita gapunya "power" disitu. Pertama kita perlu sadar dan peduli dulu, kalo memang bisa dan mampu dukung setiap gerakan konservasinya. Kedua, yang suka makan sup sirip hiu coba dikurangin, gaperlu di stop, cukup dikurangin aja. Dengan pengurangan permintaan atas sirip hiu, ane yakin suplly nya juga bakal berkurang secara sendirinya (hukum ekonomi). Kalo yang gak suka makan hiu, ya cukup sharing ke temen aja tentang hal ini.
Membentuk kesadaran akan lingkungan itu jauh lebih sulit daripada aksi nyata di lapangan.

Quote:


Quote:


Ane kurang paham soal apa kandungan di sirip hiu, ane sebagai org riset gabisa begitu aja percaya aja sama berita, kecuali memang ada orang yg berkompeten di bidang ini yg pernah neliti. Enak atau ngga dagingnya ane gatau, ane pernah makan nya yg di asin doang, yg sup blm pernah coba, dan gamau nyoba juga.
Tapi yang ane tau dan baca, orang Asia makan sup hiu bukan karena khasiat dan manfaat makanannya, tapi lebih ke GENGSI, merasa status sosialnya bisa dibuktikan dengan makan makanan mahal ini.
yes, PRIDE, thats turn us super duper bloody idiot!!

Quote:


45 menitan, kalo mau nonton silahkan, isinya kurang lebih seperti yang ane jabarkan diatas
Diubah oleh siigaling 05-06-2015 10:14
0
90.7K
487
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan