Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cingelingAvatar border
TS
cingeling
Kartu Sakti Jokowi Banyak Tak Dimengerti


Program “kartu sakti” yang dicanangkan oleh Kabinet Kerja di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo ternyata banyak belum dimengerti kegunaannya oleh masyarakat luas. Kondisi ini terlihat saat pembagian kartu yang terdiri dari Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Magelang, Jawa Tengah, Selasa (2/6).

"Ini kartu sehat. Ehm....buat apa ya...ehm....belum tahu," kata seorang warga Desa Borobudur, Munhamirotun, ketika ditemui CNN Indonesia di depan Balai Desa Borobudur, Magelang, Selasa (2/6).

Sama halnya dengan Munhamirotun, warga desa lain yakni Suroyo juga mengaku belum tahu manfaat kartu sakti yang ada di tangannya. "Saya belum tahu. Belum dikasih tahu," ujar Suroyo.

Lebih jauh lagi, menurut Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Borobudur Sodiqasnawi, masih banyak juga warga yang bahkan tidak tahu mereka sudah terdaftar sebagai penerima KIS, KKS, dan KIP sehingga banyak yang merasa mendapat secara tiba-tiba.

"Kami sudah kirim data mereka ke pusat, tidak diumumkan jadi belum tahu. Soalnya kalau nanti diumumkan sebelumnya kan belum tentu lolos verifikasi datanya. Belum tentu mereka jadi dapat," ujar Sodiq memberi alasan.

Sodiq menjelaskan, terkadang banyak warga yang sudah merasa mereka bakal mendapat bantuan padahal baru melalui tahap pendataan dan belum tentu layak menerima bantuan.

"Kalau didata saja mereka sudah nagih, mana, mana, mana? Kami datang saja dikira ada bantuan. 'Mau ngasih apa?' kata mereka," ujar Sodiq. "Jadi kalau sudah turun baru dikasih tahu."

Untuk itu, menurut Sodiq, warga membutuhkan penjelasan yang lebih mendasar lagi tentang program kartu sakti Jokowi tersebut. Hal ini dibutuhkan agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam menggunakannya. "Jadi memang kalau di tingkat bawah pelan-pelan penjelasannya," ucap Sodiq.

Pelaksanaan jaminan kesehatan
Meski baru kali pertama mendapatkan KIS, KIP, dan KKS, namun warga Magelang sebenarnya sudah akrab dengan program seperti ini. Apalagi dengan KIS, sebab sebelumnya ada program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Mereka menganggap program ini berbeda padahal sebenarnya sama saja.

Sodiq pun berharap program kartu sakti nantinya bisa lebih baik Jamkesmas. Pasalnya, pelaksanaan Jamkesmas masih menemui banyak kendala.

"Biasanya pada Jamkesmas klaim dan pelayanan rumah sakit kurang maksimal. Kadang kami dinomorduakan," jelas Sodiq. (Baca: Jokowi: Lapor Presiden Kalau Tak Dilayani RS)

Ia juga mengatakan, seringkali penerima Jamkesmas mendapat pelayanan yang berbeda dari pasien yang lainnya. "Pelayanannya tidak secepat yang bayar," ujarnya.

Tapi, Sodiq mengatakan tidak ada peserta yang mengalami kasus penolakan di rumah sakit ketika memakai Jamkesmas. Menurut Sodiq masyarakat sudah tahu dan sudah paham prosedur yang harus dilakukan ketika mereka sakit.

"Prosedurnya sudah tahu. Pertama mereka ke puskesmas pembantu, baru dirujuk. Kecuali kondisinya darurat," kata Sodiq.

Bahkan, Sodiq mengatakan masyarakat desa justru lebih tertata dan lebih tertib. "Masyarakat lebih tertata saya kira. Lebih nurut kalau dikasih tahu," ujarnya.

http://www.cnnindonesia.com/nasional...ak-dimengerti/

Pegang Kartu Sakti, Warga Magelang Tak Tahu Fungsinya


Tenda merah putih yang terpasang di depan Balai Desa Borobudur, Magelang sudah dipenuhi warga sejak pukul 3 sore. Ratusan bangku yang tersedia tampak terisi penuh oleh warga yang mendapatkan undangan untuk menerima kartu sakti dari Presiden RI Joko Widodo.

Selasa (2/6) sekitar pukul 5 sore, Presiden RI Joko Widodo membagikan Kartu Sakti secara langsung kepada warga Kecamatan Magelang. Ada 1.156 Kartu Indonesia Sehat (KIS), 386 Kartu Indonesia Pintar (KIP), 279 Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan 50 Kartu Asistensi Sosial Orang Dengan Kecacatan Berat atau Kartu Disabilitas (KD).

"Saya sudah datang dari jam setengah tiga sama suami saya," kata warga Sabrangrowo yang ikut menunggu, Munhamirotun kepada CNN Indonesia, Selasa (2/6).

Lain lagi dengan Suroyo. Ia datang lebih awal dibandingkan Munhamirotun. Suroyo dan keluarganya sudah datang sejak pukul 2 siang. "Saya datang jam 2. Berempat sama istri, sama anak naik sepeda motor tua," kata Suroyo seraya tertawa.

Meski sudah menunggu cukup lama, mereka pun senang dan sangat menantikan pertemuannya dengan RI 1 itu. "Rasanya senang sekali. Orang kecil kalau ketemu orang besar ya senang," ujar Suroyo sambil tersenyum lebar.

Semua warga Kecamatan Borobudur, Magelang yang hadir pun terlihat begitu tertib dan sabar menunggu kedatangan Jokowi. Bahkan sangat jarang warga yang terlihat beranjak dari tempat duduknya. Suara obrolan mereka pun tidak membuat keriuhan yang berarti.

Saat panitia memberikan arahan pun mereka terlihat serius menyimak. Warga pun kompak menjawab ketika diminta panitia merespon. "Nanti kalau ditanya Pak Jokowi, Kartu Indonesia Sehat warna apa?" ujar seorang panitia. "Hijau," jawab warga serentak.

"Kartu Keluarga Sehat warna apa?" "Merah."
"Kartu Indonesia Pintar?"
"Ungu."

Semua warga terlihat sudah memegang kartu sakti Jokowi di tangannya. Ada juga yang menaruh di saku bajunya. Ada yang memegang KIS, memegang KIS dan KKS, ada juga seorang anak yang riang memperlihatkan KIP di tangannya.

Tapi, begitu CNN Indonesia bertanya apa kegunaan kartu sakti di tangan mereka, warga ternyata belum tahu. "Ini kartu sehat. Ehm....buat apa ya...ehm....belum tahu," kata Munhamirotun sambil tersenyum-senyum.

Sama halnya dengan Suroyo. Ia juga mengaku belum tahu kegunaan enam kartu sakti yang ada di tangannya itu. "Saya belum tahu. Belum dikasih tahu," ujar Suroyo.

http://www.cnnindonesia.com/nasional...ahu-fungsinya/

JOKO MAH EMANG GITU ORANGNYA!!!
PUNYA PERENCANAAN TAPI GAK MATANG. ADA MENTERI DAN BAWAHAN TAPI GAK DISURUH BERI SOSIALISASI, BISA2 KARTUNYA BUAT NAIK COMMUTER LINE emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh cingeling 03-06-2015 03:07
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.7K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan