Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unknownoneAvatar border
TS
unknownone
Kenali Penyakit Lewat Bau Napasmu
Kenali Penyakit Lewat Bau Napasmu

TEMPO.CO, Jakarta: Napas ternyata bisa dijadikan penanda atawa alat deteksi penyakit yang sedang diderita. Sebab, jika Anda sakit, ada banyak kandungan kimia dalam mulut yang juga keluar ketika Anda bernapas.

Dengan demikian, penting mengetahui jika Anda sedang tidak sariawan, gusi bengkak, amandel, atau penyakit mulut lainnya, dan napas Anda berbau, besar kemungkinan Anda menderita diabetes, asam lambung, kerusakan hati, atau bahkan sakit jantung.

Bberikut ini beberapa penyakit yang bisa dideteksi melalui bau mulut.

1. Asam lambung
Penderita asam lambung biasanya merasakan pergolakan dalam perut yang diakibatkan asam yang bergerak naik ke dalam pipa makanan dan juga mulut. Penyakit ini bisa melemahkan proses pencernaan makanan dalam lambung yang kemudian membusuk dan menyebabkan bau busuk melalui napas.

2. Infeksi saluran napas
Infeksi saluran pernapasan, seperti asma, bronkitis, dan sinusitis, menyebabkan bau busuk pada napas. Bakteri lendir terakumulasi dalam paru-paru dan saluran pernapasan sehingga menyebabkan bau saat bernapas.

3. Diabetes
Penderita diabetes memiliki aroma napas yang khas menyerupai bau penghilang cat paku atau terkadang mirip aroma buah. Jika mengalami kondisi seperti itu, tandanya senyawa keton beracun sedang terakumulasi dalam darah. Senyawa keton menyebabkan bau yang terbentuk akibat pemecahan lemak dan protein otot.

4. Gagal jantung
Sebuah analisis menunjukkan bahwa aroma napas dapat mendiagnosis penyakit jantung. Sampel napas yang diambil nantinya diperiksa untuk beberapa senyawa volatil untuk mendeteksi penyakit jantung.

5. Gagal ginjal
Bau napas juga bisa menjadi indikasi gagal ginjal. Sebab, amonia terakumulasi dalam darah sehingga bau khas akan keluar melalui napas. Amonia adalah limbah beracun yang dikeluarkan melalui urine. Ketika ginjal tidak bekerja, maka amonia akan terakumulasi dalam darah.


RINA ATMASARI | BOLDSKY

Source:
http://gaya.tempo.co/read/news/2015/...at-bau-napasmu

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
0
1.5K
16
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan