Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

apeyehAvatar border
TS
apeyeh
Berumur 19 Tahun, Habibie Sudah Buat 'Pesawat Terbang' Untuk Mainan
Berumur 19 Tahun, Habibie Sudah Buat 'Pesawat Terbang' Untuk Mainan

Jakarta - Dalam pertemuan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) yang merupakan wadah bagi ilmuwan Indonesia, salah seorang profesor bertanya soal drone‎ yang berhasil diciptakan oleh mahasiswa ITB kepada pendiri AIPI, BJ Habibie.

Drone ciptaan mahasiswa itu dapat diterbangkan dari darat, laut maupun sungai‎ dengan daya jelajah hingga 100 Km untuk mengamankan wilayah Indonesia terutama perbatasan. Apa tanggapan Habibie?

Menjawab hal tersebut, Habibie meminta seorang stafnya menunjukkan sebuah foto dirinya berukuran sedang‎ saat masih muda tengah memegang drone. Foto itu bertuliskan pada bagian atasnya nama 'Rudy'.

"Ini saya usia 19 tahun di Jerman. Saya buat pesawat terbang remote control itu yang saya pegang. Kalau jatuh ya jatuh, tapi bapak harus tahu, kalau saya bisa buat itu pada waktu itu hanya main. Sekarang makro elektrik bisa melayang, kita bisa rekayasa tapi tidak bisa angkut manusia," kata Habibie.

Hal itu disampaikan di hadapan pengurus dan anggota AI‎PI sekitar 50 orang di perpustakaan Habibie-Ainun kediamannya di Jalan Patra Kuningan 13, Jaksel, Minggu (24/5/2015). Hadir ketua AIPI Prof Sangkot Marzuki, Prof Emil Salim dan lainnya.

Habibie lalu menjelaskan maksud yang ingin disampaikannya. Bahwa saat ini industri pesawat yang dibutuhkan adalah pesawat yang mampu mengangkut manusia. Data di Indonesia pertumbuhan jumlah penumpang dalam 10 tahun terakhir rata-rata 19,6 persen tiap tahun.

"Pak, bagus kalau mereka buat (drone). That's oke, cuma saya perlihatkan saat umur 18 tahun belum dapat S1 kontruksi pesawat terbang, ‎ belum ada elektronik. Sekarang orang pakai teknologi remote, tapi tidak bisa angkut orang," ujar mantan Presiden RI itu.

"Kita bisa jadikan itu untuk memantau perkembangan, it's oke. Tapi yang kita butuhkan bagaimana pertumbuhan 19,6 persen tiap tahun tadi. Penuhi dari mana? Import. How? Tell me," lanjutnya.

Habibie mengatakan, peningkatan jumlah penumpang pesawat berkaitan dengan GDP (Gross Domestic Product). Sebagai negara kepulauan, menghadirkan pesawat yang dapat diproduksi sendiri adalah keharusan. Tapi dia optimis Indonesia bisa mengembangkan pesawat terbang yang pernah dibuktikannya itu.

"Untuk bisa buat pesawat terbang, high complex. Waktu itu saya belum S1, tapi sudah bisa menghitung (kebutuhan pesawat terbang dalam negeri). Jadi saya bersyukur anak-anak muda antusias," ucap Habibie.

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(bal/mad)

sumur : http://news.detik.com/read/2015/05/24/173558/2923442/10/berumur-19-tahun-habibie-sudah-buat-pesawat-terbang-untuk-mainan

kadang definisi membuat, memodif, merakit suka kebalik2...
gw bangga sama Paha Bibi....Presiden Paporit gw Sepanjang Masa...
0
1.6K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan