Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bloodyhartAvatar border
TS
bloodyhart
Mr 10 Persen, Pria di Balik Terbongkarnya Skandal FIFA
TEMPO.CO, Jakarta - Chuck Blazer selalu membawa "sial" menjelang pemilihan presiden induk asosiasi sepak bola dunia (FIFA). Pada 2011, pria berambut keriting dengan jenggot  berwarna kelabu itu menyita perhatian karena berani membongkar dugaan suap Mohamed bin Hammam, calon Presiden FIFA kala itu. 

Joseph "Sepp" Blatter akhirnya lempeng-lempeng saja meraih kembali kursi Presiden FIFA lantaran Hamman mundur dari pencalonan. Kasus tersebut sekaligus mengantar Hamman ke dalam jerat larangan bergelut di dunia sepak bola."Saya melewati beberapa anggota yang ditawari uang tunai untuk suara mereka dalam pencalonannya. Saya harus katakan ini secara luas dan jelas," kata Blazer saat itu.

Hilang bak ditelan bumi, wajah Blazer kembali menghiasi media massa sejagat dalam dua hari terakhir. Dia dikaitkan dengan penangkapan sembilan pejabat senior FIFA di Hotel Baur au Lac di Zurich, Swiss, Rabu, 27 Mei 2015. Mereka dituduh terlibat dalam penggelapan, pemerasan, serta pencucian uang dalam penawaran hak siar televisi dan pemasarannya serta pemilihan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. 

Blazer adalah pendiri sekaligus Sekretaris Jenderal Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (CONCACAF) 1990-2011. Jabatan itu mengantarkannya ke jajaran anggota Komite Eksekutif FIFA 1997-2013. Selaku pejabat dan pendiri CONCACAF, ia memiliki hak mendapatkan 10 persen dari semua pendapatan serta keuntungan organisasi tersebut.  Bahkan rekening pribadinya menjadi tempat penampungan duit perusahaan. Dia pun dijuluki sebagai Mister 10 Persen. 





Penghasilan yang wah membuat gaya hidup Blazer bergelimang kemewahan. Dia menyewa tiga unit apartemen mahal, yakni di Miami, New York, dan Bahama. Salah satunya di Trump Tower, gedung pencakar langit di New York, seharga Rp 237 juta per bulan. Apartemen itu menjadi kandang kucing dan burung  peliharaannya.

Pria yang dulunya hanya anak muda sederhana yang tinggal di Westchester County, New York, itu mengendarai Hummer H2 seharga Rp 3 miliar dan memiliki pesawat jet pribadi. Sebagai konglomerat, tak sulit bagi Blazer untuk berjalan-jalan bersama tokoh dunia seperti Hillary Clinton, Vladimir Putin, dan Nelson Mandela. Hal itu terlihat dalam pose mereka di blog Blazer.

Kendati demikian, kehidupan yang serbamahal membuat Blazer terjebak utang kartu kredit hingga Rp 382 miliar. Kasus ini kemudian merembet pada dugaan pemerasan, penipuan, konspirasi, pencucian uang, penggelapan pajak, dan kegagalan mengajukan Laporan Bank Asing dan Akun  Keuangan (FBAR). Departemen Kehakiman AS menuntutnya hukuman penjara maksimal 15 tahun dan denda Rp 25 miliar.

Terjepit beragam kasus, Blazer terpaksa menuruti keinginan Biro Investigasi Federal (FBI) menjadi "peniup peluit" kasus korupsi di  FIFA. Dengan harapan, pengakuan bersalahnya serta keterlibatannya dalam pengusutan kasus korupsi ini bisa mengurangi hukuman yang  mengancamnya. 

Pada 2012, dia ditugaskan FBI mengatur pertemuan 44 perwakilan FIFA sebelum Olimpiade London. Satu per satu pejabat itu dikirimi e-mail secara langsung oleh Blazer. Berhasil membuat pertemuan, Blazer lantas dibekali gantungan kunci yang berisi mikrofon kecil. 

Ia merekam informasi yang disampaikan semua pejabat tersebut, termasuk  Presiden FIFA Sepp Blatter. Temuannya kemudian menjadi bukti dalam pengusutan korupsi proses bidding tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 di Rusia dan Qatar. Sebanyak 13 pejabat FIFA dinyatakan terjerat dalam kasus ini.

Blazer, yang kini berusia 70 tahun, terbaring lemas di Rumah Sakit NewYork-Presbyterian. Wajahnya pucat. Tubuh tambunnya yang dulu menampung banyak kemewahan digerogoti penyakit kanker usus. Namun usahanya membongkar borok FIFA membuatnya mendapat apresiasi dari banyak pihak. Ia pun digambarkan dalam meme sebagai Sinterklas sekaligus bajak laut. 

sumber:tempo.co

m.tempo.co/read/news/2015/05/28/099670230/mr-10-persen-pria-di-balik-terbongkarnya-skandal-fifa

tambah rame aja nii fifa yak
Diubah oleh bloodyhart 28-05-2015 10:12
0
3K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan