NegativeREAL186Avatar border
TS
NegativeREAL186
PENJELASAN ILMIAH MENGENAI SUARA ANEH DI LANGIT EROPA DAN AMERIKA YANG MISTERIUS
Sekedar ingin menjelaskan thread dari : http://m.kaskus.co.id/post/55630056d675d4806d8b4569#post55630056d675d4806d8b4569


Penjelasan Ilmiah Tentang Suara Terompet dari Langit yang Menggemparkan

“Suara dari langit” seperti yang diberitakan di bawah memang menyeramkan. Apa penjelasan ilmiah yang mungkin?

Kebetulan disertasi saya di Dept. of Applied Electronic Science and Technology, Shizuoka Univ. (1997) adalah tentang propagasi (rambatan) gelombang suara/ultrasonik dan interaksinya dengan medium, partikel dan gas.

Pertama, secara teoritis/prinsip gelombang suara HANYA timbul/muncul (dari kondisi yang tadinya tidak ada) karena adanya perubahan densitas/kerapatan medium (udara) yang terjadi secara cepat. Secara fisika gelombang suara didefinisikan sebagai rambatan tekanan dalam medium yang menyebabkan perubahan kerapatan medium. Sebagai contoh, pada saat kita menepuk meja dengan tangan, tekanan keras dan cepat dari tangan menyebabkan udara tepat pada saat tangan mengenai meja mengalami kompresi/desakan secara cepat menimbulkan suara hentakan. Hal yang sama terjadi pada mesin pesawat atau benda berputar/baling-baling. Panas juga bisa menimbulkan gelombang suara apabila menyebabkan perubahan suhu dan kerapatan medium secara cepat.

Kedua, gelombang suara berbeda dengan gelombang elektromagnetik (cahaya, microwave, radio); gelombang suara hanya bisa merambat apabila ada medium (udara, tanah, zat cair atau padat). Jadi TIDAK MUNGKIN ada gelombang suara yang merambat berasal dari angkasa luar/langit sampai pada atmosfir bumi, karena di luar atmosfir tak ada medium (ruang hampa) yang tak memungkinkan gelombang suara bisa merambat. Jadi kemungkinan suara berasal dari meteor di angkasa tak mungkin, dan kemungkinan suara berasal dari gelombang elektromagnetik seperti dilansir UnionTribune San Diego sangat kecil, karena gelombang elektromagnetik tak akan berubah menjadi gelombang suara kecuali melewati zat piezoelektrik, dan udara tak mempunyai sifat piezoelektrik.

Ketiga, gelombang suara mengalami pemantulan/pembelokan saat melewati medium dengan kerapatan berbeda. Gelombang suara dari dalam tanah ke udara atau dari dalam air ke udara lebih dari 99%-nya kembali ke tanah/air. Jadi kemungkinan suara berasal dari dalam perut bumi (karena aktifitas geologi) sangat kecil sekali.

KESIMPULANNYA, suara yang terdengar luas di langit Eropa hingga Amerika Utara adalah berasal dari atmosfir bumi sendiri, bukan dari angkasa luar, dan bukan dari perut bumi. Dan penyebabnya tidak lain karena adanya perubahan kerapatan lapisan udara pada atmosfer bumi sendiri. Yang memungkinkan jadi penyebabnya adalah perubahan suhu yang mendadak karena perubahan musim atau perubahan kerapatan lapisan udara karena proses rusaknya lapisan ozon yang cepat akibat reaksi kimia dengan zat pencemar udara.

Kalau penyebabnya adalah karena rusaknya lapisan ozon yang cepat, hal ini akan menjadi WARNING buat populasi di bumi.

Demikian, semoga membantu.

Dr Warsito Purwo Taruno

======================================

Sumber : line Dakwah Islam
0
2.4K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan