Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aghilfathAvatar border
TS
aghilfath
[MAKAM HITLER] Kisah Wali Kota Risma yangMenelusuri Makam Adolf Hitler di Surabaya

Beberapa waktu lalu, masyarakat Indonesia, khususnya warga Surabaya sempat digegerkan dengan kabar bahwa pemimpin Nazi Adolf Hitler meninggal dan dimakamkan di Kota Pahlawan. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pun akhirnya angkat bicara soal kabar tersebut. Berdasarkan tulisan yang dilansir di enciety.cowali kota yang akrab disapa Risma itu mengaku telah menemukan makam yang disebut-sebut sebagai tempat peristirahatan Hitler. Kuburan itu terletak di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ngagel Utama, Surabaya.
Risma mengaku dirinya menelusuri makam orang yang disebut-sebut sebagai Hitler setelah dirinya mendapat informasi dari budayawan Indonesia, Emha Ainun Najib alias Cak Nun. Kepada Risma, Cak Nun mengatakan bahwa ada salah satu dokter asal Jerman bernama, dr Georg Anton Poch meninggal dunia di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Dokter tersebut akhirnya dimakamkan diTPU Ngagel Utama.
“Cak Nun bertanya ke saya, apa ada dokter asal Jerman yang meninggal dan dimakamkan di Ngagel. Kalau itu betul, berarti itu adalah Adolf Hitler. Dia hanya mengganti namanya saja menjadi dr. Poch,” tutur Risma di Graha Sawunggaling Rabu (1/4).
Untuk memastikan apa yang dikatakan Cak Nun, Risma pun bergegas untuk ke lokasi makamyang dituju. Ternyata benar, Risma menemukan makam seorang dokter asal Jerman. “Setelah saya cek langsung, ternyata memang ada. Dia dokterdi rumah sakit dr. Soetomo,” kata Risma.
Tapi, Risma tidak berani memastikan apakah makam itu benar-benar peristirahatan terakhir Hitler seperti yang dikatakan Cak Nun. “Dari data catatannya memang dijelaskan bahwa makam itu sudah ada (dr. Poch). Tapi saya belum menelitinya, apa benar makam itu benar-benar makam Hitler?” tambahnya.
Menurut Risma, untuk memastikan kebenaran bahwa makam itu adalah makam Hitler harus diadakan penelitian dan kajian lebih dalam.
Meski begitu, katanya adanya makam dr. Poch di Surabaya adalah bukti bahwa Surabaya kota yang bersejarah.
Cerita kematian dan makam Hitler di Surabaya berawal dari sebuah artikel di Harian Pikiran Rakyat pada tahun 1983. Penulisnya bernama dr Sosrohusodo, dokter lulusan Universitas Indonesia yang pernah bertugas di kapal yang dijadikan rumah sakit bernama Hope di Sumbawa Besar.
Dia menceritakan pengalamannya bertemu dengan dokter tua asal Jerman bernama dr.Georg Anton Poch di Pulau Sumbawa Besar tahun 1960.Sementara dari sumber wikipedia menyebutkan bahwa dr. Poch adalah pria asal Jerman yang lahir pada 1889 dan meninggal di Surabaya 15 Januari 1970 pada usia 81 tahun. Berdasarkan penelusuran dari beberapa sumber, memang ada kemiripan antara wajah Adolf Hitler dan dr.Georg Anton Poch. Namun beberapa kalangan yakinbahwa mereka adalah dua orang berbeda. Salah satu hal yang membedakan mereka adalah betuk telinga mereka sangat berbeda.(wh/enciety.co/mas/jpnn)

Sumber : http://m.jpnn.com/news.php?id=295695&page=1

Benarkah makam dr Poch di Surabaya sejatinya adalah Adolf Hitler?

Merdeka.com -Informasi yang menyebut bahwa pendiri Partai NAZI, Adolf Hitler dimakamkan diSurabaya, Jawa Timur kembali mengemuka. Bahkan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengaku sudah mendapat informasi hal itu. Risma pundibuat bingung dengan kabar tersebut.
Makam tokoh diktator asal Jerman di masa Perang Dunia II itu disebut-sebutberada di sebelah barat pusara Soetomo, atau Bung Tomo, tokoh Perang 10 November 1945 di Surabayadi TPU Ngagel. Kata Risma, di pusara, yang diduga tempat persemayaman Hitler itu, tertulis nama dokter Poch asal Jerman, yang setelah ditelusuri adalah dokter yang pernah bertugas diRSUD dr Sutomo Surabaya.
Wali kota perempuan pertama di Kota Pahlawan ini mengaku, menerima informasi keberadaan yang disinyalir milik Hitler itu, dari seseorang yang dipanggilnya dengan Cak Nun.
"Ada yang ngasih tahu saya, tepatnya orang itu adalah Cak Nun. Cak Nun itu yang ngasih tahu apa ada dokter asal Jerman yang meninggal dan dimakamkan di Ngagel?," kata Risma di sela menghadiri acara HUT ke 9 salah satu media online di Surabaya, Rabu (1/4) kemarin.
Ya kalau betul itu memang makamnya Hitler, lanjut Risma, berarti dia hanya mengganti namanya saja (dr Poch). "Setalah dapat informasi itu, kita langsung cari tahu dengan mendatangi langsung lokasi dan mencari makamnya. Ternyata memang ada. Dia itu dokter di rumah sakit dokter Sutomo. Di situ ditulis dengan nama dr Poch," sambungnya.
Terkait kebenaran makam Hitler di Ngagel itu, Risma tidak berani memastikannya. "Kalau soal data atau catatan kematian makam itu, kita sudah ada, tapi belum kita teliti, apa benar itu makam Hitler atau memang makam dokter Poch asal Jerman," tandasnya.
Kematian tokoh bergelar Fuhrer und Reichskanzler itu, sampai saat ini memang masih jadi misteri. Ada yang menyebut Hitler tewas bunuh diri dalam bangker di Berlin, Jerman pada 30 April 1945. Namun ada juga yang mengatakan dia meninggal di Argentina, ada pula yang menyebut Brasil, dan di Amerika Selatan.
Hitler sendiri, pada masa Perang DuniaII dikenal sebagai politisi Jerman dan Ketua Partai NAZI atau Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP dalam Bahasa Jerman), Partai Pekerja Jerman Sosialis Nasional.

Sumber : http://m.merdeka.com/peristiwa/benar...lf-hitler.html

Waduh klo bener bakal rame nih kota buaya emoticon-Bingung
Diubah oleh aghilfath 03-04-2015 13:14
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
7.7K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan