- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Peta Kekuatan E-Commerce Indonesia Berdasarkan Hasil Survey, FJB Apa Kabar?


TS
uc.lover
Peta Kekuatan E-Commerce Indonesia Berdasarkan Hasil Survey, FJB Apa Kabar?
Quote:
Perkembangan startup di Indonesia, beberapa tahun belakangan masih didominasi oleh bisnis e-commerce. Khususnya yang menawarkan produk fashion dan elektronik. Jumlahnya pun cukup banyak, karena itulah perusahaan analisa dan website pasar W & S Group melakukan riset untuk mempelajari website e-commerce apa yang paling dikenali oleh masyarakat Indonesia. Penasaran dengan hasilnya?
UPDATE
Survei website e-commerce paling populer di Indonesia
Ketut Krisna Wijaya
Perkembangan startup di Indonesia, beberapa tahun belakangan masih didominasi oleh bisnis e-commerce. Khususnya yang menawarkan produk fashion dan elektronik. Jumlahnya pun cukup banyak, karena itulah perusahaan analisa dan website pasar W & S Group melakukan riset untuk mempelajari website e-commerce apa yang paling dikenali oleh masyarakat Indonesia. Penasaran dengan hasilnya?
Website paling populer
Merek merupakan salah satu aset penting dan juga menjadi identitas sebuah perusahaan. Kepopuleran sebuah merek bisa digunakan sebagai tolak ukur kinerja sebuah perusahaan, menggunakan konsep yang disebut Popular Brand Index. Dengan perhitungan dari empat variabel data, yakni top of mind (merek yang pertama kali diingat), expansive (tingkat penyebaran website), last used (total penggunaan dalam tiga bulan terakhir), dan future intention (merek yang akan dibeli di waktu mendatang).

Hasil riset pertama menunjukkan bahwa Lazadadan OLX merupakan website e-commerce paling populer dikalangan masyarakat dengan skor 29,2 diikuti oleh OLX diposisi kedua dengan skor 22,1 dari 47 persen responden survei yang dilakukan oleh W&S Indonesia ini, yang keseluruhannya berjumlah 864 responden.
Website paling dikenal
Selanjutnya untuk mengetahui kekuatan dari website e-commerce tersebut, W&S Group melakukan riset dengan mengukur tingkat pengetahuan responden terhadap website tersebut.

Dengan memakai data Top of Mind, hasilnya menunjukkan bahwa Lazada menempati peringkat pertama dengan 40,7 persen, diikuti oleh OLX dengan 18,6 persen, dan FJB kaskus dengan 9,1 persen. Sebagai website e-commerce paling dikenal di Indonesia.
Tingkat penyebaran website

Kemudian, menggunakan data Expansive untuk mencari tingkat penyebaran website. Hasilnya sedikit berbeda, kali ini OLX menempati peringkat pertama dengan nilai 33 persen diikuti Lazada pada peringkat kedua dengan 27,7 persen, dan Berniaga pada urutan ketiga dengan 10,8 persen. Hal ini menunjukkan bahwa website tersebut memiliki banyak iklan di internet atau televisi serta mempunyai sosial media yang aktif.
Persentase pengunjung

Dengan data Market Share yang diambil dari dari bulan Maret hingga Mei tahun ini. Lazada kembali menempati peringkat pertama dengan 23,7 persen, OLX dengan 21,4 persen, dan Berniaga dengan 9,3 persen. Sebagai website dengan persentase pengunjung paling tinggi. Hal ini merupakan salah satu dampak positif yang diakibatkan oleh kepopuleran website.
Persentase pengunjung kembali
Dari persentase data Future Intention yang diukur dari responden yang royal dan yang akan berpindah dalam data. Diperoleh hasil yang sama, dimana Lazada berada di peringkat pertama dengan 21,9 persen, OLX 18,1 persen, dan Berniaga 10,2 persen. Ini menunjukkan bahwa ketiganya merupakan website yang paling diminati dan memiliki peluang yang sangat besar akan dikunjungi di masa yang akan datang.
Persentase pengunjung yang beralih

Selanjutnya merupakan persentase jumlah pengunjung yang beralih ke website lain. Dari 864 responden, ditemukan bahwa 56,1 persen pengunjung akan beralih ke website e-commerce lain.

Pada persentase ini juga ditemukan bahwa website lain yang akan dikunjungi selanjutnya adalah Lazada dengan 19,8 persen, Berniaga 12,4 persen, dan OLX 12,0 persen.
Internet sebagai media marketing utama

Dari 752 responden yang diteliti, ternyata 96,7 persen responden rutin menggunakan Internet. Diikuti oleh televisi dengan 83,9 persen dan media cetak sebanyak 50 persen responden.
Selain itu juga ditemukan bahwa produk iklan yang paling menarik masyarakat adalah perangkat digital seperti smartphone, tablet, laptop, dan lainnya.
Riset ini diikuti oleh 864 orang yang terdiri dari 54,2 persen laki-laki dan 45,8 persen wanita. Dengan rentang umur mulai dari 17 hingga 50 tahun yang berasal dari provinsi dan kota besar di Indonesia.
kesimpulan : dari berbagai kriteria ternyata LAZADA mengungguli dari e-commerce lainnya. ditunjang dengan aplikasi mobile android yang mumpuni yang tersedia gratis di Google Play. Download Gratis Di Google Play.
semoga FJB bisa lebih baik kedepannya dan menjadi yang terbaik



sumber: id.techinasia.com
Quote:
Jika berkenan mampir ke thread ane yang lainnya
* Sembunyikan Hal-hal Pribadi Agan di Android Agar Bebas Dari Para PengintipAPLIKASI YANG LAGI NAIK DAUN
* Buka Aplikasi Android Sekarang Tidak Ribet Gan, Cek Tipsnya Disini HOT TIPS
* Tips agar tombol fisik (HOME) android agan lebih awet
* Selain real time notification, UC Browser juga menjajikan fitur kejutan di versi terbarunya.
* Jengkel kinerja android agan menjadi lamban dan RAM terasa berat? coba aplikasi ini gan
* Pantau pemakaian batre android agan dengan aplikasi ini agar daya menjadi jauh lebih hemat
Diubah oleh uc.lover 21-05-2015 20:52
0
5.5K
Kutip
56
Balasan
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan