cokboenAvatar border
TS
cokboen
Selamat ! anda jadi DPO [ adiknya siapa hayoooo ? ]
Absen 5 Kali Pemeriksaan, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan Diburu Jaksa


Dhani Irawan - detikNews
Jakarta - Jaksa penyidik tindak pidana khusus Kejaksaan Negeri Bengkulu pusing lantaran ‎tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dana bantuan sosial tahun anggaran 2012 dan 2013, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan tak tentu rimbanya. Pasalnya, Helmi tidak memenuhi panggilan jaksa sebanyak 5 kali dengan alasan sakit.

Namun saat jaksa menyambangi kantor serta kediamannya, Helmi tidak berada di tempat. Jaksa pun kini tengah mencari informasi keberadaan adik kandung Ketua MPR Zulkifli Hasan itu.

"Kalau memang sakit, dirawat di mana supaya jelas. Kami tujuannya bertanya. Kami akan berkunjung secara manusiawi. Kalau keterangan sakit dimaklumi tapi dengan catatan harus jelas," kata Kepala Kejaksaan Negeri Bengkulu, Wito ketika dihubungi, Rabu (20/5/2015).

Wito mengatakan pihaknya akan mengirim surat ke rumah sakit yang disebutkan di surat keterangan dari Helmi. Selain itu, Wito juga telah mengecek ke kediaman Helmi serta di kantornya tapi lagi-lagi jaksa pulang dengan tangan kosong.

"Tujuannya untuk mengecek kebenarannya. Di rumah nggak ada, ditanya RT dan tetangga kanan kiri nggak tahu. Di rumah dinasnya, penjelasan dari Satpol PP, sejak tanggal 31 Maret sampai sekarang tidak tahu. Ditanyakan kembali ke kantornya tidak ada. Kalau ada, kami baik-baik, tujuannya supaya memberikan keterangan untuk menyelesaikan penanganan perkara yang melibatkan dirinya," papar Wito.

Wito menyebut bahwa Helmi memiliki hak untuk melakukan klarifikasi yang dilindungi oleh Undang-undang. Namun Helmi wajib diperiksa jaksa penyidik sebagai tersangka.

"Akhirnya kami jangan sampai dianggap memaksakan kehendak," ucap Wito.

Helmi tersangkut kasus korupsi bansos sebesar Rp 11,4 miliar yang ditangani oleh Kejari Bengkulu. Wakil Wali Kota Bengkulu Patriana Sosialinda juga ditetapkan sebagai tersangka sejak bulan Maret 2015

Tak hanya itu, di kasus yang sama jaksa juga telah menetapkan tersangka lainnya yaitu mantan Wali Kota Bengkulu Ahmad Kanedi yang kini menjadi anggota DPD RI, Ketua DPRD Bengkulu 2009-2014 Sawaludin Simbolon, Wakil Ketua DPRD Irman Sawiran, anggota DPRD Shandi Bernando dan Direktur BUMD Ratu Agung Niaga Diansyah Putra.

Ketujuh tersangka tersebut menyusul 8 tersangka lainnya yang akan segera menjalani sidang yaitu Sekda Yadi, Kabag Kesra Suryawan Halusi, mantan Kabag Kesra Almizan, Kepala DPPKA Syaferi Syarif, Kasi Bansos Satria Budi, Bendahara Bansos Nopriana, Aspri Wali Kota Andrianto Himawan dan Wisnu.‎ Kedelapan tersangka telah ditahan oleh jaksa.

http://news.detik.com/read/2015/05/2...47/2920393/10/


gubernur, walikota, wakil walikota, mantan walikota, ketua DPRD tersangka semua ......
0
6.4K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan