Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nikefree7Avatar border
TS
nikefree7
Muslim Rohingnya Myanmar biarkan menjadi warga negara indonesia
BANTU MUSLIM ROHIGNYA MENJADI WARGA NEGARA INDONESIA

ratusan pengungsi Rohingya memasuki perairan Indonesia secara ilegal. Mereka terdampar di Aceh setelah kapal yang mereka tumpangi kehabisan bahan bakar. Setidaknya 50 orang kini dirawat pemerintah Negeri Serambi Makkah, lantaran mengalami kelaparan akut.

Mereka ditengarai hendak menyeberang ke Malaysia untuk mencari pekerjaan. Namun di perjalanan mereka dihalau aparat Thailand lantaran tidak memiliki dokumen legal.

Selama empat tahun terakhir, etnis minoritas ini masih mengalami kondisi mengenaskan. Tidak ada bangsa di Asia Tenggara mau mengakui mereka sebagai warga negara yang sah.

Rohingya merupakan salah satu etnis Muslim yang sejak ratusan tahun hidup di Myanmar. Namun pemerintah junta militer di negara itu, bersama rakyatnya yang mayoritas Buddhis menolak mengakui kehadiran mereka. Konflik berlatar sentimen etnis akhirnya pecah pada 2012 lalu, memakan korban ratusan jiwa.

Warga Rohingya, yang sebetulnya punya nenek moyang perpaduan antara warga Bangladesh dan Myanmar, jadi korban.

Warga Rohingya tua-muda ditangkap penduduk etnis Rakhine. Tak hanya itu saja, laporan PBB menunjukkan wanita Rohingya dirudapaksa, dirampas hartanya, dan dibantai oleh tentara Myanmar.

Tragedi keji ini mendapat sorotan luar biasa dari negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam seperti Indonesia dan Malaysia. Bantuan obat dan makanan, misalnya dari Palang Merah Indonesia, sempat dikirim pada 2013.

Lama tak ada kabar, kini nasib Rohingya yang terlunta-lunta kembali terdengar. Kepolisian Aceh memperkirakan ada 600 pelarian muslim Rohingya kedapatan terdampar di Laut sebelah barat Indonesia sejak akhir pekan lalu. Para warga muslim yang kebanyakan anak-anak dan wanita itu keadaannya amat menyedihkan.

Berdasarkan data Organisasi Internasional untuk Migrasi PBB, pelarian rohingya ini diselundupkan calo imigran dengan perahu. Mereka berdesak-desakan dalam dua perahu.

Kapolres Aceh Utara AKBP Achmadi mengatakan sedikitnya 50 orang pengungsi harus dibawa ke rumah sakit untuk perawatan. "Secara umum mereka kelaparan dan kebanyakan dari mereka kurus-kurus," kata Achmadi.

Menurut pihak berwenang mereka sudah berada di laut selama sepekan. Mereka kemungkinan mencoba menuju Malaysia, kata Steve Hamilton dari Organisasi Internasional untuk Migrasi.

"Mereka mengira sudah sampai di Malaysia. Tapi ternyata di Indonesia. Mereka ditinggalkan oleh para penyelundup," kata Hamilton.

Salah seorang pengungsi bernama Rashid Ahmed mengatakan kepada kantor berita the Associated Press, mereka adalah etnis Rohingya yang meninggalkan Myanmar sejak tiga bulan lalu bersama putranya.

"Kami tidak punya makanan. Kami hanya bisa berdoa," kata dia.

Organisasi Internasional untuk Migrasi memperkirakan sekitar 25 ribu muslim Rohingya dan warga Bangladesh diselundupkan keluar dengan kapal sejak Januari hingga Maret 2015.

Hingga kini, pemerintah Indonesia masih melakukan investigasi terhadap tujuan mereka. Kalaupun mereka diizinkan tinggal di Tanah Air, hingga kini belum ada kepastian mereka akan ditampung di mana.
0
1.4K
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan