Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unknownoneAvatar border
TS
unknownone
Cek Kesehatan Anda Lewat Lidah
Cek Kesehatan Anda Lewat Lidah

BISNIS.COM, Jakarta: Warna lidah ternyata bisa menunjukkan masalah kesehatan Anda. Karena alasan itulah dokter sering memeriksa kondisi lidah Anda saat konsultasi.

Kebanyakan dari kita berpikir bahwa lidah hanya untuk mencicipi dan berbicara. Namun ternyata lidah dapat memprediksi kesehatan Anda. Lidah terdiri atas satu set otot yang bergabung bersama untuk membantu kita berbicara, merasa, dan menelan.

Lidah memiliki pasokan yang kaya pembuluh darah dan air liur yang mengalir terus-menerus, sering dibersihkan terus-menerus, sehingga memperkecil pertumbuhan bakteri berbahaya. Karena itu, setiap perubahan warna, tekstur, dan kelembapan lidah akan menentukan kondisi kesehatan Anda.

Lidah yang sehat berwarna merah muda. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana warna lidah Anda mengungkapkan masalah kesehatan, berikut ini penjelasannya.

Merah
Panas abnormal yang dihasilkan dalam tubuh Anda membuat warna merah muncul, sehingga lidah tampak merah dan bengkak. Kekurangan vitamin dan demam berdarah adalah beberapa alasan mengapa lidah Anda berwarna merah. Termasuk kekurangan zat besi, vitamin B-12, dan vitamin B3 dalam diet harian Anda.

Hitam
Lidah yang hitam menunjukkan kondisi kesehatan yang berbahaya. Hal ini biasanya terjadi terutama karena kebersihan mulut yang buruk. Kadang-kadang bakteri dan ragi terjebak di sepanjang permukaan pusat lidah, sehingga membuat patch hitam di kulit. Merokok, minum terlalu banyak kopi, dan kebiasaan makanan yang tidak sehat berkontribusi terhadap kondisi ini.

Kuning
Lidah yang berwarna kuning terjadi karena pembentukan ragi pada permukaan lidah yang disebabkan kurangnya kebersihan mulut. Kebersihan mulut yang baik akan membantu Anda memecahkan masalah ini.

Cokelat
Lidah berwarna cokelat menunjukkan bentuk tahap awal kanker kulit yang disebut melanoma. Jika pada lidah Anda terdapat warna cokelat yang telah berubah gelap, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda segera.

Ungu
Lidah yang berwarna ungu bisa berarti Anda mengalami bronkitis kronis, kadar kolesterol tinggi, dan asupan makanan dingin yang berlebihan. Bawang putih dan jahe dalam jumlah cukup mungkin membawa kembali warna lidah Anda menjadi merah muda.

Putih
Jika lidah Anda tampak putih, mungkin saja Anda mengalami dehidrasi, sariawan, atau ragi infeksi oral dan leukoplakia—pertumbuhan berlebih dari sel-sel pada permukaan lidah yang umumnya ditemukan pada perokok, adalah beberapa alasan lidah menjadi putih. Minum banyak air dan menjaga kebersihan mulut yang baik adalah cara untuk mengatasinya.


BISNIS.COM

Source:
http://www.tempo.co/read/news/2015/0...da-Lewat-Lidah

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
0
820
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan