Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unknownoneAvatar border
TS
unknownone
Tjipta Lesmana: Jokowi, Presiden Hasil Survei
MINGGU, 10 MEI 2015



TEMPO.CO, Jakarta: Guru Besar Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan Tjipta Lesmana membandingkan Presiden Joko Widodo dengan enam presiden Indonesia sebelumnya. Menurut dia, Jokowi tak memiliki bekal apapun untuk menjadi presiden, kecuali dari hasil survei.

"Jokowi is leader by survey. Dia tak modal apa-apa kecuali itu," kata Tjipta dalam diskusi buku karya politikus Golkar Bambang Soesatyo, di Jakarta, Ahad, 10 Mei 2015.

Tjipta mengatakan karakteristik Jokowi sangat berbeda dengan presiden sebelumnya. Misalnya, presiden pertama Soekarno merupakan presiden yang tumbuh karena nasionalisme dan jasanya mendirikan negara. "Soekarno is leader by nation," kata dia.

Presiden kedua, Soeharto adalah presiden karena krisis. "Dia ada karena krisis gerakan 30 September dan krisis berikutnya," kata Tjipta.


Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie, kata Tjipta, adalah tipe presiden yang diangkat karena konstitusi. Habibie diangkat untuk menggantikan Soeharto setelah presiden yang berkuasa tersebut mengundurkan diri dan telah menjabat selama 32 tahun.

"Selanjutnya, Gusdur (Abdurrachman Wahid) adalah leader by accident," kata dia. Sementara Megawati Soekarnoputri, termasuk pemimpin yang diangkat karena konstitusi. Dan Susilo Bambang Yudhoyono dinilai sebagai presiden yang diangkat karena profil ketokohannya.

Menurut Tjipta, presiden yang naik tahta karena survei rentan diintervensi. Pada pemilihan presiden tahun lalu, Jokowi memang selalu unggul dalam beberapa gelaran survei. Para pendukung Jokowi bergerak melalui social media.

"Dia tak punya partai dan duit jadi dukungan itu tak ada yang gratis," kata dia. Salah satu dampak intervensi yaitu desakan rakyat agar Jokowi merombak kabinetnya.

Tjipta meminta Jokowi untuk mengganti menteri dengan tokoh yang paham program Nawacita. "Kalau tidak, akan ada reshuffle berikutnya dan kami prediksi Jokowi jatuh," kata dia.


PUTRI ADITYOWATI

Source:
http://www.tempo.co/read/news/2015/0...n-Hasil-Survei

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
Diubah oleh unknownone 10-05-2015 08:54
0
8K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan