Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

skye.appAvatar border
TS
skye.app
All About e-money. Uang Elektronik untuk Belanja Digital
All About e-money. Uang Elektronik untuk Belanja Digital

Hallo Agan2 & Aganwati sekalian, disini TS mau sedikit memberi edukasi tentang Uang Elektronik (e-money).
Sekaligus mendukung Bank Indonesia mewujudkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Bantu emoticon-Rate 5 Staryaa gan.


Belakangan ini pastinya agan-agan sering mendengar e-money alias uang elektronik. Maklum istilah ini memang sedang hot seiring ramainya transaksi digital. Sebenarnya apa sih e-money? Seperti apa produknya? Bedanya dengan kartu kredit dan debit apa?

Nah, disini ane akan menjelaskan seluk beluk e-money. Thread ini akan ane update terus gan emoticon-Sundul Gan (S)

Quote:


Quote:


Quote:


Jenis-jenis e-money
Apabila dilihat berdasarkan media yang digunakan untuk merekam ‘nilai uang’ yang telah dikonversi ke dalam format elektronis, produk e-money umumnya dikategorikan atas dua kelompok yaitu card-based product dan softwarebased product.

1. Card-Based Product (Prepaid Card)
E-money dalam bentuk card-based product sering juga disebut sebagai electronic purses. Jenis produk ini menggunakan media kartu dengan teknologi integrated circuit (IC) atau dikenal dengan ‘IC card’ yang mengandung microprocessor chip (chip). IC cards dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu : smart cards dan memory cards. Smart card telah memiliki fungsi untuk melakukan proses data serta fungsi penyimpanan.

Saat ini, produk e-money yang berbasis kartu pada umumnya menggunakan teknologi smart card, mengingat fungsi ’dataprocessing’ sangat dibutuhkan untuk melakukan proses
perhitungan.

Contoh produk e-money Card-based product diantaranya Mandiri e-toll card dan BCA Flaz
Spoiler for BCA Flaz:


2. Software-Based Product (Prepaid Software)
Sering disebut juga digital cash. Produk e-money yang masuk dalam kelompok ini pada prinsipnya merupakan suatu aplikasi (software) yang kemudian di-install ke dalam suatu Personal Computer (PC) atau ponsel yang dijalankan dengan operating system yang standard. Produk ini dikembangkan untuk melakukan transaksi melalui suatu jaringan
komputer (internet).

Contoh produk e-money Software-based product diantaranya Skye Mobile Money dan Mandiri e-cash.

Perbedaan lebih detil antara produk e-money Card-based dan produk e-money Software-based dapat dilihat dari video berikut.


Skye Mobile Money
Ijin e-money umumnya diberikan kepada lembaga perbankan dan operator seluler, namun ada beberapa perusahaan diluar dua lembaga tersebut yang memiliki lisensi e-money, salahsatunya adalah PT Skye Sab Indonesia.

PT Skye Sab Indonesia awalnya memilih e-money jenis Card-based melalui produk Skye Card, namun kemudian menggantinya menjadi Software-based melalui aplikasi Skye Mobile Money yang tersedia untuk smartphone jenis Android dan BlackBerry. Alasan beralihnya dari e-money jenis kartu menjadi aplikasi, karena dengan aplikasi dapat menjangkau masyarakat lebih luas dan penetrasi pengguna smartphone di Indonesia yang terus bertumbuh.

Karena bukan lembaga perbankan dan juga bukan operator seluler, PT Skye Sab Indonesia memiliki beberapa kelebihan diantaranya, jenis produk / merchant yang disediakan lebih luas, misalnya untuk pulsa hp Skye Mobile Money dapat menyediakan semua pulsa operator seluler. Sementara untuk isi saldo pun dapat lebih leluasa karena tidak terikat oleh bank tertentu.

Saat ini tak kurang 80 jenis produk dapat agan beli via Skye Mobile Money. Selain pulsa hp, agan juga bisa beli voucher game, bayar PLN, hingga bayar tagihan internet. Menariknya, Skye menerapkan sistem point reward yang fleksibel. Poin reward ini akan agan dapatkan pada setiap transaksi di Skye dan bisa langsung dipakai kapan saja tanpa syarat dan ketentuan.

Disamping meluncurkan layanan aplikasi Skye Mobile Money, PT Skye Sab Indonesia melakukan juga strategi co-branding, yang dilakukan oleh SKYE dengan lembaga lain untuk menerbitkan wallet dengan brand mitra. Misalnya Skye JAMAL (belanja dan beramal), hasil kerjasama dengan Rumah Zakat. Pengguna SKYE Jamal dapat bayar zakat & infa dari aplikasi. Contoh co-branding lainnnya adalah BEAT (Binus Easy Transaction) dan UMoney (dengan UMN)

Nah, buat agan yang mau mencoba layanan e-money, download saja aplikasi Skye Mobile Money dimari http://m.skye.co.id
Diubah oleh skye.app 06-05-2015 05:16
0
8.6K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan