CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
PENASARAN KENAPA BURUH MINTA UMP 3,7 JT ???
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/526e89b23dcb176e3f000004/penasaran-kenapa-buruh-minta-ump-37-jt

PENASARAN KENAPA BURUH MINTA UMP 3,7 JT ???

Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 6
Kalau untuk yang lajang sih bisa ngirit sedikit sih. Intinya bagaimana menata keuangan dengan baik. Jangan boros2 kalau beli barang, seperlunya saja.
banyak nuntut malah dipecat,banyak perusahaan ga mampu bayar karyawan/lebih selektif milih karyawan malah berimbas semakin sempitnya lapangan pekerjaan
Ini juga efek dari perusahaan yg tidak mempunyai atau menjalankan kan aturan skala upah.... Ingat yo ump atau umk itu berlaku untuk karyawan lajang ditahun pertama kerja setelah tahun pertama kerja buruh mengikuti skala upah yg diatur dalam kesepakatan kerja bersama antar karyawan dan manajemen perusahaan,,biasanya kalau manajemen sehat skala upah itu jelas dan diatur dalam kkb karyawan dgn perusahaan dan kkb ini diperbarui setiap 2 tahun dan disaksikan oleh pihak Depnaker yg Jdi masalah banyak karyawan yg tidak mengetahui kkb ini atau malah enda ada sama sekali
kalo udah ada PHK besar2an baru pada mingkem dah nanti..
emoticon-Turut Berduka
Susah bicara masalah ini gan..
Sebenernya ane ada pro dan kontra masalah ini..
Memang bener hidup tuh pilihan..
Kalau maunya mewah ya harus imbangin dengan penghasilan..
Tapi jangan memberatkan orang lain dalam kemewahannya itu..
Hidup itu Apa Adanya Aja, Jangan Ada Apanya..
kuncinya cuma bersyukur si gan, biar gaji uda selangit tapi hati ga di bumi mah tetep aja maunya tembus terus ampe ktmu alien emoticon-Ngakak
alhamdulillah ane bersyukur dengan gaji ane sekarang, 2,7 udah cukup untuk kebutuhan sehari sama nyicil motor emoticon-Malu (S)

makan se hari 30rb x 30 = 900 rb
kos(900rb 1 kamar berdua jadi di bagi 2) = 450rb
ongkos = 200rb
cicilan motor = 800rb
dll(jajan, sabun, pasta gigi,dll) = 200rb
sisa = 150

ane masih lajang untuk gaji segitu alhamdulillah masih berkecukupan, kalo untuk yg sudah berkeluarga mungkin dgn gaji segitu belum cukup emoticon-Frown
menurut ane sih, pantes aja gan. mereka juga pekerja sperti kita (ane S1). tapi kalo dari segi pendidikan, kalo gitu yang S1 harus lebih tinggi gajinya gan. Ane aja tahun 2010 pertama masuk kerja 1,8jt gan. kalo dibanding temen2 lain mah miris gan, seengaknya waktu itu mereka dapet gaji 2,8-3 jt sebagai pertama kali kerja.

gaji segede apa juga gak bakal cukup. gaji gede, kebutuhan ikut naik. yang jelas, harus layak lah. mau dari jenjang mana juga, kita harus puter otak terus gan. Semangat!! emoticon-I Love Indonesia (S)
HIDUP BURUH !!
Tenaga kerja (buruh) juga bekerja sama seperti kita
bahkan mereka kerja lebih berat dari kita
kenapa ane bilang begitu.

teman saya bekerja di sebuah pabrik ban motor.
dia di bagian QC, setiap kerja dia memeriksa kualitas ban yg di produksi,
8 jam dia kerja, berdiri, setiap jam diijinkan istirahat untuk ke toilet 5-10 menit.
lalu kembali bekerja seperti biasa.

tp pegawai kantoran seperti saya kerja duduk di sofa, AC, akses internet, jika waktu senggang bisa kaskusan bentar.
pegel bisa senderan bentar di sofa
meja dibersihin OB
kopi tinggal seduh
beli makanan bisa nitip ke OB

salahkah jika ia menuntut hal yg lebih
mungkin yg ga setuju dengan saya akan beranggapan bahwa kerja kantoran itu pake otak, lebih berat, bisa stress.
kl saya tanya, mau kah agan bertukar posisi dengan teman ane yg di pabrik tersebut?
kena macet aja ngeluhnya udah setengah modar.

saya karyawan swasta dengan gaji hampir kepala 3, dan teman saya yg saya ceritakan gajinya hampir kepala lima.
saya tidak merasa iri hanya karena saya S1 dan dia cm tamatan STM
saya pun merasa pekerjaan dia jauh lebih berat dari saya sebagai pegawai kantoran.
kerja deket mesin yang berjalan (panas coy), berdiri hampir 8 jam sehari, itu bukan sesuatu yg mudah.

mungkin teman saya hanya beberapa dari ribuan buruh yg mendapat upah\ gaji yg layak.
mengenai ada buruh yg naik motor ninja 250cc, sama seperti kita lah.
ga munafik juga kan kita pasti pernah kepikiran punya mobil pribadi dg gaji yg pas2an.


lebih baik, kurangi saja gaji dan tunjangan pejabat kita.
mereka sdh berlebihan dalam gajian
hehehehe

ane rasa, ane sdh kebanyakan bicara.
disudahi saja celotehan nubie ini.
mohon maaf kl ada salah2 kata...

jgn ada dendam diantara kita

emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2
ane pernah jd buruh gan,emang enak jd bruh dibekasi gajinya gede tp capek mlm mlm kerja emoticon-Malu (S)
universitas mohammadiyah purwokerto
Gag masuk akal bgt emoticon-cystg
biar sedikit tpi di.syukurin. pasti cukup. emoticon-Cool
alhamdulliah gan gp ane 3,8.uang transport 800ribu, belum termasuk lembur de el el
Quote:


Sama gan ane juga pegawai kantoran, kalo dibanding buruh, kerjaan ane RINGAN banget.
Memang gaji pokok ane cuma 2 jt, tapi plus2 tunjangan, take home pay bisa hampir 3 kali gaji buruh. Ane lulusan D3.

emang bener pekerjaan mikir pake otak, tapi menurut ane ringan banget, cuma bulan2 atau tanggal2 tertentu saja sibuknya, kalo hari2 seperti sekarang ane bisa tidur siang, bisa kaskusan, bisa internetan, facebookan, dll... bahkan temen2 ane bisa main Dota haha...

Ane memang level staf biasa, jd nggak sepusing kepala seksi atau lainnya
Dan ane tau bahwa TIDAK BISA DIGENERALISASI bahwa semua pegawai kantoran pasti santai dan semua buruh pasti sibuk..

Menurut ane, harusnya dilakukan MANAJEMEN BEBAN KERJA, seperti di kantor ane, take home pay yg di dapat sesuai dengan beban kerja masing2 orang, yang sibuk banget pasti lebih tinggi dari yang santai2 kayak ane haha....

Kalo buruh kerja pake otot dari jam 8 terus-terusan sampe jam 4 dan benar2 hanya beristirahat satu jam, ya ane rasa wajar kalo minta segitu. Upah kalo menurut saya, bukan semata2 karena kebutuhan, tapi juga atas dasar profesionalitas, kita jual jasa, mereka bayar.

Kalo jasa kita besar (sangat melelahkan) dan bagus (bermutu) tentu tidak mau hanya digaji mepet dengan kebutuhan standar.

Nah dengan ANALISIS BEBAN KERJA, buruh yang walaupun kerja dari jam 8 sampe jam 4 tapi kalo beban kerja nya kecil ya wajar kalo perusahaan ga mau kasih upah besar.
Yg belom ngerasain kerja pabrik..jgn ngebacot dah...lu blm ngerasa hidup diatur suara bell kan....cong!!! .dan kl emang taraf idup lu rendah jgn lu tularin buat buruh...elu mau seumur idup lu kerja cm buat makan doang... eh babi jg idup cm buat makan,,atau di makan... cengeng kl takut keilangan investor...negara bobrok...para pelacur korupsi dimana2.. pejabat tinggi derajat...tapi polo nya bejad..** SENSOR **....hapus 1 generasi di pemerintahan...kl emang dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat...karena perubahan itu di kerjakan bukan cm omongan
Halaman 6 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di