KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Bahaya Susu Formula ,tolong direnungkan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/552b6da296bde606288b457b/bahaya-susu-formula-tolong-direnungkan

Bahaya Susu Formula ,tolong direnungkan!

Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 7
Quote:


Nubi dongok emoticon-Embarrassment

Emang dng reputasi ijo mengartikan orang itu bisa bacaa rule dan lbh pinter?? Ngook.. emoticon-Embarrassment

Gw nanggepin sesuatu dng pemahaman gw sendiri, salah engganya ap buat lu rugi?? Ngookk.. emoticon-Embarrassment

Nyimak?? Nubi dongok kaya lu yg harus nyimak, emang ini sub forum punya mbahmu ngok, sejak kapan ad rule klo blm punya anak ga boleh koment d mari?? Ngookk.. emoticon-Embarrassment

Klau kau menilai kepintaran seorang kaskuser itu dri reputasinya berarti kau itu dongok, wawasan kau itu cetek, coba kau melanglang buana dulu ke subforum lain biar otak kau itu terbuka dan ga cetek.. emoticon-Embarrassment

Nubi dongok.. emoticon-Embarrassment

Msh kurang gw ceramahin?? Bru ceramah lvl 1 loh gan.. emoticon-Big Grin
Bahaya Susu Formula ,tolong direnungkan!

Gizi asi lebih baik dari sufor.Sufor terbuat dari susu sapi, belum tentu segelas sufor itu dari segelas susu sapi segar dan ingat sapi herbivora makan rumput sedangkan kita semua kita makan, jelas kandungan gizi asi kita jauh lebih tinggi dari susu sapi. Walaupun ada kandungan mineral pada sufor belum tentu semua bisa terserap tubuh, mungkin hanya gula tambahan semisal fruktosa, glukosa dll yang bisa terserap. Vitaminnya berkurang saat pengemasan sampai penyajian. Jangan lupa juga sufor ada zat adiktifnya. Setiap zat adiktif boleh dikonsumsi namun lebih baik dihindari. Ingat, bayi kita baru aja lahir, lambung dan organ lainnya masih belum matang, ukurannya pun masih mini. Zat adiktif ada batasannya per kg BB.

Mengapa bayi yang diberi sufor jadi tenang tidurnya? karena materi yang ada di dalam sufor itu sebenarnya sulit untuk dicerna bayi.. pencernaan bayi akan bekerja sangat kuat untuk bisa mencerna sufor itu.. ini mirip dengan iklan salah satu gerai makanan cepat saji.. "Seekor singa masai akan tidur sekian puluh jam setelah makan".. Sama juga halnya dengan kita bu.. coba deh kalau kita makan makanan yang "berat".. pasti bawaannya ngantuk dan mau tidur terus kan.. sufor yang berbahan dasar susu sapi sebenarnya tidak cocok untuk pencernaan bayi manusia.. makanya perusahaan sufor berlomba-lomba untuk menjadikan sufor semirip mungkin dengan ASI,, meskipun sampai saat ini belum berhasil.. mengapa bayi ASI sebaliknya? sebentar-bentarbangun? kebalikan dari sufor itu tadi bu.. karena sangat mudah dicerna oleh tubuh,, jadi bayi cepat juga butuh asupan baru untuk memenuhi kebutuhan gizinya.. asupan makanan ibu yang bergizi itu sangat baik sekali.. tapi bukan berarti ibu yang makanannya tidak bergizi menjadikan ASInya tidak baik lho yaa.. ibu yang berstatus gizi kurang pun tetap dapat memberikan ASI yang berkualitas untuk bayinya karena ASI memang mengambil zat-zat terbaik dari tubuh ibu.. ASI hebat yaa.. untuk bayi newborn,, sangat umum sekali jika tidurnya masih belum punya pola yang sama seperti orang dewasa.. sebentar-bentar bangun dan minta mimik,, atau pipis dan pup.. ikuti saja alurnya.. nanti semakin besar usia bayi akan menyesuaikan diri.. untuk minggu-minggu awal kelahiran bayi,, tetap susui bayi 1-2 jam sekali yaa bu.. nanti ada pula saatnya bayi growth spurt alias percepatan pertumbuhan.. bayi akan minta mimik terus dan terus.. seperti tak cukup-cukup.. terkadang ini disebut sebagai sindrom ASI kurang.. di sinilah banyak ibu yang merasa ASInya tidak cukup,, bayi ga kenyang-kenyang,, sehingga beralih ke sufor.. dan akhirnya si anak tidur tenang setelah diminumkan sufor.. padahal pencernaannya sedang bekerja sangat berat..
Pemberian PASI (Pengganti ASI / SUFOR) sejak awal bayi lahir maka akan memperlambat keluarnya ASI, apalagi dengan memberikan menggunakan dot, maka bayi tidak akan mau menyusu ke puting ibunya, karena BASIC TRUST nya bayi ada di dot. bayi percaya dia akan mendapat makanan dan minuman dari DOT karena yang dikenalkan kepada bayi saat awal lahir adalah dot. maka BASIC TRUST yg terbangun di bayi adalah bayi akan mendapat makanan dari dot . Karena SISTEM ASI ADALAH SUPPLY DEMAND, maka jika bayi tidak mau menyusu ke payudara ibunya, maka tidak ada rangsangan ke otak untuk mengeluarkan ASI sehingga ASI yg seharusnya diproduksi, karena tidak ada permintaan yg masuk, menjadi tidak diproduksi sehingga ASI lambat laun akan kering..

Para orang tua, terutama kaum ibu sangat senang melihat
bayi yang terlihat imut, montok. Biasanya yang menjadi
sasaran di "jewer" adalah pipi sang bayi, karena kemontokan
bayi di samping badan selalu terlihat pada bagian pipi.
Seorang ibu akan merasa bangga/senang dengan bayi yang
montok, sehingga selalu diusahakan memberikan makanan/
minuman yang dapat mempermontok bayi. Anak/bayi gemuk,
montok dapat memberi indikasi bahwa anak tersebut sehat
karena asupan makan/minum yang terjaga plus gizi yang
baik. Namun gemuk yang terlalu atau kegemukan tentu akan
memberi indikasi lain. Terlalu gemuk yang menuju ke
obesitas, dapat membahayakan kesehatan. Oleh karena itu
para orang tua harus waspada dan harus mengetahui berapa
ukuran berat badan ideal (BBI) bayi atau anak kecil.
Menghitung BBI selalu dikaitkan dengan usia dan tinggi/
panjang badan, namun tidak seperti pada usia remaja &
dewasa, maka bagi bayi dan anak kecil panjang badan
tersebut dapat dihitung secara umum menggunakan bilangan
konstan sesuai dengan usia bayi dan anak tersebut.
BBI BAYI (USIA 0-12 bulan) : RUMUS BBI = (umur (bln) / 2 ) +
4
Misal :
1) Usia bayi 2 bln, maka BBI = (2/2) + 4 = 5 kg
2) Usia bayi 3 bln, maka BBI = (3/2) + 4 = 5,5 kg
3) Usia bayi 4 bln, maka BBI = (4/2) + 4 = 6 kg
4) Usia bayi 5 bln, maka BBI = (5/2) + 4 = 6,5 kg
Terlihat bahwa BBI berbanding lurus dengan usia, dimana tiap
bulan pertumbuhan/pertambahan berat yang ideal bagi bayi
adalah sebesar 0,5 kg. Bagaimana menjaga BBI bayi dan
asupan makan/minumnya? Seorang ibu yang masih
menyusui anaknya harus dapat menjaga asupan makan/
minumnya yang mengandung nutrisi, gizi, zat & mineral yang
bermanfaat bagi bayinya (Lihat JUS Bagi Ibu Hamil dan
Menyusui).
Penggunaan rumus perhitungan ini hanya dapat digunakan
sampai usia bayi/anak mencapai 12 bln.

Semua susu formula jelek....meracuni usus bayi. Usus bayi ibarat lapangan tanah, sementara nutrisi dari ASI ibarat air hujan, terserap baik di tanah. Begitu ibu memberikan susu formula, maka ibaratnya ibu memanggil tukang bangunan untuk memplester seluruh lapangan tanah tadi. Nutrisi makro berupa karbohidrat, protein, lemak masih bisa meresap ke "lapangan yang di-plester" tadi, karena di lambung dan usus 12 jari zat gizi makro sudah dipecah oleh enzim2 menjadi partikel mikro yang bisa diserap di "pori-pori" lantai/plester tadi. Tapi....Imunoglobulin *faktor imunitas dari ASI - dan beberapa zat untuk kecerdasan otak meluncur dengan lancar ke "got" yang dibuang jadi tahi/feses bayi. Jadi: rugi banget kan memberikan susu formula. Tiga puluh cc susu formula akan bertahan di usus selama 7 hari, jadi hanya dengan memberikan 30 cc susu formula, maka nutrisi ASI akan terhalangi diserap selama 7 hari ke depan. Semoga berguna ya...

Prinsip ASI itu Mindset Game. Apa yang ada di otak kita itulah yang terjadi. Saat kita YAKIN ASI CUKUP ya pasti melimpah. Sebaliknya saat kita khawatir ASI seret ya pasti mampet. ASI dibentuk oleh Hormon Prolaktin dan Oksitosin. Kedua hormon ini HANYA akan bekerja maksimal jika ibu rileks, happy, gak stress, gak sedih. Jadi perbaiki manajemen stress kita. Saat kita menyusui ciptakanlah waktu yang spesial dengan bayi. Singkirkan semua kekhawatiran, masalah, ajak bayi rangkul bayi dalam suasana intim. Jangan jadikan menyusui hanya sebagai rutinitas biasa. Pahami bahwa menyusui adalah bonding dengan bayi yang bisa membuat kita lebih memahami bayi kita sendiri. ASI is supply meet demand. Ngomongin ASI bukan ngomongin ember, dimana besar kecilnya payudara itu menjadi tolak ukur banyak sedikitnya ASI. Ngomongin ASI itu ngomongin pabrik. Semakin sering ASI dikeluarkan dari gudang maka ASI akan semakin banyak diproduksi. Jadi sesering mungkin susui bayi kita. Bayi rewel nangis, nenen gak selesai2 bukan berarti ASI sedikit yaa.. bisa jadi bayi sedang dalam masa Growth Spurt. Say NO untuk menambah cairan non ASI apalagi MPASI dini. Apapun yg dimakan ibu menyusui, walau kurang sehat sekalipun, ASI tetap mengambil nutrisi yg terbaik di tubuh ibunya. Ibu yg bergizi buruk pun tetap bisa memberikan ASI terbaik ke anaknya, tidak ada pembeda antara ibu bergizi baik atau ibu bergizi kurang, yg ada adalah si ibu yg tekor krn nutrisinya diserap utk produksi ASI.Makan yg disukai,itulah indahnya ASI, Tuhan Maha Kuasa, mau kaya atau tidak si ibu tetap bisa memberikan yg terbaik buat bayinya....

Join grup AIMI untuk ilmu lebih lengkapnya emoticon-Smilie
Belum sempat baca udah dihapus emoticon-Bingung (S)
Quote:


Mbak/Mas, secara umum, gw rasa semua orang tau kok kalo ASI adalah asupan terbaik utk bayi manusia.

Tapi kalau ada ibu yg tidak memberikan ASI utk anaknya, dan memilih sufor, apapun alasan dan sebabnya, apakah itu menjustifikasi kelompok Pro ASI utk memvonis dan melabeli mereka ini dan itu?

Hanya karena pilihan dan keputusan yang berbeda dengan kita, lalu kita memberi stempel buruk ke mereka?

Gw punya temen, yg secara fisik tidak ada masalah, kesehatan prima, tidak ada kelainan di saluran susu, tidak tertekan secara mental, tidak stress, dll. Tapi dia tidak bisa menyusui anaknya.

Dia sudah konsul ke mana2, dokter dalam dan luar negri, ikut segala macam kelas laktasi, pijat laktasi, kursus menyusui, ikut perkumpulan ibu2 menyusui. Gw lihat sendiri, betapa keras usaha dia,suaminya, ortunya, dan mertuanya, beserta seluruh keluarga besar mereka.

Tapi somehow, asi-nya tidak bisa keluar. Dia pernah coba pumping, dgn segala cara dan tekhnik, selama lebih dari 5 jam, hanya keluar 10ml.

Masih ngotot mau kasih ASI, sempet terlintas mau pake donor asi. Tapi dengan berbagai pertimbangan pribadi dan keluarga, dibatalkan.
Pilihan di jatuhkan pada sufor. Dan itupun atas rekomendasi dari dokter anak yg dikenal sebagai ibu asi Indonesia, dgn sertifikasi laktasi dari dalam dan luar negri.

Gw bs lihat, bahwa dia sedih, dia kecewa, dan sakit hati, karena dia pengen bisa kayak ibu2 asi, tapi dia nggak bs, dan nggak tau kenapa.
Kalo dia ada sakit atau kelainan, mungkin dia bisa terima, ini secara medis nggak ada masalah sama sekali.

Dia udah kenyang di judge orang lain sebagai ibu yg lupa kodrat, ibu yg egois, ibu yg nggak sayang anak, ibu yg tolol, dll. Akhirnya dia cuma diem, karena apapun jawaban dan penjelasan dia, tetep aja dia salah.

Mungkin org2 yg menilai dan ngomongin dia kayak gitu ya yg di sebut asi nazi. He he he.

Kadang harus realistis, apa yg kita inginkan, seberapa besarnya keinginan kita, seberapa teguh niat kita, harus menyesuaikan dgn realita.

Makanya gw bolak balik bilang, keputusan utk kasih asi atau sufor, itu hak asasi dan preogratif dari ortu si bayi. Nggak bs di ganggu gugat oleh orang lain. Apapun pilihannya, apapun alasannya.

Kita boleh sekedar beri informasi, tapi ya sudah, berhenti sampe di situ. Jangan mendesak, memaksa, atau menghakimi.
Yakin lah, semua ortu yg waras, pasti mau dan rela memberikan yg terbaik yang sanggup mereka berikan dan korbankan utk anak mereka.

Kalo mereka egois? Ya biarlah, itu urusan mereka dgn Tuhan yg udah mempercayakan titipan buat mereka.
Sudahlah stop memberikan label seperti asi nazi atau apalah itu namanya..
Sepertinya kok seolah2 mencemooh Sang Pencipta yaa..
Siapa bilang juga ibu2 asi nggak ada halangan dan hambatannya..wah buaaanyaaak buaanget mulai dari fisik dan psikis semua ada tapi kalau dihadapi dengan santai nggak akan ada masalah sepertinya
Soal label anak sapi pada anak sufor ya sebaiknya dicuekin aja dan ngga usah balas menghujat kan udah tau sendiri kalau yang bilang begitu berarti nggak tahu etika kampanye asi
Jadi kalau dibalas dengan hujatan lagi ya sama aja dong kualitasnya

Pada dasarnya memang susu mamalia itu hanya diciptakan untuk generasi mamalia itu sendiri
Susu manusia hanya untuk anak manusia
Susu sapi hanya untuk anak sapi
Susu monyet hanya untuk anak monyet dll
Kenapa?
Karna Allah menciptakan untuk perkembangan si masing2 anak itu sendiri
Pada manusia selain perkembangan fisik juga diciptakan juga kandungan untuk pertumbuhan otak si anak
Lain lagi pada susu sapi, susu sapi hanya diciptakan lebih untuk perkembangan otot anak sapi
Sedangkan susu monyet juga demikian nutrisinya untuk perkembangan otot anak monyet

Adapun sufor isinya sudah diformulakan dengan vitamin sintetis yang katanya untuk memenuhi kebutuhan perkembangan anak

Sekarang yang jadi masalah itu bukan ibu yang memberikan sufor karna kondisi medis tidak bisa menyusui tapi pada ibu2 yang memang malas menyusui , dan kenyataan emang banyak kok ibu2 yang tidak menyusui dengan alasan yang memang tidak bisa dipertanggungjawabkan
Tolong direnungkan
Bukannya sufor diproduksi menurut umur bayi ya? Jd kan aman2 aja asal sesuai sm umur bayi.. Cmiiw
yg ane heran, banyak ibu2 yg ngasih makanan pendamping asi sm bayi, alesannya kalo dikasih asi aja anaknya rewel lah, gk kenyang lah. Ini biasanya terjadi di lingkungan pedesaan sih yg blm ngerti bahayanya ngasih mp-asi pd bayi.
Malah kalo dibilangin suka ngeyel..''orang jaman dulu aja anaknya msh pd bayi dikasih mkn nasi campur pisang diulek, buktinya bisa gede jg''..
Hadeeehh.. Kasian buk bayinya..
Bahaya Susu Formula ,tolong direnungkan!
salah quote emoticon-Mewek:

Diubah oleh UpperLine
Quote:


Setuju banget gan, asi is the best

Sufor is the best for me and my baby.... It's my decision. Don't care bout the other coz i'm already happy with it...
Syukurlah dokter dan bidan tmpat sya melahirkan bayi sya smuanya pro ke ASI, mskipun anak sya prematur sjauh ini ga pernah sakit2an, wlpun sya kna flu, batuk tpi anak sya ga trtular.sebagus apapun sufor tpi ada 1 yg tdak bsa mnyerupai ASI yaitu kandungan antibodynya, krna ASI adalah mkanan terbaik untuk bayi.
Mod
gembok aja neh emoticon-shakehand
Sufor baik ketika asi blm mendukung, ktika sdh normal ya balik ke asi lg, krna itu yg utama, intinya bayi hrs tetap terpenuhi kebutuhannya. Itu klo sy, ga tau yg lain.

Dan Satu satunya makhluk hidup yg msh mengkonsumsi susu stlh memasuki usia dewasa hanya manusia.
Ibu Asi?? Kasiaaann deh lo...

Ibu Asi, Kasiaaann deh lo
Anak belum lahir aja udah pusing pala barbie nyari rumah sakit pro asi lah, dokter melek asi, ke konselor laktasi... belum juga ada anaknya udah repot sendiri!

Ibu Asi, Kasiaaann deh lo
Belum saja habis sakit dari lahiran udah langsung harus jungkir balik belajar netekin.
Ngotot pula asi belum keluar keukeh biarin bayi lapar. Kalo anaknya kuning salah lo sendiri. Tega amat jadi ibu!

Ibu Asi, Kasiaaann deh lo
Mau aja jadi korban iklan gegara trend para artis yang lagi bangga-banggain stock asip mereka. Tapi Yey kan bukan artis, dan dari dulu gak ada tuhh istilah asi ekslusif lah, sertifikat asi lah. Tahu diri donk, gw dan lo juga bukan produk asi bukannya kita sehat-sehat aja.

Ibu Asi, Kasiaaann deh lo
Puting udah lecet berdarah, punggung sakit netekin semalaman, badan panas dingiin kena mastitis, perut bengkak habis nenggak asi booster 20 macem, payudara baret-baret, Tapi diluar sana banyak yg mencibir ibu asi itu Egois!

Ibu Asi, Kasiaaann deh lo
Siapa bilang asi itu murah?? emang asinya gratis, tapii emang lo pikir pompa elektrik itu murah? belum lagi printilannya, cooler bag nya, asi boosternya, nursing covernya. Emang belinya gak pake duit?

Ibu Asi, Kasiaaann deh lo
Tau gak kalo semua menganggap kamu sombong dan sok tahu, Suster dilawan, mertua dilawan, ibu sendiri dilawan, ada juga sampai suami sendiri dilawan. Curhat ke sosmed pun di bully habis-habisan. Nyerah aja lahhh segitu banyak yg gak mendukung kasih asi ekslusif. Mau asi koq cari perkara.

Ibu Asi, Kasiaaann deh lo
Katanya asi itu lebih sehat. Lah itu anakmu merah-merah penyakitan. Begitu harus pantang ini itu, sehari-harinya makan nasi sama sayur mau ngemil pake baca doa dulu. Ehhh kalo begitu asinya kosong gak ada gisinya. Ini buah simalakama, selamat menikmati.

Ibu Asi, Kasiaaann deh lo
Maksud hati mau kasih makan anak yang lapar. Tapi dianggap jualan tetikadi. Ya iyalahh, iklan pakaian dalam itu sah-sah aja.. yang lebih berdosa itu ibu menyusui walopun udah ketutupan nursing cover. Yang bener aja sih tempat publik koq dipakai buat netek. Pilihan kamu ada dua, bawa botol dot atau sembunyi dalam toilet sono.

Ibu Asi, Kasiaaann deh lo
Baru aja bisa happy produksi asi udah lancar. Keluar keringat darah dan air mata berjuang bisa asi ekslusif. Tapi mau berbangga gak boleh karena selalu ada yang tersinggung. Good on you kalo mau berbangga diri, but keep it to yourself.

Ibu Asi, Kasiaaann deh lo
Anak umur 2taon udah punya gigi, bisa jalan, bisa ngomong, bisa makan masih aja dikasih asi. Mungkin ada kelainan jiwa kali yahh, ngasih asi ke anak umur segitu dan berdalih karena anaknya belom siap padahal itu cuma buat kepuasan hati si ibu sendiri. It is to move on kaleee

Ibu Asi, Kasiaaan deh lo
We don't say this out loud but seriously you are delusional because all you think about is your boobs and your precious breastmilk. Puhhleeaasssee get a life!

Ibu Asi, Kalian kasiaaan banget sichhh.... apa sekarang masih bangga jadi ibu asi??

"We know... whether you say it in front of our face, behind our back, or you simply think of us that way... don't think we are oblivious, coz we know...
But yes...... Kami masih bangga jadi ibu asi... Yes kami masih mau jadi ibu asi, kami masih berjuang untuk asi. Karena Asi pantas diperjuangkan!"
Gw sedih bgt anak gw dksih sufor walau klo mlm dksih asi...
Ranggaaaa maafkan ortu mu nak.. emoticon-Frown

Asi emg the best..
Gak ada ciptaan manusia yg bs ngalahin ciptaan tuhan..
Smoga anak ke 2 ane nanti bini udah gak kerja terckupi nafkahnya ama ayahnya jdi bs full..

Thx for sharing emoticon-Kiss (S)
Quote:


Kalimat terakhir bkin adem.. udah mau emosi aja bwaannya emoticon-Ngakak (S)
ASI EMANG PANTAS DIPERJUANGKAN !!!!!!!!
Silahkan dan mari perjuangkan asi tanpa perlu menghina ibu-ibu lain yang kurang berhasil menghasilkan asi emoticon-Smilie formula bukanlah racun meski memang asi lebih baik dibandingkan formula emoticon-Smilie asi bukanlah satu satunya parameter keberhasilan seorang ibu membesarkan anaknya.
Sayang udahdi hapus emoticon-Frown
Quote:


sama nih mom, istri sya jg putingnya masuk sdh di usahain pakai pompa dan vitamin asi tapi makin hari makin dikit produksi asinya.. wal hasil skrg full sufor tapi dari brand ternama. salam....
Hi bun..
Sekedar sharing aja.. Saya baru 2 bulan melahirkan anak pertama. Kurang lebih saya punya pengalaman cukup dalam mengurus anak bayi (ngurus adik saya ada banyak). Meski adik2 saya minum sufor.. Tp anak saya kasih asi. Krn saya bingung pakai sufor gimana.. Harus seduh.. Ntr kepanasan, kedinginan, kebanyakan, kurang dll .. di RS pun setelah lahiran ( saya caesar ) bayi saya baru lahir ditempel ke puting saya. Gak lama, katanya biar bayinya mencium bau ibunya dulu. Bbrp jam kemudian setelah saya sadar.. Saya disuruh kasih asi ke bayi saya. Saat itu tidak ada orang tua yang menemani saya untuk memberi nasihat atau cara menyusui karena ortu saya tinggalnya jauh2. Jadi cuma disuruh susternya tempelkan saja mulut bayi ke puting. Malam pertama di RS saya kewalahan karena bayi saya nangis terus dan akhirnya saya putuskan untuk memberikan sufor krn saya merasa bayi saya kelaparan dan asi saya gk keluar. Dan inilah kesalahan saya.. Setelah saya pulang ke rmh.. Ketemu ortu dan cari info di youtube.. Memang bayi pasti rewel kalau malam dan maunya menyusu terus. Apalagi asi.. Jangan pernah berpikir asi gak keluar atau habis. Kalau bayi nangis berarti perekatannya salah atau bisa saja karena hal lain misalnya pipis atau pup. Jadi jangan pernah salahin asi gk keluar atau habis. Logikanya jaman dulu gk ad sufor lho.. Semua bayi minum asi.. Makanya skrg kita bisa nikmatin teknologi penemu yg dulunya minum asi. Kalau merasa direndahin sama ibu2 yg bisa ksh full asi coba pikirannya dibalikin, anggap sebuah motivasi untuk bisa kasih bayinya asi ekslusif. Susui bayi sampai dia lepas sendiri / tidak menyedot lg. Jangan langsung cabut, bisa lecet putingnya. Masukan jari kita yg sdh dibersihkan ke mulut bayi yg sedang menyusu melalui dagunya pelan2 jika ingin melepaskan proses menyusii. Jangan dibatasi harus berapa menit dia menyusu. Jangan menyusu terus2 an di payudara yg sama. Harus ganti2an kiri dan kanan. Lidah dan ludah bayi itu merangsang produksi asi. Lecet dan sakit pd puting hanya awal saja.. Setelah 1 bulan terasa enaknya menyusu karena cepat, bisa kapan saja dan tidak akan pernah basi. Sering2 google / youtube how to breastfeed. Untuk ibu yg bekerja bisa dipompa dan disimpan di kulkas.

Tips aja jika ingin kasih asi esklusif si ibu gk boleh stress/kelaparan. Apalagi bulan pertama harus begadang karena bayi pagi tidur tengah malam bangun.

Kalau disini alesan gk kasih sufor krn bahaya yg terkandung di dlmnya.. Saya sih merasa generasi sufor saat ini terlalu hyper anak2nya.. Beda dengan anak2 jaman dulu yang jam tidurnya teratur dan tidak kasar saat siang hari/bermain.

Mohon maaf bila ada salah kata / info bisa tolong diluruskan emoticon-Smilie
Halaman 6 dari 7


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di