TS
arungjeram25
Animasi Bendera Berkibar Sederhana
Quote:
Oke, jadi ini adalah tutorial singkat nan sederhana bagaimana cara untuk membuat animasi bendera berkibar. Kali ini saya menggunakan software Autodesk Maya 2013. Moga" bermanfaat ya gan
Quote:
Pertama buat dulu dasar tiangnya, bisa pake Cylinder Mesh aja
Selanjutnya untuk mendekor, tambahkan sphere sebagai pembatas bagian atas. Untuk memudahkan bisa dengan menahan V selagi membuat, atau Snap to Point.
Perbesar dikit ya gan kalo kekecilan
Nah, tiang udah selesai, selanjutnya bendera. Buat bendera dengan menggunakan Plane
Dan posisikan bendera di puncak tiang, jangan lupa di putar ya gan.
Nah, ini yang krusial. Tambah polygon pada plane, bisa dengan menambah subdivision height dan width pada pengaturan. Ane set sama dengan ukuran bendera, biar polygonnya kotak
Nah, ini juga kuncinya. Ganti menu set ke nDynamics, udah itu pilih bendera, lalu nMesh > Create nCloth
Kalau timeline coba digeser, bendera akan jatuh, seakan nggak ditahan ama tiang (nggak nempel), maka untuk membuat bendera nempel, ditempuh dengan cara berikut.
1. Pilih vertex bagian atas, tengah, dan bawah pada bendera, seperti dalam gambar
2. Pilih juga bersama dengan tiang, lalu menuju ke nConstraint > Point to Surface
3. Jangan lupa jadiin tiang passive collider, biar bendera bisa numbuk tiangnya
Nah, kalo animasi play, bendera nggak akan jatuh bebas, tapi angin atau kibaran belum ada. Selanjutnya kita akan set parameter untuk kibarannya.
Masuk ke pengaturan nucleus. Pilih bendera, lalu ke Attribute Editor, masuk tab nucleus1, dan di Gravity and Wind, set Wind Speed sesuai keinginan, ane sarankan diatas 10 yah. Dan untuk arahnya di sesuaikan di Wind Direction
Hal itu akan memberi angin pada simulasi. Nah (lagi), kalo di-play, kibaran seakan" sangat lemah, serasa bendera sangat berat untuk diangkat. Maka dari itu bendera akan dikurangi massa-nya
Selanjutnya ke tab nClothShape1 dan ke Dynamic Properties. Dan atur Mass menjadi 0.1, atau sesuai agan, intinya jadi ringan
Udah itu play dan, Tadaaa!!! Animasi super simple dan sederhana udah selesai
Untuk menambah kompleksitas animasi bisa diatur sih di bagian Drag, Lift, Tangential Drag, dsb.
Spoiler for SPOILER:
Selanjutnya untuk mendekor, tambahkan sphere sebagai pembatas bagian atas. Untuk memudahkan bisa dengan menahan V selagi membuat, atau Snap to Point.
Spoiler for SPOILER:
Perbesar dikit ya gan kalo kekecilan
Spoiler for SPOILER:
Nah, tiang udah selesai, selanjutnya bendera. Buat bendera dengan menggunakan Plane
Spoiler for SPOILER:
Dan posisikan bendera di puncak tiang, jangan lupa di putar ya gan.
Spoiler for SPOILER:
Nah, ini yang krusial. Tambah polygon pada plane, bisa dengan menambah subdivision height dan width pada pengaturan. Ane set sama dengan ukuran bendera, biar polygonnya kotak
Spoiler for SPOILER:
Nah, ini juga kuncinya. Ganti menu set ke nDynamics, udah itu pilih bendera, lalu nMesh > Create nCloth
Spoiler for SPOILER:
Kalau timeline coba digeser, bendera akan jatuh, seakan nggak ditahan ama tiang (nggak nempel), maka untuk membuat bendera nempel, ditempuh dengan cara berikut.
1. Pilih vertex bagian atas, tengah, dan bawah pada bendera, seperti dalam gambar
Spoiler for SPOILER:
2. Pilih juga bersama dengan tiang, lalu menuju ke nConstraint > Point to Surface
Spoiler for SPOILER:
3. Jangan lupa jadiin tiang passive collider, biar bendera bisa numbuk tiangnya
Spoiler for SPOILER:
Nah, kalo animasi play, bendera nggak akan jatuh bebas, tapi angin atau kibaran belum ada. Selanjutnya kita akan set parameter untuk kibarannya.
Spoiler for SPOILER:
Masuk ke pengaturan nucleus. Pilih bendera, lalu ke Attribute Editor, masuk tab nucleus1, dan di Gravity and Wind, set Wind Speed sesuai keinginan, ane sarankan diatas 10 yah. Dan untuk arahnya di sesuaikan di Wind Direction
Spoiler for SPOILER:
Hal itu akan memberi angin pada simulasi. Nah (lagi), kalo di-play, kibaran seakan" sangat lemah, serasa bendera sangat berat untuk diangkat. Maka dari itu bendera akan dikurangi massa-nya
Selanjutnya ke tab nClothShape1 dan ke Dynamic Properties. Dan atur Mass menjadi 0.1, atau sesuai agan, intinya jadi ringan
Spoiler for SPOILER:
Udah itu play dan, Tadaaa!!! Animasi super simple dan sederhana udah selesai
Untuk menambah kompleksitas animasi bisa diatur sih di bagian Drag, Lift, Tangential Drag, dsb.
Spoiler for SPOILER:
Quote:
Terima kasih karna telah berkunjung di trit ane
Segala kesalahan dan kesulitan dibahas bersama ya gan , sebagai motto SF Animasi, kita belajar bersama dan sukses bersama
Sekian! Salam Animasi
Segala kesalahan dan kesulitan dibahas bersama ya gan , sebagai motto SF Animasi, kita belajar bersama dan sukses bersama
Sekian! Salam Animasi
Diubah oleh babanbe 25-04-2015 03:00
0
9.8K
Kutip
14
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan